Genset merupakan salah satu alat industri yang memiliki peran penting. Salah satunya, karena alat ini dapat menyediakan listrik cadangan ketika terjadi pemadaman dari pusat atau PLN. Ketidakpastian pemadaman listrik menjadi salah satu kendala dalam kelancaran dan keberlangsungan berbagai aktivitas industri. 

Karenanya, genset pabrik perlu dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mendukung peran generator ini sebagai salah satu fasilitas penting penunjang kebutuhan dan kegiatan industri pabrik. Hal-hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih genset yang tepat.

Artikel berikut akan membahas beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih genset pabrik sesuai dengan kebutuhan dan keperluan sektor industri.

1. Memilih Genset berdasarkan Pelayanan yang Baik

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih genset pabrik adalah memilih genset berdasarkan pihak penjual, distributor, atau bahkan importir yang memiliki pelayanan berkualitas tinggi. Hal tersebut karena mempertimbangkan kebutuhan genset di lingkungan pabrik yang sangat tinggi.

Pelayanan dengan kualitas tinggi yang dimaksud merupakan bentuk pelayanan yang baik. Sehingga, mampu menjamin adanya garansi atau after sales yang cukup memuaskan. Dengan demikian, Anda tidak perlu merasa segan atau ragu untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan genset pabrik jika terjadi kendala atau berbagai kebutuhan penting lainnya.

2. Memiliki Tim Engineer yang Handal serta Berpengalaman

Hal lain yang juga wajib menjadi pertimbangan Anda dalam memilih genset pabrik adalah wajib mempekerjakan tim engineer yang handal. Tim teknisi yang handal mampu membantu Anda dalam mengoperasikan sekaligus memaksimalkan fungsi pada genset pabrik. Sehingga, kegiatan industri menjadi semakin lancar. Untuk dapat menentukan tim teknisi yang handal, Anda dapat mengamati pengalaman yang mereka miliki hingga sertifikat yang pernah mereka dapatkan sebelumnya.

3. Mempertimbangkan Ketersediaan Spare Part

Genset pabrik memiliki fungsi utama untuk dapat memperlancar berbagai kegiatan industri pabrik. Karenanya, di tengah pemadaman listrik, genset tetap harus berfungsi dengan baik agar aktivitas industri tetap dapat berjalan dengan maksimal.

Berdasarkan hal-hal tersebut, sebelum memilih genset pabrik, ada baiknya bagi Anda untuk memastikan tersedianya spare part genset secara lebih teliti. Sehingga, perbaikan kerusakan pada genset dapat dilakukan dengan lebih mudah.

4. Menentukan dan Memilih Tipe Genset yang Sesuai

tipe genset
Sumber : https://www.freepik.com

Umumnya, sebagai salah satu alat yang berfungsi untuk menyediakan cadangan listrik, genset dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu tipe open type dan silent tipe. Genset open type merupakan jenis alat yang sesuai untuk digunakan di gudang penyimpanan hingga pabrik. Hal tersebut ditentukan berdasarkan kesesuaian tingkat kebisingan genset dengan lingkungan.

Sedangkan genset silent type, lebih sesuai digunakan dalam lingkungan yang lebih ramai sehingga tidak terlalu mengganggu kondisi keadaan sekitar. Contohnya, genset jenis ini dapat digunakan di lingkungan perumahan, hotel, institusi pemerintahan, rumah sakit, lembaga pendidikan, bank, dan lain sebagainya.

Karenanya, sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan jenis pilihan genset yang sesuai dengan kondisi tempat kerja agar tidak mengganggu berbagai aktivitas yang ada. Sebaliknya, ketersediaan genset ini diharapkan mampu memaksimalkan berbagai aktivitas maupun kegiatan industri di area pabrik.

5. Menyesuaikan Kapasitas Daya pada Genset

Umumnya, alat-alat yang digunakan dalam industri pabrik membutuhkan konsumsi daya listrik yang cukup tinggi. Karenanya, pemilihan genset juga perlu ditinjau dari segi daya energi listrik yang dimiliki.

Jika Anda sudah mengetahui jumlah daya listrik total yang dibutuhkan, maka sebaiknya Anda mulai memilih genset dengan daya total lebih 10% dari jumlah keseluruhan daya yang dibutuhkan. Sebagai contoh, daya listrik yang Anda butuhkan kurang lebih adalah 13000 watt, maka kapasitas listrik yang wajib Anda sediakan berkisar pada angka 14300 watt.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam memilih genset untuk pabrik. Semoga informasi tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai rekomendasi bagi Anda untuk menentukan pilihan genset yang sesuai untuk pabrik.

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menjual berbagai macam genset seperti Genset MWMMANPerkinsCumminsMitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.