Tingginya konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan generator membuat para pengguna genset mencari tahu bagaimana cara mengurangi konsumsi bahan bakar generator ini. Jika anda juga termasuk salah satunya, maka anda telah berkunjung ke situs yang tepat. Di sini akan terdapat cara agar penggunaan bahan bakar generator tidak begitu banyak.

Seperti yang diketahui bahwa penggunaan generator ini semakin populer karena memang memberikan banyak manfaat. Apalagi ketika PLN melakukan pemadaman listrik sementara dan dilakukan secara mendadak. Generator tersebut sangat berguna pada saat kejadian itu terjadi sehingga masyarakat tetap dapat beraktivitas seperti biasa meski PLN memadamkan listrik.

Namun mengingat penggunaan minyak yang sangat boros telah membuat banyak pengguna generator ini menjadi berpikir dua kali untuk menggunakannya. Sebenarnya hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi, karena saat ini terdapat banyak cara mengurangi konsumsi bahan bakar generator. Dengan begitu anda dapat lebih leluasa untuk menggunakan generator.

Terlebih lagi, harga minyak selalu meningkat setiap tahun. Traffic atau lalu lintas perdagangan minyak dunia merupakan pengaruh utama dalam kenaikan harga tersebut. Meski begitu, pemanfaatan generator set tetap harus dilakukan dengan prima dan tidak boleh berhenti di tengah-tengah.

Cara Mengurangi Konsumsi Bahan Bakar Generator

Generator set tentu membutuhkan banyak pasokan minyak untuk dapat digunakan. Belum lagi jika generator tersebut memang digunakan sebagai pendukung pekerjaan yang mana akan membutuhkan kapasitas besar setiap hari. Oleh karena itu, mengutamakan kinerja juga diklaim efektif untuk mengurangi pengeluaran listrik yang jika biasanya besar.

Untuk cara mengurangi konsumsi bahan bakar generator ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu merawatnya dengan sangat baik dan rutin seperti menjaga kebersihannya, mengganti sparepart yang sudah lama atau aus, memeriksa oli secara berkala, merawat sistem pendinginnya, memeriksa sistem kontrol, selalu memeriksa aki, dan lain sebagainya.

Menjaga kebersihan generator dari kotoran seperti debu atau sampah yang dapat menghambat mesin, tentu sedikitnya akan mengurangi penggunaan bahan bakarnya. Lalu perlu diingat bahwa dalam proses penggantian sparepart pastikan Anda memakai sparepart orisinil sesuai dengan merek. Sparepart juga memiliki pengaruh dalam penggunaan bahan bakar.

Selanjutnya pastikan anda melakukan pengecekan teratur terhadap olinya. Karena jika oli generator tidak terpantau, maka kemungkinan terburuknya tidak hanya mengonsumsi banyak minyak namun juga dapat menyebabkan generator tersebut tidak dapat digunakan lagi atau rusak. Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi pada generator bukan?

Oleh karena itu, selalu cek oli juga bagian generator lainnya. Atau artinya anda harus selalu melakukan perawatan pada generator tersebut. Merawatnya dengan baik dan benar juga merupakan salah satu cara mengurangi konsumsi bahan bakar generator. Namun tentu tidak hanya itu saja caranya.

Sebenarnya jika anda ingin memiliki generator yang menggunakan bahan bakar tidak terlalu banyak, anda harus melakukan pertimbangan sebelum melakukan pembelian pada generator tersebut. Jika sudah membeli satu-satu nya cara agar generator tersebut tidak mengalami peningkatan penggunaan bahan bakarnya yaitu dengan merawatnya secara teratur.

Jenis Genset Berdasarkan Bahan Bakar

Genset juga memiliki beberapa tipe yang berbeda-beda sesuai dengan jenis bahan bakarnya. Beda bahan bakarnya tentu juga memiliki spesifikasi genset yang berbeda. Pada umumnya terdapat 4 tipe genset yaitu genset dengan bahan bakar solar, bensin, gas LPG, juga genset turbin. Keempat generator tersebut tentu memiliki spek berbeda-beda.

Tipe genset yang memiliki tenaga paling besar yaitu tipe turbin. Generator set turbin ini dapat menghidupkan listrik satu kampung bahkan lebih. Sedangkan genset yang memakai gas LPG merupakan paling mahal di antara jenis genset lainnya. Untuk solar ini juga mengeluarkan daya atau tenaga yang cukup lumayan.

Jenis bahan bakar juga merupakan hal penting untuk diperhatikan karena dengan begitu maka keuangan anda akan lebih hemat jika memilih bahan bakar secara tepat. Sehingga anda masih harus memperhatikan banyak hal agar bisa mencapainya.

Cara Mendapatkan Generator Set Sesuai Kebutuhan

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa untuk dapat mengurangi penggunaan bahan bakar yaitu dengan cara mempertimbangkan hal penting sebelum membeli generator. Pertimbangan pertama yaitu anda harus dilakukan yaitu menghitung kebutuhan listrik rumah atau tempat di mana genset akan digunakan. Setelah itu pilihlah genset yang mempunyai daya 10% lebih besar dari total kebutuhannya.

Lalu pastikan genset yang akan dipilih memiliki sparepart di toko terdekat mana saja. Atau dengan kata lain pastikan genset pilihan tersebut memiliki sparepart yang mudah ditemukan di mana saja. Sehingga anda akan lebih mudah untuk melakukan perawatan pada generator tersebut.

Terakhir adalah pastikan mesin generator tersebut mengeluarkan suara yang mulus atau tidak berisik agar tidak mengganggu sekitar saat digunakan. Selain itu juga biasanya generator set yang mengeluarkan suara halus itu pastinya berkualitas baik. Hal tersebut juga merupakan cara mengurangi konsumsi bahan bakar generator karena mesinnya berkualitas.