Kebutuhan rumah sakit yang cukup tinggi, menyebabkan kebutuhan listrik cadangan diperlukan. Maka dari itu kami akan memberikan tips memilih genset untuk rumah sakit, yang pastinya akan membantu Anda dalam menentukan jenis genset yang tepat.

Penggunaan generator set memang memiliki beragam manfaat, selain sebagai cadangan energi, genset juga memiliki peran penting bagi rumah sakit. Tentunya rumah sakit membutuhkan energi cukup besar, agar bisa mengoperasikan berbagai peralatan.

Tips memilih genset untuk rumah sakit tidak sulit, sebab kita bisa menentukan sendiri jenis generator set seperti apa yang dibutuhkan, serta seberapa kuat kebutuhan daya listrik. 

Apalagi rumah sakit selalu berkaitan dengan penyelamatan nyawa seseorang, sehingga jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba, hal tersebut tidak bisa dibiarkan. Sehingga fungsi generator set, memang memiliki peranan yang cukup penting.

Tips Memilih Genset untuk Rumah Sakit

Banyak sekali faktor penentu, bagi pembeli untuk menentukan jenis generator set yang tepat. Sebab selain menyesuaikan dengan kebutuhan, Anda juga harus bisa mempertimbangkan hal lainnya seperti bahan bakar, juga jaminan serta garansi dari pabrik. 

  1. Perhatikan Tipe dan Karakteristik Genset

Generator set terbagi menjadi dua jenis, yaitu Silent dan Open. Untuk tipe Silent, memiliki kelebihan yaitu saat mesin menyala tidak menimbulkan kebisingan, karena memiliki tingkat desibel cukup rendah untuk meredam suara.

Tipe generator set Open, menimbulkan suara bising saat mesin menyala, sehingga lebih banyak digunakan pada pabrik-pabrik yang berlokasi di luar ruangan. Sehingga tips memilih genset untuk rumah sakit, yang lebih cocok untuk digunakan adalah tipe Silent.

  1. Memilih Generator Set sesuai dengan Kebutuhan

Faktor ini sangat penting, sebab kebutuhan Anda akan genset akan mempengaruhi pilihan generator set nantinya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan daya kekuatan listrik, yang nantinya akan Anda tanggung.

Pastikan bahwa kapasitas listrik pada rumah sakit atau bangunan lainnya mencukupi, sehingga genset tersebut dapat menyediakan cadangan energi yang cukup bagi rumah sakit.

  1. Pastikan Tersedia Jaminan Garansi dan Sparepart

Jangan lupa sebelum membeli genset, perhatikan terlebih dulu apakah mesin tersebut memiliki garansi atau tidak dari pabrik. Dengan memiliki mesin bergaransi resmi, maka Anda akan lebih merasa aman saat menggunakannya.

Tips memilih genset untuk rumah sakit adalah memastikan bahwa pilihan generator set, menyediakan sparepart yang mudah ditemukan. Sebab jika tidak, nantinya Anda akan kesulitan sendiri dalam menemukan sparepart yang sesuai, dengan generator set milik Anda. 

  1. Pilihlah Genset yang Irit Penggunaannya

Pemakaian generator set dalam waktu yang lama, pasti akan menimbulkan pengeluaran lain, seperti servis secara rutin, penggantian oli, serta biaya bahan bakar. Jika digunakan dalam waktu cukup lama, pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Manfaat Penggunaan Genset untuk Rumah Sakit 

Bagi rumah sakit, energi listrik cadangan sangat dibutuhkan. Sebab hampir lebih dari 24 jam, listrik akan selalu digunakan. Apalagi sering terjadi kondisi tidak terduga, sehingga penggunaan peralatan kesehatan harus selalu siap untuk digunakan.

  1. Melindungi Nyawa Banyak Orang

Disaat kondisi darurat datang, pihak rumah sakit harus siap siaga untuk menangani pasien tersebut. Tentunya saat dokter atau perawat sedang menangani pasien, akan dibutuhkan peralatan medis bertekanan tinggi.

  1. Menjaga agar Peralatan Kesehatan Tetap Berfungsi

Pemadaman listrik atau kerusakan yang terjadi pada energi listrik, sulit untuk diprediksi. Sehingga peranan generator set pada rumah sakit sangat penting, agar bisa menyediakan energi listrik yang dibutuhkan setiap saat.

Peralatan medis rata-rata memiliki tekanan listrik yang cukup tinggi, dengan hadirnya genset sebagai cadangan energi, maka listrik dapat sepenuhnya digunakan untuk proses penanganan pada setiap pasien.

  1. Pelayanan Bisa Tetap Berjalan

Tips memilih genset untuk rumah sakit yang dapat bermanfaat selanjutnya adalah, menjaga agar pelayanan bisa tetap berjalan bagi setiap pasien. 

Dengan hadirnya generator set pada rumah sakit, maka pelayanan terhadap pasien tidak akan terhalang. Pihak rumah sakit dapat siap sedia setiap saat, tanpa terhalang oleh kebutuhan energi listrik.

  1. Meminimalisir Pengeluaran Anggaran 

Dengan memiliki genset memang membuat pengeluaran cukup besar, untuk perawatan serta penggantian sparepart dan kebutuhan lainnya. Namun dengan memiliki genset, Anda dapat meminimalkan pengeluaran akan kerusakan atau masalah yang terjadi pada listrik.

Selain itu dengan memilih genset berkualitas, Anda tetap bisa menghemat biaya dengan membeli generator set yang irit akan biaya penggunaan. Sehingga biaya servis atau pembelian sparepart, akan mengeluarkan biaya yang lebih kecil.

Kebutuhan Generator Set di Rumah Sakit

Kebutuhan listrik di rumah sakit, tidak bisa hanya mengandalkan suplai listrik dari PLN. Sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat, tentunya pihak pelayanan kesehatan harus selalu siap siaga dalam menangani pasien yang sedang dalam kondisi tidak baik. 

Apalagi suplai listrik dari PLN tidak selalu dalam keadaan stabil, terkadang terjadi pemadaman listrik yang tidak bisa diprediksi atau kerusakan pada sistemnya. Sehingga jika tidak memiliki cadangan listrik dari genset, pelayanan terhadap pasien akan terganggu.

Generator set bisa menjadi solusi, bagi asupan listrik untuk rumah sakit. Penggunaan genset juga tidak terlepas dari perawatan serta pengecekan kondisi mesin secara berkala, untuk mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan tidak terduga.

Rumah sakit sebagai pusat pelayanan kesehatan, pasti akan selalu membutuhkan suplai listrik setiap saat. Sehingga tips memilih genset untuk rumah sakit, sangat penting untuk Anda ketahui.

Jika Anda sedang mencari genset dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau PT Interjaya Surya Megah adalah jawaban untuk Anda. Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, kami menjual berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Jangan ragu untuk menghubungi kami, dan mengkonsultasikan kebutuhan genset Anda bersama dengan kami.