Pertimbangkan tentang genset ketika Anda ingin menggunakannya sebagai penyedia daya cadangan (backup power) maupun kebutuhan dalam keadaan darurat (emergency used). Pada situasi tertentu, pemakaian daya tambahan diperlukan.

Salah satu sumber daya yang bisa Anda gunakan yaitu melalui genset. Baik itu sedang dalam situasi membutuhkan daya berjumlah lebih besar maupun sebagai antisipasi ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba.

Penting dipahami, bahwa dalam penggunaan generator set, Anda perlu mempertimbangkan banyak hal. Apa sajakah? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui uraian lebih lengkapnya.

Berbagai Hal Penting Genset untuk Backup Power atau Emergency Used

Ingin memakai genset untuk fungsi yang mana, menyesuaikan dengan kebutuhan setiap orang. Sebelum membeli atau menggunakan, ada berbagai hal penting yang perlu Anda pertimbangkan tentang genset.

  1. Menjauhkan Genset dari Tempat Tinggal Penduduk

Pemakaian genset memang menguntungkan pada situasi tertentu, terutama ketika sedang dalam situasi emergency atau darurat. Misalnya ketika terjadi pemadaman listrik, padahal kondisinya sedang sangat memerlukan daya.

Namun, Anda perlu memahami bahwa perangkat ini memberikan dampak buruk bila digunakan dengan cara salah. Bukan hanya berdampak terhadap diri sendiri saja, tapi juga orang lain.

Salah satu dampaknya yaitu keracunan karbon monoksida yang dapat menyebabkan pingsan bahkan mengancam nyawa. Dalam hal ini, pertimbangkan tentang genset, jauhkan dari tempat tinggal penduduk, sekitar jarak 10 meter.

  1. Mempertimbangkan Pembelian Genset Siaga

Hal penting berikutnya, Anda bisa mempertimbangkan pembelian genset siaga. Jenis ini terhubung ke sistem listrik secara permanen dan akan berfungsi otomatis saat pemadaman.

Perangkat jenis ini tidak mengganggu saat dipakai karena suaranya lebih tenang. Namun, tarifnya lebih mahal bila dibandingkan jenis lain. Selain itu, agar dapat digunakan juga perlu diinstall oleh ahlinya.

  1. Memastikan Genset dan Spare Part-nya Mudah Didapatkan

Sebelum memilih produk, pertimbangkan tentang genset mudah didapatkan. Bukan hanya perangkat utama saja, tapi juga spare part. Jadi, akan mempermudah Anda dalam proses perawatan serta perbaikan ketika mengalami kerusakan.

Hal ini juga berpengaruh terhadap efisiensi waktu serta tenaga. Bayangkan bila Anda membeli perangkat dan sparepart yang langka dan sulit diperoleh. Selain menghabiskan banyak tenaga dan waktu, juga biaya.

Belum lagi jika ternyata sparepart tidak ditemukan. Untuk memenuhi kebutuhan daya, mau tidak mau Anda harus membeli perangkat baru karena proses perbaikan yang terhambat.

  1. Untuk Perangkat Penting, Sediakan Saklar Transfer

Hal penting yang perlu Anda pertimbangkan tentang genset terakhir yaitu sediakan saklar transfer untuk perangkat penting. Kabel ekstensi dari generator set jenis portabel bisa Anda gunakan untuk memberikan daya pada perangkat penting dengan colokan.

Pada dasarnya, saklar transfer manual merupakan kontak pemutus sirkuit kecil yang biasanya terpasang di bagian sebelah panel listrik utama. Cocokkan kapasitas saklar tersebut dengan nilai watt genset.

Setelah itu, pilih sirkuit yang akan dihubungkan ke saklar transfer. Pemakaian saklar transfer ini bertujuan untuk mengamankan proses penghubungan genset ke kabel bangunan.

Jadi, kemungkinan tegangan terlalu tinggi atau korsleting bisa dicegah. Bukan hanya saklar transfer manual saja yang bisa Anda pakai. Ada juga alternatif lainnya yaitu kabel extension heavy duty, namun tarifnya lumayan mahal.

Apapun tujuan penggunaan yang Anda butuhkan, backup power atau emergency used, jangan lupa untuk mempertimbangkan beberapa hal penting tersebut. Bukan hanya itu, memilih produk terbaik juga tidak kalah penting diperhatikan.

Pilih kapasitas sesuai kebutuhan, dan sesuaikan dengan anggaran. Melakukan survei serta perbandingan beberapa produk bisa menjadi solusi sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih. Pertimbangkan tentang genset yang mencakup berbagai aspek penting.

Apabila Anda sedang mencari genset dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau PT Interjaya Surya Megah adalah jawaban untuk Anda. Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, kami menjual berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.