Mengetahui tips perawatan genset standby sendiri dasarnya memang penting untuk diperhatikan tiap orang. Daya pakai tentu saja akan jauh lebih lama jika Anda memperhatikan bagaimana perawatannya.

Bahkan jika Anda melakukan perawatan dengan benar pada generator yang digunakan, maka performanya juga bisa lebih baik lagi. Seperti yang Anda tahu, jika tidak semua lokasi mendapatkan listrik terus.

Sering kali beberapa lokasi juga mengalami pemadaman bergilir, dikarenakan pasokan untuk listrik sendiri masih terbatas. Bahkan daerah dimana lokasinya jauh dari pusat kota juga kerap mengalami pemadaman.

Oleh karena itu, tidak jarang Anda temui rumah yang padam di malam hari, terutama pada bulan tertentu saat musim hujan tiba. Karena masalah biaya dan keselamatan, banyak daerah yang mengalami pemadaman.

Tidak heran apabila generator diesel atau genset sendiri diperlukan dalam masalah ini. Akan tetapi, tidak semua orang yang punya genset bisa melakukan perawatan dengan baik dan membuat generatornya tahan lama.

Pasalnya generator juga perlu listrik cadangan dengan jumlah tertentu, sehingga jika sedikit saja mengalami kerusakan, tentu dampak yang dialami akan cukup besar. Oleh karena itu diperlukan cara merawatnya dengan benar.

Cara Perawatan Genset Standby Secara Umum

Umumnya ketika generator yang dipakai dinyalakan, maka ada beberapa hal yang sering kali membuat pengguna jadi waspada. Pasalnya ada cukup banyak hal yang menimbulkan bahaya bagi pengguna apabila genset dinyalakan.

Seperti misalnya pada sistem bahan bakar, mesin, pembuangan, serta sistem kontrol dimana cukup sering menimbulkan ancaman. Apalagi jika Anda sebagai pengguna kurang memperhatikan dan tidak merawat dengan benar.

Untuk tips perawatan genset standby sendiri satu diantaranya ialah dengan rutin memeriksa pada sistem bahan bakar. Saat generatornya nyala, maka jangan sampai jalur lain dan bahan bakar saling bergesekan.

Apabila mengalami gesekan, maka generator juga bisa gagal fungsi dan hal ini harus dicegah sesegera mungkin. Untuk sistem pembuangannya sendiri, pengguna wajib mengecek pada knalpot terjadi kebocoran atau tidak.

Udara jadi mengalami gangguan apabila di sistem pembuangannya sendiri bocor. Hal tersebut juga mengakibatkan udara di sekitar jadi tercemar karena asap dari bocornya pembuangan, segera atasi masalahnya apabila mengalami kebocoran.

Sementara itu, pada sistem mesin, pastikan rutin memantau cairan, suhu radiator, dan tekanan pelumas. Umumnya, apabila mengalami masalah, maka mesin akan memberitahu pengguna seperti adanya suara yang beda atau getaran.

Lakukan Perawatan Preventif dengan Benar

Untuk tips perawatan genset standby selanjutnya bisa dengan melakukan pencegahan, dimana Anda juga harus melakukannya secara rutin. Mulai dari harian, mingguan, bahkan bulanan agar bisa tetap menjaga mesin generator.

Untuk melakukan perawatan dengan cara preventif sendiri, Anda bisa menjalankannya dengan berbagai macam langkah. Utamanya adalah merawatnya dengan yang paling ringan dimana sering kali diabaikan oleh hampir semua orang.

Seperti jika melakukan perawatan harian, maka Anda bisa mulai melakukan kontrol dari rutin bersihkan debu atau cek level coolant pelumas. Kelihatannya memang sepele, namun untuk genset standby sendiri sangat penting.

Kerap kali kerusakan dialami karena Anda lalai dalam hal kecil tersebut dan tidak rutin cek. Untuk merawat mingguan, bisa membersihkan filter udara, membuang sisa pelumas filter, atau cek charger baterai.

Jika Anda cukup sering memakai genset standby, maka pengecekannya juga lebih rutin lagi dilakukan. Apalagi jika menggunakannya tiap hari dalam kurun waktu beberapa jam serta tidak ada jeda.

Mengenai cara perawatan genset standby bulanan, bisa dengan mengganti filter beserta oli, cek tekanan belt-nya, bahkan selang radiator juga. Setiap 6 atau satu bulan sekali bisa dilakukan pengecekan, sesuai kondisi.

Cek Penggunaan Bahan Bakar

Merawat generator diesel stanby agar bisa tahan lama penggunaannya yang selanjutnya ialah Anda bisa melakukan cek pada bahan bakarnya. Seiring kapasitas penggunaannya, maka kualitas dari bahan bakar juga bisa turun.

Umumnya pihak produsen mesin generator akan dengan senang hati memberikan saran pada pengguna untuk cara melakukan perawatannya. Apalagi dalam hal tangki bahan bakar yang sering dipermasalahnya dalam penggunaannya.

Dalam jangka waktu tertentu memang untuk mengeringkan tangki bahan bakar sendiri merupakan sebuah cara yang bisa dipakai agar membuat mesin tetap bekerja baik. Hal ini bisa dicoba jika merawat dengan benar.

Pelumas yang sudah cukup lama penggunaannya, umumnya akan mengalami pengendapan dan pengentalan menyerupai plak. Dimana plak tersebut juga mengandung bakteri dimana dapat membuat tangki rusak jika didiamkan begitu saja.

Bukan hanya itu, saat ada sisa bahan bakar yang sudah tidak dipakai dalam waktu berbulan-bulan, lebih baik sebelum dipakai, diganti dulu. Bahan bakar tersebut nantinya bisa membuat kinerja mesin turun.

Genset sendiri merupakan item penting dibeberapa hal, seperti perusahaan, bisnis, dan lainnya. Untuk itu jika Anda ingin mempunyai generator dengan kinerja prima, maka lakukan cara perawatan genset standby dengan benar.