Dari beberapa masalah yang timbul, penyebab genset mengalami kebocoran minyak juga menjadi yang patut diperhatikan. Sebab kinerjanya bisa menjadi terhambat akibat kebocoran yang terjadi. Permasalahan ini kerap ditemui akibat beberapa faktor. Faktor tersebut memang sering dilupakan dalam prosedur operasionalnya.

Dalam penggunaan mesin generator tidak serta merta bisa digunakan sesuka hati. Sebab ia memiliki sensitivitas perawatan karena sifatnya yang mampu menyerap daya listrik. Selain faktor keamanan dan perawatan dengan maksimal. Tidak luput penggunaannya secara baik mampu menghindari permasalahan yang kerap muncul.

Penyebab genset mengalami kebocoran minyak seringkali ditemukan saat penggunaannya sudah dalam jangka waktu lama. Namun, siapa sangka dalam penggunaan dalam jangka waktu pendek masalah seperti ini bisa saja muncul. Anda tidak bisa menyalahkan kualitas generator yang dibeli. Tapi mulailah bersama pengecekan pada mesin dan perawatannya.

Kenali Masalah pada Mesin

Selain kebocoran minyak, genset juga dapat mengeluarkan banyak bahan penunjang kinerjanya. Seperti, bahan bakar dan cairan pendingin. Melubernya cairan ini akan mengganggu prosesnya untuk bekerja. Mengingat bahan tersebut sangat diperlukan agar berperan dalam menghasilkan daya listrik pengganti PLN ketika padam atau dalam kebutuhan tertentu.

Penyebab genset mengalami kebocoran minyak ini sebenarnya merupakan hasil dari akumulasi bahan bakar yang tidak ikut terbakar pada proses pekerjaannya. Bahan baku pejalannya ketika tidak ikut terbakar akan terkondensasi dan lepas pada sistem pembuangan. Penyebab utamanya bisa berawal dari tidak adanya sekat pada selang pemanas.

Hilangnya sekat pada selang pemanas ini akan membawa suhu ekstrem. Ini bisa berakibat membahayakan untuk proses kinerjanya. Selain itu bisa dibawa oleh kelebihan beban bahan bakar pada proses pengisian dalam mesin. Padatnya tangki yang melampaui batas akan membawa dampak secara langsung untuk laju mesin.

Mesin generator ini diatur memenuhi kebutuhan dengan pengoperasian aktif 70% sampai 80% dari total nilai output. Kebocoran pada mesin ini juga bisa dipicu oleh umurnya yang sudah lawas. Namun, tidak menutup mesin baru mengalami hal serupa. Sebab beberapa kebocoran terjadi akibat kurangnya perhatian.

Optimalkan Perawatan

Perawatan secara optimal dapat dimulai dengan penempatan yang sesuai. Anda tidak bisa sembarangan meletakkan generator pada ruangan biasa. Kesalahan dalam penempatan ini bisa membawa kondisi mesin menjadi kurang efektif. Hasilnya masalah-masalah bisa ditimbulkan setelahnya. Dan kinerjanya menjadi ikut terganggu.

Salah satu penyebab rentan pada kebocoran adalah suhu dalam mesin. Tinggi rendahnya suhu ini bisa dibawa dari kondisi ekstern maupun intern. Kondisi intern bisa Anda atasi dengan pengecekan secara berkala. Ini akan membantu Anda menemukan di mana titik permasalahan dari keluarnya minyak tersebut.

Dari kondisi ekstern memang tidak lepas akibat penempatan mesin generator. Mesin yang mendiami tempat bersirkulasi udara rendah bisa berpotensi tinggi terhadap tidak stabilnya suhu. Tempat cenderung pengap akan membawa suhu dalam tubuh mesin menjadi lebih panas. Namun ruang terbuka juga tidak efektif akibat pengaruh hujan.

Langkah selanjutnya untuk mengetahui penyebab genset mengalami kebocoran minyak dapat Anda pastikan lewat spare part. Anda bisa mengecek langsung seperti apa kondisi sistem mesin generator saat ini. Dan perhatikan apabila dibutuhkan penanganan seperti penggantian spare part yang sudah tidak layak pakai.

Apabila Anda ragu dalam melakukan penggantian ini bisa dengan menghubungi tenaga profesional agar membantu permasalahan generator. Sebab adanya kesalahan dalam penanganan juga bisa menjadikan kondisi mesin generator tidak kunjung membaik dan justru memperparah. Selain menyerahkan pada tenaga profesional, dapat juga berkonsultasi dengan yang lebih paham.

Penggunaan Sesuai Prosedur

Penggunaan dengan memerhatikan ketentuan berlaku akan meminimalisir potensi kebocoran pada mesin. Sebab salah satu masalah intern dalam terganggunya kinerja generator adalah tidak aturannya dalam penggunaan. Apabila Anda menganggap mulainya kinerja hanya dengan memastikan menyala, itu bisa membawa pengaruh untuk ketahanan mesin.

Anda wajib memeriksa sebelum menjalankan kinerjanya. Hal yang perlu digarisbawahi untuk diperiksa adalah posisi bahan bakar, air radiator, accu harus cukup, takaran oli pas, dan pemasangan kabel dengan tepat. Selain pemasangan kabel accu dengan benar, pastikan saklar juga dalam keadaan mati.

Dalam kinerjanya tentu tidak lepas dari masalah sekecil apapun, termasuk kebocoran bahan penunjang. Masalah ini dapat ditinjau dengan memastikan beberapa hal dengan aman. Agar kinerjanya berjalan baik wajib bagi Anda mengetahui seperti apa saja penyebab genset mengalami kebocoran minyak.

Kami merupakan distributor genset Intergen. Kami menjual berbagai macam genset sesuai dengan kebutuhan anda. Kami juga menjual berbagai macam merek seperti genset MWM, genset Perkins, genset MAN, genset Cummins, genset Mitsubishi, dan genset Lombardini.