Cara memperbaiki genset rusak sangat penting untuk diketahui agar nantinya Anda bisa memperbaiki sendiri jika mengalami kerusakan pada genset Anda.

Generator set atau genset merupakan alat yang bisa merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Biasanya alat ini digunakan pada kantor-kantor ataupun pabrik. Akan tetapi alat ini juga bisa digunakan di rumah.

Ada berbagai alasan yang bisa menyebabkan Mengapa genset rusak. Agar bisa awet digunakan maka harus dilakukan perawatan secara rutin dan juga menggunakan sesuai dengan prosedur yang benar.

Salah Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang ketika menggunakan genset yaitu adalah tidak dilakukan perawatan secara rutin. Padahal ini penting agar mesin genset tetap dalam kondisi prima sehingga ketika dibutuhkan masih berjalan dengan normal.

Ketika terjadi kendala pada mesin genset Anda tidak perlu terburu-buru membawanya ke tempat servis. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki nya sendiri di rumah.

Cara Memperbaiki Genset Rusak yang Tidak Bisa Dihidupkan

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika menggunakan genset yaitu adalah mati secara tiba-tiba dan tidak bisa dihidupkan. Salah satu penyebab yang mungkin menyebabkan terjadinya genset mati secara tiba-tiba yaitu adalah adanya air pada tangki bahan bakar.

Untuk mengatasi hal ini caranya cukup sederhana yaitu adalah dengan membuang air dan juga bahan bakar yang terhubung ke dalam mesin. Setelah itu Silahkan ganti dengan bahan bakar yang baru dan biasanya mesin akan menyala.

Jika belum menyala maka bisa melakukan langkah lanjutan yaitu adalah mengecek lubang ventilasi. Biasanya ketika terjadi sumbatan pada lubang ventilasi menyebabkan mesin tidak mau menyala.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa membersihkan lubang ventilasi dari berbagai macam kotoran dan debu yang menempel. Setelah itu, Anda bisa menghidupkan kembali genset anda.

Cara Memperbaiki Genset Rusak Berupa Daya yang Sudah Mulai Hilang

Kamu yang sering terjadi selanjutnya yaitu adalah daya yang mulai hilang. Penyebab dan mulai hilang pada genset yaitu adalah kondisi plunger Pompa sudah mulai haus. Cara paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah menggantinya dengan yang baru.

Akan tetapi jika Anda tidak memiliki biaya yang cukup maka bisa mencoba mereset ulang pompa. Mungkin ini akan membantu untuk mengatasi daya genset yang sudah mulai menghilang. Akan tetapi lebih disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

Hal seperti ini juga bisa terjadi karena adanya pegas katup yang patah. Cara satu-satunya untuk mengatasi katup yang patah adalah menggantinya yang baru. Anda tidak perlu khawatir ketika mengalami katup patah karena ini merupakan sesuatu yang sederhana dan biasa terjadi.

Cara Mengatasi Gangguan Arus yang Berlebihan

Gangguan arus yang berlebihan bisa saja terjadi ketika terjadi hubungan pendek generator dan juga beban terlalu berat. Memasang beban yang terlalu berat tentunya akan membuat genset bekerja keras.

Jika dipaksakan hal seperti ini dalam waktu yang lama bisa menyebabkan gangguan arus berlebihan. Untuk itu Anda harus membaca mengenai Ketentuan dan prosedur dari cara pabrik tentang cara penggunaan yang baik dan benar.

Sebagai catatan adalah ketika Anda melupakan orang awam dan tidak tahu menahu cara memperbaiki genset yang rusak harus sangat berhati-hati. Jika setelah melakukan beberapa langkah di atas tetapi tidak menyelesaikan masalah maka bisa membawanya ke tempat servis aja.

Langkah terbaik untuk menghindari beberapa masalah di atas yaitu adalah dengan melakukan perawatan sebaik mungkin. Jangan melakukan langkah-langkah cara memperbaiki genset rusak di atas Jika merasa tidak yakin.

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menyediakan berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.