Di era yang sangat butuh akan energi listrik, maka muncul macam-macam pembangkit listrik. Semua ini dipercaya dapat mendukung kegiatan keseharian, dan semua ini dipercaya terus mengalami pembaruan hingga bisa menjadi salah satu sumber energi yang lebih efektif.

Coba Anda sebutkan, apa jenis kegiatan Anda yang sama sekali tidak menggunakan listrik. Tampaknya hampir tidak ada yang tanpa dukungan energi listrik. Mulai dari memasak, ada peran listrik juga, hingga ada beberapa kegiatan yang kita tidak sadari juga butuh listrik.

Kebutuhan akan listrik ini juga yang membuat sumber penghasil energi listrik harus banyak. Distribusi tenaga listrik itu besar jumlahnya dan itu semua digunakan untuk kegiatan kita. Jika hanya mengandalkan satu sumber, tidak cukup untuk penuhi jumlah yang dibutuhkan.

Lantas, inovasi terus berjalan untuk menghasilkan sumber energi yang baru. Variasi sumber energi ini ada yang sudah sangat efektif untuk menjadi pembangkit listrik utama. Tetapi jika terus dikembangkan lagi, maka kita dapat melihat jelas pengaruh dari energi tersebut.

Macam-Macam Pembangkit Listrik yang Populer

Pembangkit listrik adalah satu wadah untuk menghasilkan energi atau arus listrik. Ibaratnya kita memanfaatkan satu sumber daya dan mengubahnya menjadi energi listrik. Dari sekian banyak pembangkit listrik yang ada, hanya beberapa yang secara masal digunakan, yakni:

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Yang pertama adalah air, dan kita tentu saja tidak aneh lagi dengan bendungan. Tetapi tahukah Anda bahwa itu untuk menghasilkan listrik? Jadi, semua air dalam bedungan itu digabungkan ke pipa dan diarahkan ke turbin untuk hasilkan aliran listrik.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Sinar matahari juga bisa digunakan untuk menghasilkan listrik, dimana matahari juga merupakan energi yang tidak akan habis jumlahnya. Contoh PLTS ini adalah yang kita kenal dengan panel surya. Dengan sinar matahari cukup, listrik akan dihasilkan.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Hasil suatu pemanasan biasanya akan menghasilkan uap. PLTU sendiri merupakan macam-macam pembangkit listrik yang mengandalkan air, tetapi yang ini akan dipanaskan. Saat air dibakar, panas yang dihasilkan air itu yang diubah jadi listrik.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

Saat mendengar kata gas, apakah Anda sempat membayangkan kalau ini juga bisa digunakan untuk sumber listrik? Sumber energi ini memanfaatkan bahan bakar fosil yang dibakar bersama gas untuk menggerakkan turbin penghasil arus listrik.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

Melihat kondisi bumi yang panas, hal ini lantas membuatnya bisa menjadi satu sumber energi juga. PLTP biasanya dibangun di daerah yang sangat panas, seperti PLTP Flores. Panas bumi ini tidak memerlukan bahan bakar untuk operasional pembakaran.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

Macam-macam pembangkit listrik selanjutnya adalah yang mengandalkan bahan bakar fosil seperti Solar untuk menggerakkan motor listrik PLN. Turbin masih menjadi alat yang akan digunakan, dan untuk menggerakkannya, solar yang digunakan.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

PLTN yang sempat banyak diperdebatkan juga kini sudah mulai digunakan di beberapa negara. Peristiwa Chernobyl mungkin masih mengerikan karena faktor radiasi yang diberikan. Pembakaran bahan uranium disini akan hasilkan energi yang besar.

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu / Angin (PLTB)

Bayu atau Angin juga bisa menjadi sumber penggerak generator yang akan merubah pergerakannya menjadi energi listrik. Memanfaatkan kekuatan angin ini seperti kincir angin, yang jika berputar semakin kencang, maka semakin besar juga energi.

Menyikapi kondisi dunia yang butuh pasokan energi listrik yang besar, maka variasi sumber penghasil dan pembangkit listrik sangat dibutuhkan. Hingga saat ini, ada banyak macam-macam pembangkit listrik, tetapi tidak semua yang dapat digunakan secara efektif.

PT Interjaya Surya Megah sebagai distributor resmi Genset di Indonesia menjual berbagai macam genset dan transmisi dengan harga yang terjangkau. Diantaranya adalah Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini.