Bagi Anda yang memiliki genset di rumah dan bingung bagaimana merawatnya, kami akan memberikan tips mengganti dan merawat oli genset dengan baik dan benar. Dengan begitu, generator set Anda akan lebih awet dan tidak mudah rusak.

Seperti mesin pada umumnya, perawatan serta pengecekan secara berkala perlu dilakukan. Apalagi jika mesin tersebut sering digunakan, maka perawatan secara rutin harus dilakukan oleh sang pemilik.

Tips mengganti dan merawat oli genset tentunya tidak sulit, dan dapat dilakukan oleh Anda sendiri. Genset atau generator set, pada umumnya digunakan pada bangunan-bangunan dengan daya listrik cukup besar, seperti sekolah, supermarket atau gedung perkantoran.

Fungsinya adalah sebagai cadangan listrik jika terjadi keadaan darurat, seperti tiba-tiba listrik padam. Maka peran genset adalah sebagai energi alternatif, yang bekerja dengan mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi mekanik.

Tips Mengganti dan Merawat Oli Genset 

Tentunya oil pada generator set perlu diganti secara berkala, agar mesin tersebut dapat beroperasi dengan baik dan tenaga menjadi lebih stabil. Ada baiknya bagi Anda untuk mengganti oli, setiap 20 atau 500 jam setelah beroperasi.

  1. Matikan Mesin

Sebelum mengganti oli, atau melakukan pengecekan pada mesin genset, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa genset dalam keadaan mati. Dengan begitu proses penggantian oli, atau pengecekan pada bagian genset yang lain akan lebih aman dilakukan. 

  1. Pastikan Bahwa Mesin dalam Keadaan Bersih

Kebersihan pada bagian dalam maupun luar mesin, juga perlu pemilik jaga. Biasanya di setiap penggantian oli, akan ada oli yang tercecer atau ada bagian pada mesin yang mengalami karat atau korosif.

Hal ini mudah terjadi, karena material dasar dari genset adalah besi, sehingga wajar terjadi jika bagian tertentu pada mesin mengalami korosi. Maka dari itu perawatan secara rutin, penting untuk dilakukan untuk mencegah timbulnya debu, sisa minyak atau oli pada mesin.

  1. Menyiapkan Beberapa Peralatan

Sebelum melakukan pengecekan terhadap mesin ataupun saat hendak mengganti oli, kami sarankan untuk menyiapkan beberapa peralatan, seperti wadah untuk menyimpan cairan bekas, corong pengisi, filter atau saringan, lap kain, serta kunci-kunci.

Tips mengganti dan merawat oli genset tersebut, akan berguna dan sebaiknya Anda persiapkan terlebih dulu sebelum melakukan penggantian oli. Agar saat penggantian, Anda tidak repot untuk mencari peralatan tersebut. 

Cara Mengganti Oli Genset dengan Benar

Mengganti oli pada generator set tidak sulit, dan jika Anda mengikuti tahapannya dengan baik dan benar, maka proses penggantian tidak akan memakan banyak waktu. Peralatan yang diperlukan juga tidak banyak, berikut tahapan mengganti oli pada genset.

  1. Membuka Seal Oli bagian Bawah

Untuk mengganti oli, pemilik juga harus mengeluarkan cairan lama yang tidak terpakai. Caranya dengan membuka seal bagian bawah, jangan lupa untuk menyiapkan wadah untuk menampung cairan bekas tersebut.

Tips mengganti dan merawat oli genset ini kira-kira membutuhkan waktu 5 menit, untuk menunggu hingga sisa oli dapat keluar sepenuhnya. Pastikan bahwa cairan tersebut sudah keluar, dan tidak ada sisa-sisa yang menetes.

  1. Isi Oli dengan Corong Pengisi

Setelah menyiapkan peralatan serta oli yang direkomendasikan oleh pabrik, Anda bisa ke tahap selanjutnya yaitu mengisi oli dengan corong pengisi. Saat mengisi, pastikan bahwa cairan yang akan masuk sudah disaring terlebih dahulu menggunakan filter.

Kemudian masukkan oli ke dalam mesin menggunakan corong, dan hati-hati agar cairan tersebut tidak berceceran ke mesin atau ke lantai. Anda bisa menggunakan lap kain, untuk mengelap ceceran cairan pada bagian-bagian generator set.

  1. Memasang Mur pada Mesin

Tahap selanjutnya adalah memastikan bahwa mur pada seal bagian bawah, dan atas sudah terpasang dengan baik. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa cairan yang sudah terisi, tidak melebihi batas seal penuh dan sesuai dengan standar kebutuhan oli.

Merawat Oli Genset sesuai dengan Prosedur

Setelah mengganti oli, jangan lupa juga bagi pemilik untuk melakukan perawatan secara rutin. Tentunya tips mengganti dan merawat oli genset ini akan berguna, untuk membuat usia mesin bisa tahan lama dan tidak mudah rusak.

  1. Mengganti Spare Part yang Usang

Seiring dengan masa pemakaian, pasti spare part pada mesin akan mengalami penurunan kualitas. Dengan begitu pengecekan secara berkala perlu dilakukan, untuk mencegah kerusakan lebih parah yang dapat terjadi pada mesin saat sedang digunakan.

  1. Memastikan Bahan Bakar tidak Kosong

Hal ini sering terjadi, dan biasanya sang pemilik baru menyadarinya saat mesin sedang digunakan. Pastikan bahwa bahan bakar memang terisi cukup, sebelum menggunakannya, sebab jika menyalakan genset saat bahan bakar habis bisa membuat genset mudah rusak.

  1. Memeriksa Kabel-Kabel Instrumen secara Berkala

Kabel-kabel instrumen pada generator set juga tidak kalah penting, sebab peralatan ini memiliki peranan penting saat mesin sedang bekerja. Jika salah satu kabel yang rusak atau putus, bisa berakibat fatal bagi mesin nantinya.

Jangan lupa bagi pemilik genset, untuk memperhatikan dan merawat mesin secara teratur. Karena mesin membutuhkan perawatan optimal, agar memiliki tenaga stabil untuk bekerja. Anda bisa mengaplikasikan tips mengganti dan merawat oli genset, untuk mesin Anda.

Dapatkan genset impian Anda dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau di PT Interjaya Surya Megah. Kami adalah distributor resmi Genset di Indonesia yang menjual berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini . Segera hubungi kami untuk pemesanan dan mengkonsultasikan kebutuhan genset Anda bersama dengan kami.