Cara mengetahui apakah AVR genset rusak sangat penting. Fungsi dari komponen ini adalah mengatur tegangan keluar atau output. Agar tetap stabil, sesuai dengan tegangan listrik yang Anda perlukan setiap hari. Bila tegangan tidak seimbang akan berpengaruh kepada peralatan elektronik Anda yang cepat rusak.

Cara kerja dari AVR ini sendiri memang tergolong rumit. Karena dipengaruhi oleh tegangan listrik bila rendah, sinyal yang akan dikirim ke gulungan exicter akan tinggi. Sebaliknya, bila tegangan dari generator tinggi. Untuk menstabilkannya AVR aan menurunkan sinyal. Sehingga, Tegangan aliran listrik dalam kondisi stabil.

Penyebab Kerusakan Pada AVR Genset

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kerusakan dari AVR genset. Bisa dari lonjakan daya yang sangat besar dan terjadi secara tiba-tiba. Hal ini menyebabkan daya kejut yang besar. Komponen ini sendiri tidak mampu menstabilkan tegangan secara mendadak. Butuh proses dan waktu untuk bisa menstabilkannya.

Cara mengetahui apakah AVR genset rusak bisa dilakukan dari faktor penyebab yang paling fatal, bisa menyebabkan kerusakan parah pada AVR adalah hubungan arus pendek. Biasanya kejadian ini terjadi karena instalasi arus listrik tidak mempunyai ketahanan isolasi yang bagus dan dalam keadaan kurang bagus.

Ada lagi masa pakai sebuah komponen. Pelajari lebih detail bagaimana penggunaan generator. Hal ini bertujuan menjaga komponen yang ada didalam AVR. Semakin keras cara kerjanya, maka keausan dan kerusakan akan cepat terjadi. Faktor ini yang membuat umur dari AVR tidak bertahan lama.

Putaran mesin yang tidak stabil kadang naik dan turun juga menjadi pemicu AVR rusak. Tidak stabilnya mesin membuat kinerja komponen ini menjadi semakin berat. Tidak menentu dan membuat kinerjanya lama-lama juga akan naik turun. Dengan begini memberikan efek kejut yang memicu kerusakan.

Beberapa faktor diatas bisa disimpulkan bahwa kinerja dari AVR sendiri sebenarnya sudah berat. Untuk bisa menstabilkannya membutuhkan waktu. Dari naik ke turun dan sebaliknya. Sehingga, perawatan AVR terbaik adalah menjaga kondisi generator agar tidak mengalami lonjakan daya besar dalam waktu cepat.

Cara Mengetahui Apakah AVR Genset Rusak

Setelah memahami apa saja yang membuat AVR rusak. Saatnya Anda mengetahui kondisi komponen ini bagaimana. Apakah dalam keadaan baik-baik saja, atau mengkhawatirkan. Ada beberapa trik dan cara yang harus Anda lakukan. Di bawah ini akan kami kupas tuntas untuk Anda.

1.     Menggunakan Multitester

Multitester ini merupakan alat bantu yang paling direkomendasikan. Caranya mengatur alat ini pada hambatan. Selanjutnya, Anda bisa cek seluruh jalur kabel yang ada di AVR. Cara mengetahui apakah AVR genset rusak atau tidak sangat mudah. Bila jalur kabel tadi terputus, maka AVR Anda bermasalah.

2.     Tegangan Mesin Genset Tidak Keluar

Cara pertama yang mudah adalah melihat dari tegangan, keluar atau tidak. Tetapi, tegangan yang tidak keluar belum tentu menunjukkan bahwa AVR Anda sedang mengalami kerusakan. Faktor yang menyebabkan tegangan tidak muncul ada banyak, tidak hanya dari komponen ini saja. Bisa karena sinyal, switch breaker terbakar.

Berbicara masalah tegangan yang tidak keluar ini, dalam bagian AVR mempunyai sekring atau fuse. Biasanya bagian ini terputus sehingga tegangan tidak keluar. Faktor ini dikarenakan karena kelebihan beban yang disebabkan karena generator itu sendiri. Sehingga, menimbulkan arus pendek pada peralatan elektronik yang terpasang di genset.

Cara mengetahui apakah AVR genset rusak bisa dilihat apakah timbul percikan api atau tidak dalam kumparan atau gulungan genset. Bila percikan api ini terjadi, tidak ada salahnya Anda langsung membawanya ke bengkel untuk diperbaiki. Faktor inilah yang bisa menimbulkan kebakaran pada genset.

Untuk mengatasinya, tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan kuas yang masih bersih dan baru. Bersihkan area carbonbrush. Bila sudah cukup halus, tidak ada salahnya untuk mengganti carbonbrush. Jangan lupa, bersihkan pula bagian kawat dengan cutter, sampai Anda melihat kawat mengkilap dan dalam keadaan bersih.

3.     Melihat Bentuk Fisik

Cara selanjutnya adalah melihat bentuk fisiknya. Kebakaran adalah faktor yang pokok dialami oleh AVR. Dari kejadian ini, akan terlihat beberpa bagian yang pecah atau meleleh karena api yang menyala. Bila hal itu terjadi, maka AVR Anda sedang dalam kondisi tidak bagus. Harus segera ditangani serius.

Setiap unit dalam genset sebenarnya memiliki AVR. Apalagi genset dengan kapasitas lebih dari 10 KVA. Alangkah baiknya, Anda mengetahui kinerja dari komponen ini secara detail. Cara mengetahui apakah AVR genset rusak memang sedikit rumit dan membutuhkan ketelitian tinggi, agar aman dan awet tahan lama.

Untuk bantuan kebutuhan genset anda, silahkan hubungi kami sebagai distributor genset intergen.