Banyak orang tidak menyadari seberapa pentingnya genset untuk UMKM. Jika saja mereka menyadarinya, maka mereka akan berbondong-bondong untuk membeli genset tersebut. Anda pribadi pasti sudah memahami bahwa listrik sudah menjadi kebutuhan wajib di zaman seperti sekarang ini. Oleh karena itu, genset juga sangat penting untuk dijadikan sebagai rencana cadangan.

Seperti yang di ketahui bahwa saat ini kondisi ekonomi sedang tidak bagus dikarenakan pandemi virus covid-19. Oleh karena itu, banyak karyawan yang dipulangkan atau bahkan di PHK lalu beralih profesi membuka usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa tetap melanjutkan kehidupan meski dengan penghasilan tidak menentu.

Kebanyakan dari pengusaha tersebut memulai usaha barunya di bidang seperti makanan, minuman, cemilan, membuka PO (Pre Order), dan lain sebagainya. Dan kebanyakan dari mereka juga menjalankan bisnisnya tersebut dengan memanfaatkan teknologi yaitu dilakukan secara online melalui internet, sosial media, atau platform lainnya.

Hal tersebut tentu membuat kebutuhan listrik juga meningkat karena berbisnis secara online. Maka dari itu, anda juga seharusnya sudah memahami betapa pentingnya genset untuk UMKM ini. Namun jika anda masih belum menyadari hal tersebut, maka tidak perlu khawatir mungkin anda hanya membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

Perlu Kenali Genset Terlebih Dahulu

Salah satu alasan mengapa anda belum menyadari seberapa pentingnya genset untuk UMKM adalah karena anda belum mengetahui arti atau fungsi dari genset tersebut. Maka dari itu, akan menjadi lebih baik jika kami membahasnya dari hal paling dasar agar anda dapat benar-benar memahami hal tersebut.

Genset sendiri sebenarnya kependekan dari Generator Set. Dengan kata lain generator set tersebut adalah suatu mesin yang diciptakan dari alat pembangkit listrik. Yaitu generator serta dilengkapi dengan mesin penggerak yang telah disusun sehingga menjadi satu kesatuan utuh untuk menciptakan tenaga listrik dalam besaran atau kekuatan daya tertentu.

Secara singkatnya generator set merupakan alat yang dapat menghasilkan listrik atau juga dapat disebut dengan alat pembangkit listrik. Hal tersebut yang menjadi alasan utama mengapa generator set ini sangat penting untuk UMKM. Maka dari itu, anda perlu memperhatikan dengan seksama pembahasan berikutnya agar lebih mengerti seberapa penting alat ini.

Betapa Pentingnya Genset Untuk UMKM

Sebelumnya sudah dijelaskan sedikit mengenai permasalahan kali ini bahwa genset, generator set, atau alat pembangkit listrik sangat penting bagi UMKM. Anda pasti sudah mengerti dan memahami jika listrik yang anda pakai dari PLN tidak selalu dapat berjalan mulus atau tidak akan terdapat gangguan sama sekali.

Pasti ada saatnya listrik PLN juga mengalami gangguan teknis yang mengharuskan PLN tersebut mematikan atau memadamkan listrik dalam waktu tertentu, sampai teknisi PLN menyelesaikan perbaikannya. Waktu tersebut tentu tidak dapat dipastikan apalagi jika kerusakan atau gangguannya cukup parah. Mungkin hal tersebut juga dapat mengganggu jalannya bisnis anda.

Anda juga pastinya mengetahui bahwa berbisnis secara online membutuhkan koneksi internet, dan koneksi internet juga membutuhkan listrik untuk menghidupi sinyal. Jika terjadi pemadaman listrik dengan waktu yang tidak dapat ditentukan tentu hal itu sangat merepotkan dan menghambat bisnis anda. Maka generator set ini sangat bermanfaat ketika hal tersebut terjadi.

Atau jika bisnis tersebut mengharuskan untuk memakai mesin. Tentu mesin tersebut membutuhkan listrik agar dapat digunakan. Oleh karena itu, anda seharusnya sudah menyadari betapa pentingnya genset untuk UMKM ini. Dengan adanya alat pembangkit listrik tersebut maka bisnis UMKM anda dapat tetap berjalan meski terdapat gangguan listrik dari PLN.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Membeli Genset

Setelah memahami pembahasan sebelumnya anda pasti sadar bahwa generator set ini memang sangat penting terutama bagi UMKM. Memang alat pembangkit ini sangat direkomendasikan bagi usaha apa saja baik itu usaha besar atau usaha kecil. Meski begitu, anda perlu memperhatikan hal-hal penting agar mendapatkan genset sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum akan membeli set tersebut, anda harus memperhatikan jumlah kebutuhan listrik yang dibutuhkan terlebih dahulu. Jika anda telah menghitung berapa banyak daya listrik yang dibutuhkan, maka anda harus membeli generator set yang mempunyai daya 10% lebih besar dari jumlah kebutuhan yang telah dihitung tadi.

Selain itu, hal lain perlu diperhatikan terlebih dahulu seperti tipe genset yang akan dibelinya. Pastikan genset tersebut memiliki sparepart yang mudah ditemukan di mana saja. Jadi jika suatu saat terdapat kerusakan atau masalah pada genset maka anda dapat dengan mudah memperbaiki kerusakan atau masalah tersebut.

Hal paling penting untuk memperhatikan suara mesin yang dihasilkan oleh alat pembangkit listrik tersebut. Pastikan alat pembangkit listrik itu memiliki suara mesin yang halus sehingga tidak mengganggu warga sekitar. Sekarang, anda tentu paham bukan mengenai seberapa pentingnya genset untuk UMKM.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Artikel ini dibuat sebagai rekomendasi dari kami dan semua pengerjaan genset harus dikerjakan oleh pihak yang berprofesional. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang diakibatkan oleh rekomendasi artikel kami.

Dalam memilih genset, sangatlah penting untuk mengetahui berbagai merek mesin genset yang terkenal. Di Intergen Genset, kami menggunakan berbagai mesin genset seperti genset Perkins, genset Cummins, genset Mitsubishi, dan banyak lainnya. Konsultasikan kebutuhan genset anda bersama dengan kami.