Penyebab genset tidak stabil sangat perlu untuk Anda cari tahu karena bisa menyebabkan terjadinya konslet di sistem kelistrikan. Sekarang genset sudah menjadi kebutuhan pokok di dalam industri perusahaan maupun rumah tangga.

Dengan Anda mempunyai genset, maka segala aktivitas bisa berjalan secara normal apabila sedang terjadi pemadaman listrik dari PLN. Penggunaan genset juga perlu diperhatikan jika semua aktivitas Anda tergantung dan memerlukan daya listrik.

Inilah Berbagai Penyebab Genset Tidak Stabil

Meskipun demikian adanya, ternyata mesin satu ini bisa saja mengalami masalah hingga kerusakan. Penyebab genset berjalan tidak stabiljuga harus benar – benar Anda perhatikan.

  1. Poros putaran mesin tidak stabil

Untuk mengetahui apakah mesin genset sedang dalam masalah ataukah tidak, Anda bisa cari tahu langsung dari suara mesin ketika sedang dinyalakan. Apabila suara yang dihasilkan terdengar naik turun, maka dipastikan mesin tidak dalam kondisi stabil.

Putaran pada mesin genset yang normal sekitar 1500 rpm, jika kecepatannya melebihi atau pun justru kurang, maka sudah bisa dipastikan mesin tidak normal lagi.

  1. Permasalahan pada governor

Governor ini merupakan bagian yang bertugas mengatur aliran bahan bakar ke dalam mesin genset. Komponen satu ini bisa bekerja dengan cara merespon putaran pada mesin genset, bila putaran tersebut perlahan melambat. Maka governor bakalan membuka secara otomatis untuk bisa melepaskan bahan bakar yang lebih banyak lagi.

Jadi, penyebab genset tidak stabil ini bisa dilihat dari governornya. Jika mengalami kerusakan, maka berdampak pada tegangan genset yang cenderung tidak stabil atau naik turun.

  1. Generator dan kabel mengalami masalah

Bila Anda sudah melakukan pencegakan pada bagian mesin dan masih tampak normal, maka cobalah cek pada generatornya. Sebab, kerusakan pada bagian generator bisa menjadi penyebab tegangan mesin genset naik turun atau tidak stabil.

Lalu, kabel pada mesin genset yang dalam keadaan bocor atau terkelupas bisa menjadi masalah. Besar kemunginan tegangan yang keluar tidak bisa stabil dikarenakan terjadinya kerusakan pada kabel.

Cara Penanganan Mesin Genset yang Tidak Stabil

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab genset tidak stabil, langkah berikutnya ialah lakukan penanganan secepat mungkin agar mesin kembali beroperasi dengan normal seperti sedia kala.

  1. Memastikan bahan bakar yang digunakan sudah tepat

Mesin genset memerlukan bahan bakar untuk bisa beroperasi dengan baik. Jadi, penyebab perputaran poros mesin yang tidak stabil bisa saja dikarenakan bahan bakar kurang sesuai sehingga memengaruhi kinerja mesin genset.

Anda bisa langsung cek bahan bakar yang mengalir, apakah dalam keadaan kotor atau bersih. Lalu, lihat juga saringan pada bahan bakar, bila terdapat penyumbatan, maka bisa langsung Anda bersihkan sebab ini akan menjadi penyebab genset tidak stabil.

  1. Periksa governor pada mesin

Cara penanganan mesin genset yang tidak stabil bisa Anda cek langsung pada bagian governor. Bukan hanya pada governor saja, rangkaian sistem penyaluran bahan bakar harus dipastikan dalam keadaan baik semuanya.

Putaran mesin yang stabil bisa memengaruhi kinerja dari komponen di atas. Hal tersebut dikarenakan komponen inilah yang nantinya akan mengatur kecepatan putaran mesin secara otomatis dan menyesuaikan kebutuhannya.

  1. Kabel dan AVR harus keadaan normal

Kondisi kabel sambungan pada mesin genset menjadi suatu hal yang penting diperhatikan. Bila terjadi kerusakan pada sambungan kabelnya, maka harus segera Anda perbaiki karena menjadi penyebab genset tidak stabil.

Lalu, ada juga penyebab mesin genset tidak stabil dari bagian AVR atau Automatic Voltage Regulator. Lakukan cek pada komponen dan lihat tegangannya, bila dirasa sudah sesuai namun tidak stabil, besar kemungkinan AVR sudah rusak dan mesti diganti.

Langkah penanganannya juga harus dilakukan secepat mungkin agar berfungsi seperti semula. Karena penyebab genset tidak stabil bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor di atas.

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menyediakan berbagai macam genset dan transmisi yang berkualitas seperti MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Agar tidak salah dalam memilih silahkan hubungi kami dan konsultasikan secara langsung mengenai kebutuhan genset Anda.