Pengetahuan Genset

Fungsi Kapasitor dalam Sebuah Genset

Secara umum kapasitor adalah komponen eletronika, fungsinya untuk menyimpan dan melepaskan muatan listrik. Alat ini sering digunakan di berbagai peralatan elektronik, flash kamera, sirkuit elektrik pada komputer dan generator set. Dilihat dari kegunaannya, memang hampir sama dengan baterai, tetapi keduanya berbeda.

Dalam baterai, tidak hanya mampu menyimpan saja, melainkan bisa digunakan sebagai sumber arus listrik dan menghidupkan daya. Untuk alat ini sendiri hanya bisa menyimpan muatan listrik sementara. Dalam genset, peralatan ini diletakkan di beberapa bagian sesuai dengan kapasitasnya dari generator set yang digunakan.

Setidaknya, ada 5 alat tersedia dengan berbagai macam cara menggunakan serta fungsi yang dihadirkan. Sebagai contoh, untuk mengetahui masih aktif atau tidaknya sebuah kapasitor. Anda bisa menggunakannya dengan menghubungkan kedua jarum, Anda bisa melihat jarum pengkur yang akan bergerak maju atau mundur.

Untuk genset berukuran kurang dari 2500 watt, kapasitor berfungsi sebagai pengontrol arus yang keluar pada generator genset. Dengan adanya kapasitor, Anda dapat menghindari kerusakan pada gulungan generator genset. Apabila terjadi kerusakan pada kapasitor generator genset, harus segera diperbaiki dengan cara mengganti kapasitor.

Kerusakan yang Sering terjadi

Fungsi lain dari dari alat ini adalah sebagai pembangkit frekuensi listrik, sehingga saat terjadi kerusakan. Tegangan listrik pada genset akan hilang. Faktor utama alat ini rusak adalah penggunaan daya yang berlebih dan tidak sesuai dengan anjuran yang ada. Bila ini terjadi, sebaiknya Anda bisa membelikannya baru.

Sebelum, kapasitor pada genset rusak akan ada tanda-tanda yang bisa Anda perhatikan. Lihat indikator voltase. Caranya, hidupkan mesin kemudian tunggu sekitar 3 menit. Lihat jarumnya naik atau tidak. Lalu, lihat ciri fisiknya, biasanya akan menggembung seperti baterai ponsel, bisa juga meleleh.

Tidak hanya meleleh saja, alat ini juga bisa meledak. Sehingga, perhatikan benar tegangannya. Alat ini dirakit dengan 2 plat elektroda. Ada bahan dielektrik di antara dua plat tersebut yang memisahkan cairan elektrolit. Oleh karena itu kelebihan tegangan akan saat melewati elco akan merusak dielektrik.

Sehingga, alat ini akan meledak dengan sendirinya. Perlu Anda ketahui, bila alat ini rusak atau meledak. Ada komponen lain yang juga ikut rusak. Bagian tersebut adalah gulungan dinamo yang akan terbakar. Tandanya adalah tidak ada tegangan listrik yang bisa dihasilkan.

Untuk mengetahui kerusakan dalam genset, diperlukan pemeriksaan lebih dalam lagi. Karena, dalam genset satu komponen rusak, penyebabnya berbagai macam hal. Bisa karena kabel salah pasang, atau cara Anda salah dalam mengoperasikan. Kami sarankan untuk memanggil jasa service profesional.

Cara Memasang Kapasitor Dengan Baik

Untuk ukuran 650 watt atau disebut dengan genset 2 tak ada di bawah tangki bensin. Sementara, genset 1000/2000 watt terletak di kotak panel. Sebelum memasangnya, Anda harus tahu dulu berapa ukuran dari sebuah alat ini. Pastikan ukuran kapasitor yang baru sama seperti sebelumnya, karena jika tidak akan menyebabkan generator genset menjadi panas. Jika Anda kebingungan dimana letak kapasitornya, Anda bisa lihat pada skema genset kapasitor yang sesuai dengan genset Anda.

Untuk mengetahui ukuran pasti kapasitor genset, Anda bisa cek pada fisik kapasitornya atau dengan mengukur sendiri jika tulisan ukuran pada kapasitor tidak terdeteksi. Agar lebih mudah mengukurnya, Anda bisa menggunakan alat kapasitansi meter.

Proses pemasangannya pun cukup mudah. Tetapi, pastikan generator set Anda dalam keadaan mati. Untuk melepas komponen yang lama, cabut saja kabel koneksinya. Kemudian, masukan alat yang sudah Anda beli ke tempatnya. Untuk pemasangannya bebas, bisa bolak-bolik. Pastikan semua kabel koneknya terpasang sempurna.

Periksa sekali lagi, setelah itu coba hidupkan mesin generator set anda. Perhatikan benar apakah listrik sudah keluar atau belum. Jika, masih belum kemungkinannya adalah, pemasangan alat ini kurang tepat. Atau gulungan dinamo dalam kondisi rusak. Oleh karena itu, segera bawa ke jasa service genset.

Tips dan Fungsi Membeli Kapasitor

Sebelum membeli, ada beberapa tips yang bisa Anda jadikan pedoman. Peran alat ini tidak akan lepas dari dinamo. Oleh karena itu, lihatlah dahulu seberapa kebutuhan Anda. Jika, untuk kebutuhannya tidak terlalu besar. Tidak ada salahnya untuk beli dengan kapasitas sama dari sebelumnya.

Fungsi lain dari alat ini adalah menjaga genset agar tetap awet. Saat Anda membeli komponen ini diatas ukuran yang lalu. Dengan waktu pemakaian dan daya yang sama. Kinerja dinamo akan semakin berat. Bila dibiarkan memicu kerusakan keduanya. Efek buruknya terjadi ledakan dan kebakaran.

Selanjutnya, perhatikan soal harga. Di setiap toko pasti berbeda-beda. Lihat dahulu ukurannya dan kapasitasnya. Bandingkan dengan produk yang lain, tidak ada salahnya Anda mencari pengetahuan mengenai produk tersebut diinternet. Sesuaikan pula dengan stabilitas pemakaiannya, karena bisa berubah seiring dengan perubahan waktu dan suhu.

Saat ini hampir setiap orang membutuhkan genset, perawatan yang baik menjadi cara tepat agar kinerjanya tetap prima. Pahami dengan benar apa saja yang menyebabkan setiap komponen rusak dan cara mengatasinya. Seperti halnya pada kapasitor, gunakan sesuai dengan kapasitasnya, jangan melebihi daya listriknya.

Kami merupakan distributor genset Intergen. Kami menjual berbagai macam genset sesuai dengan kebutuhan anda. Kami juga menjual berbagai macam merek seperti genset MWM, genset Perkins, genset MAN, genset Cummins, genset Mitsubishi, dan genset Lombardini.

intergen-genset

Recent Posts

Pentingnya Memahami Ukuran Kabel Genset bagi Pemula

Ukuran kabel genset adalah salah satu faktor penting yang sering kali diabaikan, tetapi memiliki dampak…

1 week ago

Berapa Lama Umur Mesin Genset Bisa Bertahan?

Mesin genset adalah salah satu investasi penting dalam memastikan kelangsungan operasional dan ketersediaan listrik, terutama…

2 weeks ago

Begini Penempatan Genset yang Tepat

Genset menjadi salah satu komponen vital dalam memastikan kelangsungan operasional. Hal ini memberikan jaminan akan…

3 weeks ago

Umur Aki Genset yang Penting Diketahui

Aki adalah salah satu komponen kunci dalam sistem pembangkit listrik, terutama pada genset. Memahami umur…

4 weeks ago

Ini Penyebab Mati Lampu yang Umum Terjadi

Saat ini, listrik merupakan aspek penting dalam kehidupan dan menunjang banyak kegiatan termasuk dalam hal…

1 month ago

Mengenal Stator dalam Genset: Fungsi dan Peranannya dalam Pembangkit Listrik

Genset seperti mesin pada umumnya tersusun atas beberapa komponen yang mendukung fungsi kerjanya. Komponen ini…

2 months ago

This website uses cookies.