Penyebab listrik rumah mati bisa terjadi karena berbagai hal. Mulai dari ketidaksengajaan manusia, komponen pembangkitnya, dan peristiwa alam juga bisa saja menjadi penyebabnya.

Dengan adanya hal tersebut tentunya akan menghambat segala aktivitas setiap orang. Jika listrik padam terjadi karena hal-hal kecil, mungkin bisa diperbaiki sendiri menggunakan peralatan di rumah.

Penyebab Listrik Rumah Mati yang Harus Diketahui

Jika penyebabnya karena pembangkit pusat yang bermasalah. Tentu pihak terkaitlah yang bisa menangani dan menyelesaikan persoalan tersebut. Berikut ini tersaji beberapa informasi tentang penyebab dan cara menangani listrik padam.

  1. Korsleting

Korsleting adalah hal yang paling umum dan sering terjadi. Adanya hubungan arus pendek antara jalur kabel positif dan negatif saling bersentuhan. Sehingga menyebabkan korsleting tersebut terjadi.

Penyebab listrik di rumah matiini dapat diatasi dengan mencari pemicu awal korsleting tersebut. Misalkan dari kabel yang terkelupas, stop kontak bermasalah, atau mungkin penggunaan peralatan secara berlebihan.

  1. Layang-layang Penyebab Listrik Rumah Mati Sebagian

Bermain layang-layang memang mengasyikkan, namun tidak jarang karena benang layang-layang tersebut tersangkut pada kabel tiang. Bisa berakibat terputusnya alirani secara tiba-tiba.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda segera menghubungi pihak perusahaan pembangkit listrik untuk memperbaiki masalah tersebut.

  1. Terjadi Gangguan Alam

Kondisi alam yang tidak dapat diduga menjadi salah satu sebab mengapa listrik bisa padam. Hujan deras beserta angin terkadang mampu menumbangkan pohon, sehingga mengakibatkan pemadaman sebagian bahkan total.

  1. Power Surge

Power surge dapat terjadi karena tegangan yang naik secara tiba-tiba. Jika dalam kondisi normal tegangannya berkisar 220 V, maka dalam hal ini bisa naik hingga mencapai 110%.

Jika hal tersebut terjadi, maka padaman secara tiba-tiba. Sehingga apabila Anda sedang menggunakan peralatan elektronik maupun lainnya, sebaiknya segera dimatikan dulu agar tidak mengalami kerusakan.

  1. Undervoltage Bisa jadi Penyebab Listrik Rumah Mati Sebagian

Undervoltage merupakan suatu kondisi dimana tegangan mengalami penurunan dalam kurun waktu cukup lama. Kondisi tersebut disebabkan beban yang berlebihan. Sehingga berbahaya untuk peralatan elektronik.

  1. Blackout

Blackout sendiri adalah istilah ketika terjadi karena beberapa hal. Seperti kerusakan pada gardu induk, kerusakan jaringan kabel, maupun pada komponen lainnya. Dampak yang ditimbulkan yakni pemadaman.

Baik undervoltage maupun blackout, jika keduanya menjadi penyebab listrik rumah mati maka pihak perusahaan yang akan melakukan perbaikan karena memang tenaga profesional yang dapat mengatasinya.

  1. Terjadi Kenaikan Tegangan Secara Tiba-tiba

High voltages spikes menyebabkan listrik tiba-tiba padam. Situasi tersebut terjadi karena adanya kenaikan tegangan secara tiba-tiba dalam durasi yang sangat pendek. Sehingga menimbulkan big loss off data.

  1. Terjadi Ketidakseimbangan Tegangan

Peristiwa ini terjadi karena adanya ketidak seimbangan pada magnitudo, pembebanan trafo distribusi, tapping transformator yang tidak tepat, serta lainnya. Dampak yang ditimbulkan adalah kerusakan pada relai.

Apabila harus mengalami kenaikan secara tiba-tiba atau terjadi ketidakseimbangan tegangan, langkah yang harus Anda lakukan adalah mematikan beberapa peralatan yang ada di rumah. Guna menghindari terjadinya kerusakan.

  1. Adanya Gelombang Sinusoidal

Gelombang Sinusoidal adalah suatu bentuk gelombang pada listrik AC dan digunakan untuk mengetahui besar dan kecilnya gelombang. Adanya ketidak seimbangan pada arus berdampak pada korsleting.

  1. Terjadinya Interupsi Pasokan Daya

Adanya sambaran petir maupun kegagalan operasi pada peralatan listrik bisa menjadi munculnya interupsi pasokan daya. Sehingga dampak yang ditimbulkan adalah aliran listrik bisa terputus.

  1. Beroperasinya Voltage Regulator

Voltage regulator atau pengatur tegangan merupakan suatu sistem yang dirancang untuk mengatur tegangan agar tetap stabil. Perangkat tersebut berupa power factor correction capacitor dan switching transformers.

Jika terjadi kerusakan pada alat tersebut biasanya resistor dan contact poin akan rusak sehingga menyebabkan aliran listrik terputus. Untuk mengatasinya adalah dengan melilit ulang kumparan.

Adanya pemadaman listrik tentu menjadi kendala dalam melakukan berbagai aktivitas. Beberapa penyebab listrik rumah mati serta cara menanganinya bisa digunakan jika Anda sedang mengalami hal tersebut.

Kami merupakan distributor genset Intergen. Kami menjual berbagai macam genset sesuai dengan kebutuhan anda. Kami juga menjual berbagai macam merek seperti genset MWM, genset Perkins, genset MAN, genset Cummins, genset Mitsubishi, dan genset Lombardini.