Pemanfaatan genset untuk industri sangat besar sehingga memilih genset untuk industri baik yang besar maupun kecil menjadi cukup penting agar tepat guna. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan genset untuk pabrik industri Anda.

Sebagaimana yang sudah sangat diketahui, bahwa genset alias generator set menjadi sangat penting bagi manusia saat ini. Kebutuhan arus listrik untuk menunjang pekerjaan adalah faktor utama dari adanya genset ini.

Pabrik atau bidang industri bahkan menjadi salah satu bidang yang akhirnya sangat membutuhkan genset untuk dapat terus bekerja meski sedang terjadi pemadam listrik. Pabrik yang akan terus bekerja selama 24 jam tidak bisa hanya sekedar menunggu kapan listrik akan kembali menyala.

Bayangkan, jika dalam seharian terjadi gangguan arus listrik sehingga harus diadakan pemadaman. Maka operasional pabrik industri akan terganggu, oleh karena itu memanfaatkan genset dengan memilih genset untuk industri adalah solusi terbaiknya.

Penggunaan Genset untuk Pabrik Industri

Ketika Anda sudah pernah membeli genset untuk penggunaan rumahan saja, pasti Anda tahu bagaimana rumitnya memilih yang paling tepat. Genset memiliki banyak pilihan bentuk dan ukuran, bahkan kemampuan untuk berbagai jenis penggunaan.

Meski sudah pernah membeli genset dalam bentuk lebih kecil untuk rumahan, maka bukan berarti Anda sudah lebih paham saat membeli genset untuk pabrik industri. Hal ini karena tidak semua genset memiliki manfaat dan penggunaan yang sama.

Namun sebelum sampai pada cara pilih genset untuk industri yang tepat guna, maka ada baiknya untuk mengenal penggunaan genset untuk pabrik industri. Salah satunya adalah untuk memastikan arus listrik pabrik tetap berjalan lancar.

Tujuannya agar kegiatan operasional pabrik tetap berlangsung dengan tanggungan biaya yang lebih aman karena kehadiran genset untuk pabrik. Selain itu penggunaan genset dalam pabrik industri juga karena lebih praktis penggunaannya sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk fokus pada arus listrik saja.

Tips Memilih Genset untuk Industri

Memilih genset untuk sebuah industri yang tepat sesuai kebutuhan menjadi bagian keputusan terpenting. Anda tidak boleh sembarangan meremehkan kebutuhan daya industri yang bisa memperlambat bahkan menghentikan operasional pabrik.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih genset untuk pabrik industri Anda.

  • Tegangan Dip

Setiap peralatan tentu memiliki toleransi penurunan tegangan yang berbeda. Sementara untuk beban awal motor listrik bisa mencapai angka enam kali lipat dari beban kerjanya.

Oleh karena itu beban awal menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi sistem regulator dari genset dengan cara mengurangi ketersediaan tegangan.

Maka memilih genset untuk industri bisa dengan genset yang kuat dalam menangani hal tersebut. Jika dibutuhkan Anda bisa berkonsultasi dengan ahli dalam penentuan seberapa besar tegangan input yang diperbolehkan dari genset.

  • Frekuensi Dip

Untuk genset pabrik industri maka Anda membutuhkan frekuensi dip yang berbeda dengan genset rumahan. Dimana adanya penurunan kecepatan dan frekuensi transient secara maksimum dapat ditangani oleh sistem sehingga harus diperhitungkan.

  • Ambien

Anda harus mengerti persentase pengurangan daya yang Anda butuhkan dan harapkan dalam kondisi sedikit melebihi normal sebagai cara memilih genset untuk industri dalam bagian ambien ini.

Ketinggian, kelembapan, serta adanya rentang suhu yang akan mempengaruhi baik buruknya saat genset sedang beroperasi.

  • Aplikasi

Harga genset akan sangat berbeda tergantung kebutuhan, daya tahan, serta kekuatannya. Maka pastikan untuk memilih genset sesuai aplikasi dari pabrik industri Anda.

Anda bisa mendapatkan genset yang sesuai dengan kebutuhan frekuensi dip, ambien, tegangan dip agar sesuai pengaplikasiannya ketika memilih genset untuk industri tepat guna.

Jika Anda sedang mencari genset yang sesuai untuk kebutuhan industri Anda, PT Interjaya Surya Megah jawabannya. Kami adalah distributor resmi Genset di Indonesia yang menjual berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Jangan ragu untuk menghubungi kami, dan dapatkan genset impian Anda.