Fungsi genset dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan bisa dipandang dari berbagai sisi. Kebutuhan listrik setiap rumah tangga selalu meningkat setiap tahunnya. Masyarakat paham benar, tanpa adanya aliran listrik mereka tidak bisa beraktivitas. Terutama yang berhubungan dengan media sosial dan perangkat elektronik.

Untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan dari masyarakat ini, PLN harus membangun beberapa pembangkit baru. Hanya saja, pembangunan tersebut membutuhkan proses panjang. Oleh karena itu, genset hadir sebagai solusi terbaik. Agar aliran listrik masih tetap mengalir, walau pemadaman karena perbaikan sarana sering terjadi.

Karena, kebutuhan masyarakat ini beberapa toko generator set mulai menawarkan produk mereka. Kemudahan inilah yang menyebabkan kepemilihan genset jadi sebuah tren. Apalagi, saat ini sudah muncul beberapa merek dengan harga murah, tetapi soal kualitas tidak kalah dengan yang mahal.

Sebelum Anda membelinya, perhatikan dahulu soal kebutuhan yang Anda butuhkan. Perhitungannya adalah genset Anda harus punya 20% lebih besar dari total daya keseluruhan yang dibutuhkan. Contoh sederhananya adalah, kebutuhannya 300 volt, Anda harus beli minimal 360 volt.

Dari Sudut Pandang Kelistrikan

Fungsi Genset dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa hanya dipandang dari sudut saja. Dimulai dari segi kelistrikan. Seperti diketahui bersama, bahwa generator ini mengubah energi mekanik, menjadi listrik. Tetapi, perubahan tersebut tidak sampai disitu saja. Melainkan, mengubah arus listrik dari DC menjadi AC.

Arus listrik DC atau Direct Current sehingga, aliran listrik hanya mengalir searah dari kutub positif menuju ke negatif. Tetapi, beberapa ilmuwan mulai membantah teori tersebut. Sebenarnya, terdapat muatan positif didalam aliran tersebut. Sehingga, banyak mengira bahwa arus ini mengalir.

Dalam kebutuhan sehari-hari, ada banyak peralatan rumah tangga menggunakan arus DC seperti, jam dinding, remote tv. Kelebihan dari arus ini adalah mampu menyimpan listrik dan mudah diisi ulang. Sayangnya, hanya bisa digunakan dalam daya yang rendah, tidak bisa tinggi.

Sementara, untuk Arus AC sendiri adalah aliran bolak-balik, dan selalu berubah-ubah. Arus ini dikelola oleh PLN dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Keunggulannya, bisa alirannya bisa disalurkan ke tempat jauh. Mudah didapatkan hanya menggunakan generator saja. Sayangnya, tidak bisa disimpan dalam waktu lama.

Faktor Kebutuhan

Fungsi Genset dalam kehidupan sehari-hari dari sudut pandang kebutuhan masyarakat memang perlu. Sebagai contoh, pada saat Anda menggelar hajatan pernikahan di rumah. Energi listrik yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Sementara, pasokan listrik yang diberikan PLN tidak akan cukup untuk memenuhinya.

Kenyataannya, Anda tidak bisa meminta PLN untuk menambah pasokan listrik seketika begitu saja. Oleh karena itu, kebutuhan genset menjadi solusi terbaik bagi masyarakat. Kapasitas daya yang bisa dihasilkan dari generator ini umumnya 220 volt hingga 300 volt. Cukup untuk menghidupkan beberapa lampu yang dibutuhkan.

Dari Sisi Fisika

Fungsi Genset dalam kehidupan sehari-hari juga bisa dilihat dari sudut pandang fisika. Genset sendiri mempunyai beberapa pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan pula. Ada yang 1 fasa, mengandalkan tegangan tinggi. Ada juga 3 fasa yang mengandalkan kebutuhan daya besar sehingga, digunakan untuk rumah tangga.

Dari Sisi Ekonomi

Terakhir, bisa dilihat dari sudut pandang ekonomi. Di mana, kebutuhan inilah yang mendorong masyarakat membeli genset. Seperti diketahui, PLN tidak sepenuhnya memasok pasokan listrik. Ada kalanya, terjadi pemadaman karena adanya kerusakan atau dalam perbaikan karena, faktor alam seperti pohon tumbang dan bencana tsunami.

Soal perbaikan PLN tidak bisa memenuhi waktu, karena pemasangan arus tidak boleh sembarangan. Sudut pandang ekonomi ini akan sangat terasa, bila Anda seorang pengusaha. Saat membutuhkan proses produksi menggunakan daya listrik. Anda harus berpikir, bagaimana pasokannya tidak terputus, walau PLN memadamkannya untuk sementara.

Produksi tidak bisa berhenti karena mengalami risiko kerugian cukup besar. Apalagi, bila permintaan sedang banyak. Faktor inilah yang dihindari oleh pengusaha. Sehingga, kebutuhan genset sangat diperlukan. Pasokan listrik merupakan bentuk layanan yang tidak bisa terpisahkan.

Tidak heran, saat ini banyak produk generator otomatis. Sehingga, saat listrik mati secara tiba-tiba, genset ini akan otomatis hidup dengan sendirinya. Dari segi pelayanan, hal ini sangat memuaskan untuk beberapa pelanggan. Karena, lampu hanya mati beberapa detik saja. Setelah itu, semua kembali berjalan seperti biasanya.

Saat ini kebutuhan generator hampir sama seperti kebutuhan ponsel pada waktu itu. Belum banyak yang punya tetapi, perlahan dibutuhkan oleh masyarakat karena perkembangan zaman dan mobilitas tinggi. Fungsi genset dalam kehidupan sehari-hari inilah yang mendorong, pertumbuhan generator di Indonesia berkembang pesat.