Saat ini anda pasti mengetahui bahwa terdapat banyak jenis layanan purna jual untuk genset. Hal tersebut terjadi karena meningkatnya peminat generator set ini secara signifikan. Sehingga bermunculan banyak sekali jenis yang menyediakan pelayanan tersebut dalam bidang perdagangan generator set atau alat pembangkit listrik.

Meski demikian anda tentu harus tetap berhati-hati dan juga lebih teliti jika akan membeli genset melalui pelayanan purna jual tersebut. Memang pada umumnya pelayanan purna jual ini kebanyakan dilakukan oleh pabrikan atau perusahaan besar, namun sedikitnya juga pasti terdapat pengusaha perorangan atau perusahaan kecil yang melakukannya.

Pelayanan ini tentu tidak hanya tersedia untuk genset saja. Selain jenis layanan purna jual untuk genset, masih terdapat jenis layanan produk lainnya. Saat ini masyarakat lebih suka menggunakan layanan tersebut karena memang memberikan banyak manfaat atau keuntungan. Anda mungkin masih bingung dan bertanya-tanya mengenai hal ini.

Namun anda tidak perlu khawatir, di sini akan kami bahas tuntas mengenai apa itu layanan purna jualnya, bagaimana jenisnya, apa keuntungannya, dan informasi lainnya. Maka dari itu, jika anda sedang mencari tahu mengenai pelayanan ini, maka anda telah berkunjung ke situs tepat.

Apa Itu Pelayanan Purna Jual?

Sebelum mengetahui jenis layanan purna jual untuk genset, lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu mengenai layanan ini. Dengan begitu anda tidak akan bingung dan akan lebih mudah mengerti ketika membaca pembahasan selanjutnya.

Pelayanan purna jual adalah pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan terhadap konsumen setelah selesai melakukan transaksi jual beli. Pelayanan ini dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan untuk memuaskan para pelanggannya, menjaga relasi baik, membangun kerja sama bersama konsumen, menciptakan loyalitas pelanggan itu sendiri, dan lain sebagainya.

Menurut aturan dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia No 20/M-DAG/Per/5/2009 mengenai ketentuan serta tata cara mengawasi barang serta jasa. Pelayanan ini merupakan pelayanan yang diberikan oleh pengusaha terhadap konsumennya. Dengan memakai layanan ini maka barang yang anda beli akan terjamin kualitas dan ketahanannya selama satu tahun.

Dengan kata lain, jika anda memakai layanan ini maka secara tidak langsung barang yang dibeli memiliki garansi minimal selama satu tahun. Jika dalam satu tahun tersebut terdapat kerusakan atau cacat maka anda dapat memperbaikinya secara gratis tanpa biaya apapun. Dengan syarat kerusakan tersebut pure berasal dari pabrik.

Jenis Layanan Purna Jual untuk Genset

Jenis layanan untuk genset juga sebenarnya sama dengan jenis pelayanan lainnya. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis pelayanan utama yang dikeluarkan secara resmi dan termasuk ke dalam SNI Tahun 2007. Kedua jenis pelayanan tersebut tentu sangat membantu banyak orang. Lalu apa saja kedua jenis tersebut?

  1. Pelayanan Purna Jual selama Masa Garansi

Pelayanan ini merupakan jaminan pemeriksaan, perbaikan, penggantian, pada mesin genset secara gratis. Dengan kata lain dalam jenis layanan purna jual untuk genset ini biaya untuk pemeriksaan mesin, perbaikan jika terdapat kesalahan, pergantian sparepart yang tidak berfungsi dan itu semua dibiayai oleh perusahaan brand tersebut.

  1. Pelayanan Purna Jual pasca Garansi

Pada umumnya layanan ini tidak berbeda jauh dengan jenis sebelumnya. Anda akan diberi jaminan perawatan atau service berkala, perbaikan, penggantian sparepart dari barang tersebut. Namun perbedaannya hanya terletak pada biaya. Dalam pelayanan jenis ini biaya tersebut dibayar oleh anda yang merupakan konsumennya sendiri.

Oleh karena itu anda memang direkomendasikan untuk membeli genset di perusahaan yang menyediakan layanan purna jual, karena memberikan banyak sekali manfaat dan juga keuntungan. Selain itu, produk yang anda beli terjamin kualitasnya sehingga anda tidak perlu khawatir akan produk tersebut.

Jika memang terjadi kecelakaan sehingga mesinnya mati, anda juga tidak perlu khawatir. Dengan adanya garansi yang meliputi service atau perbaikan, pemeriksaan, penggantian, dan lain sebagainya. Dengan begitu anda akan tetap tenang juga lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya.

Keuntungan dari Pelayanan Purna Jual

Pelayanan ini memiliki banyak sekali keuntungan baik itu untuk konsumen atau juga untuk perusahaannya. Jika untuk konsumen maka keuntungannya dapat berupa, konsumen lebih tenang dan aman karena memiliki garansi, lalu konsumen tetap hemat karena tidak perlu membayar biaya jasa ketika genset harus diperbaiki.

Sedangkan keuntungan bagi perusahaannya yaitu dapat kepercayaan dari konsumen, dapat menjangkau lebih banyak orang untuk mengetahui perusahaan tersebut, penjualan akan meningkat. Jadi memang pelayanan ini saling menguntungkan bagi kedua belah pihak yang telah melakukan transaksi baik dari pihak pembeli atau juga penjual.

Melihat hal tersebut banyak orang membeli genset pada perusahaan yang menyediakan pelayanan ini. Jadi jika anda sedang berbisnis genset, sebaiknya anda juga menyediakan layanan ini untuk meningkatkan penjualan dan juga menambah pendapatan. Jenis layanan purna jual untuk genset sendiri memang sangat cukup populer pada saat ini.