Genset merupakan komponen penting terutama untuk menunjang sumber listrik. Proses produksi misalnya seringkali membutuhkan sumber listrik yang sangat besar. Namun tak jarang pemadaman listrik sering terjadi secara berkala. Hal ini tentu saja akan mengganggu proses produksi. Sehingga cara memilih genset harus dilakukan secara teliti.

Pemilihan genset yang baik perlu diperhatikan karena genset akan menentukan proses produksi atau kegiatan lainnya berjalan dengan baik tanpa harus terhambat listrik yang tiba-tiba putus. Tetapi cara memilih genset hingga saat ini baru mengandalkan harga.

Cara memilih genset yang baik harus mempertimbangkan beberapa faktor. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan serta kelancaran proses penggunaan genset. Oleh karena itu, diperlukan panduan dalam memilih genset.

Cara Memilih Genset

Genset merupakan alat penyimpan energi listrik sekunder. Alat ini seringkali digunakan apabila energi listrik utama tidak cukup tinggi untuk menunjang proses produksi atau ketika terjadi pemadaman listrik.

Pemilihan genset harus dilakukan secara benar untuk menghindari adanya kerugian akibat kerusakan perangkat atau kebakaran yang disebabkan ledakan. Perhatikan panduan cara memilih genset berikut!

Kalkulasi Kebutuhan Daya

Cara memilih genset yang baik pertama adalah menghitung daya yang dibutuhkan sebuah bangunan. Dalam melakukan perhitungan daya, jangan lupa untuk memperhatikan satuan daya. Genset memiliki satuan Kilo Volt (kVa), sementara PLN menggunakan satuan Kilo Watt (kW).

Pilih Genset Dengan Daya yang Melampaui Kebutuhan

Setelah menghitung kebutuhan daya yang sesuai dengan kapasitas daya bangunan, pastikan untuk memilih genset dengan kapasitas daya melampaui kebutuhan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penambahan penggunaan alat elektronik lainnya.

Teliti Terhadap Kualitas dan Harga

Berbicara mengenai cara memilih genset selanjutnya, perhatikan harga dan kualitas genset. Tidak selamanya harga sebanding dengan kualitas. Cari lebih banyak review untuk memastikan genset yang didapatkan memiliki kualitas terbaik dengan harga ramah.

Jangan Sungkan Bertanya Pada Ahli

Pemilihan genset sesekali dapat membingungkan. Jika masih timbul keraguan dalam memilih genset, jangan malu untuk menanyakannya pada ahli untuk mendapatkan genset terbaik.

Pahami Jenis Perangkat

Selain genset, stabilizer merupakan alat yang digunakan untuk menstabilkan energi listrik. Stabilizer memiliki dua sistem kerja yakni sistem relay dan sistem servo. Perhatikan cara kerja kedua sistem ini untuk memaksimalkan kerja genset.

Pelajari Lebih Lanjut Terkait Rentang Input Voltage

Rentang input voltage yang dipilih pada stabilizer harus lebih lebar. Hal ini dimaksudkan untuk memperluas kemampuan stabilizer untuk memaksimalkan tegangan.

Informasi terkait panduan memilih genset dapat diperoleh secara detail pada artikel Cara Memilih Genset dan Stabilizer untuk Pemula.

3 Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Genset

Selain cara memilih genset yang baik, perlu dipelajari lebih lanjut pula terkait faktor-faktor memilih genset sehingga didapatkan genset yang sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, simak panduan cara memilih genset selanjutnya yakni faktor pertimbangan memilih genset.

Seimbangkan Daya Listrik dan Bahan Bakar

Faktor pertama adalah menyeimbangkan daya listrik. Harus dipastikan bahwa genset yang efektif umumnya memiliki 30% daya yang lebih besar dari total daya yang dibutuhkan. Selain itu untuk memastikan mesin berjalan dengan lancar, pilih bahan bakar yang sesuai dengan kapasitas genset.

Jenis dan Dimensi Genset

Faktor memilih genset selanjutnya adalah jenis genset. Terdapat dua jenis genset yakni silent dan open, perbedaannya terdapat pada kebisingan serta efektivitasnya. Namun berbicara mengenai efektivitas, perlu diperhatikan dimensi jarak penempatan genset untuk meningkatkan performa mesin ini.

Pilih Fungsi Genset dan Penyedia Genset Terpercaya

Tergantung dengan kebutuhan, genset memiliki dua fungsi utama yakni untuk penggunaan pribadi maupun produksi. Pastinya kedua jenis genset terbaik ini diperoleh jika membeli atau menyewanya dari penyedia genset terpercaya.

Selain dari ketiga jenis faktor tersebut, terdapat faktor lainnya yang harus diperhatikan dalam memilih genset. Informasi tersebut tersedia secara rinci pada artikel 3 Faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Genset.

Tips dan Trik Cara Memilih Genset Sesuai Dengan Kebutuhan

Sebelum mempertimbangkan faktor serta tips dalam memilih genset yang baik. Perlu diketahui pengetahuan mendasar mengenai genset seperti halnya jenis genset. Seperti yang telah disinggung sebelumnya juga, terdapat berbagai jenis bahan bakar yang dapat digunakan pada genset menyesuaikan jenis genset. Simak penjelasan jenis genset berikut.

4 Jenis Genset Berdasarkan Bahan Bakar

Generator set atau disingkat genset terdiri atas beberapa tipe yang dapat dibedakan berdasarkan sumber bahan bakar yang digunakan. Perlu digaris bawahi bahwa efektivitas genset bisa berbeda tergantung dengan bahan bakar yang digunakan.

  1. Solar

Genset berbahan dasar solar, disebut juga dengan genset diesel. Mesin tipe ini memiliki kapasitas daya 10 kVa hingga 100 kVa.

  1. Bensin

Seperti namanya, genset ini mengandalkan bensin sebagai bahan bakar utamanya. Genset bensin dibedakan menjadi bensin 2 tak dan 4 tak.

  1. Gas

Genset dengan sumber energi dari gas ini merupakan genset dengan biaya paling mahal karena menggunakan gas LPG.

  1. Genset Turbin

Genset tipe ini mengandalkan bahan bakar alami seperti angin, uap, dan air. Selain itu genset ini memiliki energi simpanan yang sangat besar.

Tips Memilih Genset Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui tipe atau jenis genset dan sumber bahan bakar yang digunakannya, barulah cara memilih genset yang sesuai dengan kebutuhan dapat dilakukan. Untuk mendapatkan genset yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan untuk memperhatikan faktor serta cara memilih genset yang telah disinggung sebelumnya.

Tips memilih genset diawali dengan memastikan beberapa hal seperti kebutuhan listrik, memilih tipe genset, serta memilih genset paling efektif termasuk tidak terlalu bising. Perhitungan kebutuhan listrik dilakukan untuk menentukan genset yang sesuai dengan kebutuhan. Genset harus memiliki setidaknya 10% dari daya listrik yang diperlukan.

Selain itu untuk meningkatkan efektivitas genset, pilihlah genset berdasarkan bahan bakar yang digunakan. Pastikan untuk memilih genset dengan bahan bakar yang mudah untuk diperoleh. Terakhir, akan lebih baik untuk memilih genset dengan suara lembut terlebih ketika menggunakannya pada lingkungan padat penduduk.

Informasi lebih lanjut terkait dengan tipe genset dan tips memilih genset dapat diperoleh pada artikel Tips dan Trik Memilih Genset Sesuai Kebutuhan.

Sekian beberapa cara memilih genset yang perlu diperhatikan sebelum membeli atau menyewa genset. Jangan lelah untuk menggali informasi dan pengetahuan terkait genset sebelum memperolehnya. Semakin banyaknya informasi mengenai genset maka semakin maksimal pula hasil genset yang bisa diperoleh.

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menjual berbagai macam genset seperti Genset MWMMANPerkinsCumminsMitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.