Saat ini kebanyakan genset pasti memiliki AVR, namun tidak sedikit para pemilik mesin ini yang belum mengetahui pengertian dari AVR serta fungsi AVR di genset. Apabila anda merupakan salah satunya, kami akan membahas mengenai pengertian dari AVR juga beserta fungsinya.

AVR ini adalah bagian yang paling penting di suatu generator set karena memiliki pengaruh besar pada kinerja alat pembangkit listrik tersebut. Maka dari itu, anda harus mengetahui  bagian paling penting ini agar dapat menggunakan generator tersebut dengan baik dan benar sehingga mengurangi kerusakan atau kesalahan pada generatornya.

Ketika mengetahui apa itu AVR beserta fungsinya maka anda akan lebih mudah untuk memperbaiki alat pembangkit listrik atau generator set tersebut ketika terjadi suatu masalah atau kerusakan secara mendadak. Karena memang dengan memahami bagian ini maka bagian lainnya juga tentu akan dipahami secara tidak sadar.

Dikarenakan bagian ini merupakan bagian paling penting dibandingkan bagian lainnya, maka sebelum membahas fungsi AVR akan menjadi lebih baik jika anda mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Dengan begitu anda juga akan lebih mudah dan lebih mengerti ketika mencoba untuk memahami fungsinya karena memahami dasarnya lebih dulu.

Pengertian Atau Dasar AVR

AVR sendiri sebenarnya kependekan dari Automatic Voltage Regulator. Bagian atau komponen ini adalah bagian terpenting yang mengatur kinerja juga usia dari generator set itu sendiri. Jika diibaratkan pada makhluk hidup, bagian ini dapat dikatakan sebagai jantungnya atau bagian yang paling penting dalam suatu kehidupan.

Jika bagian tersebut mati atau tidak lagi dapat berfungsi, maka bagian lainnya juga tentu ikut mati atau tidak dapat berfungsi juga. Maka dari itu sangat penting sekali untuk menjaga, melindungi, dan juga kunci keberlangsungan hidup ini jika memang masih membutuhkannya.

Namun jika dilihat dari kebutuhan masyarakat pada listrik, tentu generator set ini akan selalu dibutuhkan sampai kapan saja. Karena listrik merupakan suatu hal yang memiliki peranan sangat besar dalam kehidupan manusia di zaman saat ini. Saat ini merupakan zaman modern di mana hampir seluruh kehidupannya memakai energi listrik.

Jika dalam satu hari saja tidak terdapat energi listrik di seluruh dunia, maka kehidupan saat ini akan hancur atau berakhir. Maka dari itu, penting untuk memiliki alat pembangkit listrik ini. Lalu apa fungsi AVR (Automatic Voltage Regulator) ini sehingga harus diperhatikan dengan sangat serius?

Berikut Fungsi dari AVR di Genset

Fungsi AVR utama yaitu menyeimbangkan voltage tegangan listrik dalam suatu generator set atau alat pembangkit listrik itu sendiri ketika dihadapkan pada beban listrik yang selalu berubah atau tidak stabil. Anda tentu sudah mengerti bahwa arus listrik yang tidak stabil akan memberikan dampak negatif.

Dampak negatif tersebut tidak hanya terjadi pada generator setnya saja namun juga pada seluruh perangkat elektronik yang terhubung dengan alat pembangkit listrik, seperti tv, komputer, radio, kulkas, dan lain sebagainya. Misal secara dasar komputer hanya butuh tegangan sebesar 230 Volt maka daya listrik yang harus diberikan juga sebesar 230 volt.

Tetapi karena output dari genset tidak stabil sehingga mengeluarkan tegangan listrik kurang dari 230 voltage. Maka beberapa komponen pada komputer terutama power supplynya akan terdapat beberapa kerusakan karena kurangnya tegangan listrik yang dibutuhkan. Tentu perangkat lain yang terhubung dengan genset juga akan terdapat kerusakan.

Tetapi jika alat pembangkit listrik atau genset itu memiliki Automatic Voltage Regulator, maka kejadian itu bisa diminimalisir hingga perangkat yang terhubung dengannya menjadi lebih aman dari kerusakan. Oleh karena itu, fungsi AVR ini sangat berguna ketika genset digunakan di saat PLN melakukan pemadaman listrik.

Cara Kerja Automatic Voltage Regulator

Setelah mengetahui apa itu AVR juga beserta fungsi AVR di genset atau generator set, maka selanjutnya yaitu mengetahui cara kerja dari bagian paling penting ini. Pada umumnya terdapat tiga langkah utama supaya bagian ini dapat berfungsi dengan maksimal. Langkah tersebut juga dapat digunakan untuk memeriksa apakah AVRnya berfungsi atau tidak.

Langkah pertama yaitu ketika mesin dinyalakan. Lalu langkah kedua gulungan utama genset akan memulai bekerja dan tegangan mulai diperoleh. Gulungan tersebut merupakan komponen yang memiliki sensor sehingga berperan sebagai pembaca seberapa besar tegangan yang dihasilkan. Dan langkah terakhir yaitu AVR akan mengirimkan sinyal pada exciter.

Pada saat output atau tegangan yang dihasilkan  itu tinggi, maka sinyalnya akan menunjukkan penurunan pada tegangan atau output tersebut. Begitu juga jika terjadi sebaliknya sampai arus atau tegangan listrik yang dikeluarkan oleh generator set benar-benar stabil sehingga seluruh perangkat aman.

Itu merupakan pengertian juga fungsi dari automatic voltage regulator yang perlu anda ketahui. Dengan demikian anda pasti menyadari bahwa fungsi AVR ini memiliki peranan atau dampak sangat besar bagi genset dan juga perangkat lainnya.