Informasi tentang penyebab konsumsi diesel tinggi pada genset baru sangat penting dan banyak dicari. Sebenarnya permasalahan borosnya bahan bakar tidak hanya pada genset yang barus beli saja. Namun juga terjadi pada genset lama dengan berbagai permasalahan bahan bakar dan lainnya.

Genset sangat dibutuhkan di era serba digital seperti ini di mana listrik menjadi penunjang utama dalam berbagai hal. Genset juga sangat dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan baik rumah tangga maupun dalam sebuah skala industri. Secara umum genset akan sangat membantu ketika terjadi mati lampu demi menjaga listrik tetap menyala.

Tidak heran jika sebuah genset bisa sangat diminati dan terus bisa mengalami sebuah peningkatan penjualan pada setiap tahunnya. Namun anggapan tentang genset yang baru beli pasti bagus kualitasnya dan juga irit ternyata belum tentu benar. Sebaiknya ketahui apa saja penyebab konsumsi diesel tinggi pada genset baru.

Beberapa Penyebab Genset Masih Baru Lebih Boros Bahan Bakar

Mengoperasikan genset tentu membutuhkan BBM yang disesuaikan dengan jenis dari genset itu sendiri. Harga bahan bakar yang terus mengalami kenaikan terkadang membuat banyak orang mencari genset hemat BBM. Mengetahui apa saja penyebab konsumsi diesel tinggi pada genset baru penting agar Anda bisa meminimalkan.

  • Kapasitas yang dimiliki

Genset baru boros belum tentu karena mengalami kerusakan namun bisa juga memang kapasitas yang dimiliki. Jika kapasitas cukup besar maka secara otomatis kebutuhan akan bahan bakarnya juga semakin banyak. Sehingga harus disesuaikan kapasitas dengan kebutuhan agar konsumsi BBM bisa sesuai dan tidak terlalu boros.

  • Efisiensi BBM tidak tinggi

Penyebab konsumsi diesel tinggi pada genset baru lainnya adalah mesin genset efisensi BBMnya tidak tinggi. Jangan sampai porsi penggunaan BBMnya jauh lebih tinggi daripada kebutuhan akan listriknya. Hal inilah membuat Anda merasa jika genset tersebut sangat boros dan merugikan jika digunakan.

  • Letak beban terlalu jauh

Letak beban ternyata juga mempengaruhi boros tidaknya penggunaan bahan bakar pada sebuah genset walaupun baru. Jarak genset dengan mesin listrik jika diletakkan cukup jauh akan menyebabkan kerugian daya listrik. Apalagi semakin jauh letak bebannya maka semakin banyak juga BBM yang dibutuhkan untuk suply listrik.

  • Takaran BBM yang salah

Sebuah genset yang masih baru dikatakan boros atau tidak tentu karena ada perbandingan. Kesalahan penakaran bahan bakar pada genset bisa juga menjadi penyebab kenapa genset masih baru dianggap boros. Sebaiknya periksa dengan baik takarannya agar tidak membuat genset dikira sangat boros.

Tips Sederhana agar Genset Baru Bisa Irit Bahan Bakar

Setelah tahu apa saja penyebab konsumsi diesel tinggi pada genset baru, lantas bagaimana bisa mengatasinya? Ada beberapa macam tips yang bisa dapat membantu Anda untuk membuat genset menjadi lebih irit di dalam konsumsi BBMnya. Di mana tips di bawah ini sangat sederhana sehingga dijamin dapat diterapkan dengan mudah saat menggunakan genset.

  • Matikan jika tidak digunakan

Tips pertama yaitu lebih baik matikan saja mesin diesel jika belum atau sedang tidak digunakan. Jangan biarkan genset dalam keadaan hidup berapa di posisi beban rendah atau idie. Karena pada saat posisi ini tetap terjadi konsumsi BBM sekitar 10%-15% dari kebutuhan pada saat beban puncak.

  • Periksa kualitas BBM

Tips kedua meminimalkan terjadinya penyebab konsumsi diesel tinggi pada genset baru adalah dengan memeriksa kualitas BBM. Jangan sampai Anda menggunakan bahan bakar berkualitas rendah misalnya oplosan solar dengan minyak tanah. Selain membuat konsumsi bahan bakarnya lebih boros, juga membuat genset cepat rusak.

  • Dekatkan dengan beban

Tips ketiga atau terakhir adalah dengan mendekatkan beban agar tidak terlalu jauh jangkauannya. Beban listrik yang semakin dekat membuat penggunaan BBM akan jauh lebih maksimal sehingga cukup hemat. Tentukan titik tengah beban listrik agar bisa menjangkau semua dengan tepat serta lebih efisien.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Genset Baru

Kalau Anda memang memiliki rencana untuk membeli genset sebaiknya perhatikan beberapa hal penting. Jangan karena mengetahui penyebab konsumsi diesel tinggi pada genset baru membuat Anda ragu membelinya. Perhatikan dua hal utama di bawah ini sebagai bahan pertimbangan sebelum menentukan pilihan saat pembelian.

  • Ketahui kapasitas dan ukuran

Sebelum membeli sebaiknya ketahui genset tersebut nantinya akan digunakan untuk apa dan berapa kebutuhannya. Memahami kapasitas dan ukuran dari genset sangat penting agar bisa sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan hanya melihat ukuran kVAnya saja namun juga perhatikan ukuran lebih detail lagi.

  • Pahami jenis-jenis genset

Jenis genset terbagi menjadi tiga:

  1. Mesin genset gas di mana bahan bakarnya menggunakan gas untuk menyalakannya.
  2. Mesin genset diesel paling sering digunakan karena mudah dioperasikan baik untuk rumah tangga atau industri.
  3. Jenis genset bensin dari segi harga jualnya paling murah jika dibandingkan lainnya.

Genset memberikan manfaat yang sangat menguntungkan di saat darurat seperti pada saat mati lampu. Kebutuhan akan genset semakin meningkat di mana jenis, kapasitas dan ukuran juga cukup beragam pilihannya. Sebelum Anda membeli sebaiknya ketahui penyebab konsumsi diesel tinggi pada genset baru agar tidak kaget jika boros BBM.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Artikel ini dibuat sebagai rekomendasi dari kami dan semua pengerjaan genset harus dikerjakan oleh pihak yang berprofesional. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang diakibatkan oleh rekomendasi artikel kami.

Dalam memilih genset, sangatlah penting untuk mengetahui berbagai merek mesin genset yang terkenal. Di Intergen Genset, kami menggunakan berbagai mesin genset seperti genset Perkins, genset Cummins, genset Mitsubishi, dan banyak lainnya. Konsultasikan kebutuhan genset anda bersama dengan kami.