Tidak sedikit orang bertanya-tanya mengenai gimana cara kerja genset diesel sebab jenis atau tipe genset yang satu ini merupakan alat pembangkit listrik dengan bahan bakar termurah jika dibandingkan dengan jenis atau tipe lainnya. Jika anda juga sedang mencari tahu hal tersebut, maka anda telah berkunjung ke situs yang tepat.

Meski bahan bakar diesel adalah yang termurah yaitu solar dibandingkan dengan tipe atau jenis genset lainnya dengan bahan bakar gas LPG, bensin, turbin, namun generator set ini juga tidak kalah bersaing dalam daya pengeluarannya. Generator set tersebut dapat mengeluarkan daya yang cukup besar meski bahan bakarnya termurah.

Dalam artikel ini akan terdapat lengkap mengenai jenis generator set diesel dimulai dari penjelasan mengenai apa itu generator set jenis diesel, bagaimana cara kerja genset diesel, dan juga kelebihan serta kekurangan dari jenis atau tipe genset ini. Dengan begitu anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, anda harus memperhatikan artikel ini dengan seksama agar tidak ada bagian terlewat yang dapat membuat anda menjadi kurang paham atau mengerti dengan penjelasannya.

Pengertian dari Generator Set Diesel

Sebelum anda mengetahui tentang penjelasan cara kerja genset diesel, sebaiknya anda tahu tentang pengertian Generator Set diesel. Generator set diesel adalah mesin generator atau alat pembangkit listrik yang menjadikan solar sebagai bahan bakar utamanya. Genset ini mengkonversikan solar jadi energi prosedur untuk diproses sistem pembakaran.

Jenis ini memanfaatkan udara dengan cara mengkonversikannya untuk mulai melakukan pembakaran bahan bakar solar itu. Pada jenis ini tidak terdapat campuran di luar silinder antara udara serta bahan bakar.

Pada umumnya genset jenis ini mempunyai silinder mulai dari dua sampai dengan enam belas silinder. Banyaknya silinder itu tergantung pada merek atau brand dan juga tipe generator setnya. Generator set diesel ini memang sudah jadi satu dari banyak pilihan terbaik untuk menunjang kebutuhan bisnis.

Genset ini memiliki torsi yang cukup besar, namun meski demikian genset ini juga mempunyai mekanisme kompresi tinggi sehingga bisa mengeluarkan suara yang amat kencang atau bising. Kapasitas dari genset ini mempunyai kapasitas penuh hanya sampai 10 Kw atau 10.000 Watt. Namun hal tersebut kembali lagi tergantung dari merk atau brandnya. Generator set diesel lainnya juga ada yang memiliki kapasitas maksimal 5 Kw atau 5rb Watt, sampai dengan 2 MW atau 2 juta Watt.

Berikut Cara Kerja Genset Diesel

Sebab generator setnya ini memakai mesin diesel atau dengan kata lain memakai kompresi pengapian untuk menghidupkan bahan bakar. Cara kerja genset diesel yang utama adalah meningkatkan kompresi menjadi lebih tinggi sehingga memanas dan juga membuat suhu dalam mesin ikut meningkat jadi lebih tinggi.

Di dalam mesin diesel ini bahan bakarnya yaitu solar dan udara dimasukkan ke dalam mesin dengan tahapan yang beda. Untuk lebih mengetahui cara kerja dari mesin ini anda tentu harus mengetahui komponen utama di mana komponen tersebut merupakan komponen penghasil energi listrik. Terdapat 9 komponen utama dalam suatu mesin genset ini.

Sembilan komponen tersebut yaitu engine atau mesin, alternator, sistem bahan bakar, regulator tegangan, sistem pendingin dan pembuangan, sistem pelumasan, pengisi baterai, panel kendali, dan main assembly atau mainframe. Komponen tersebut merupakan komponen yang saling berhubungan dan saling membutuhkan agar dapat menciptakan listrik.

Selain itu, cara kerja suatu genset juga dapat dilihat dari komponen utamanya seperti sembilan komponen di atas. Dengan mengetahui komponen apa saja yang dipakai untuk menciptakan tenaga listrik tentu anda juga dapat mengetahui juga gimana cara kerja hal itu.

Secara dasar prinsip atau cara kerja genset diesel yaitu mengubah tenaga mekanisme menjadi tenaga listrik. Proses perubahan tersebut dilakukan melalui proses induksi elektromagnetik. Sehingga pada akhirnya generator set ini dapat digunakan ketika terjadi pemadaman listrik atau dengan kata lain mesin ini dapat disebut sebagai stok listrik cadangan.

Kelebihan dan Kekurangan yang Dimilikinya

Segala hal di dunia ini tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri, begitu juga dengan generator set jenis diesel. Genset diesel tersebut mempunyai kelebihan seperti torsinya lumayan besar, kemampuan bahan bakarnya tinggi, perawatannya mudah dilakukan, mesinnya kuat dan tahan banting, bisa dipakai dalam kapasitas tinggi, dan harga bahan bakarnya murah.

Sedangkan untuk kekurangannya generator set ini mengeluarkan suara mesin yang sangat kencang atau bising. Lalu harganya untuk generator tersebut dikenal lebih mahal. Terlebih lagi mesin diesel itu dianggap kurang efisien karena mempunyai ukurannya besar dan juga mempunyai bobot sangat berat. Dan paling mengganggu yaitu gas pembuangannya yang sangat banyak.

Sekarang anda tentu sudah paham dan mengerti mengenai generator jenis diesel tersebut bukan? Maka, jika anda sudah memilikinya harus merawat mesin tersebut dengan baik. Namun jika baru berencana ingin membeli, maka ketahui lebih dulu mengenai cara kerja genset diesel, kelebihan, kekurangannya, dan bagaimana harganya.