Perbedaan genset dan UPS, stabilizer memang harus diketahui oleh Anda yang ingin menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah. Listrik menjadi hal paling penting dalam kehidupan manusia sebab segala macam perangkat elektronik membutuhkan daya listrik.

Jadi, di sisi lainnya ada beberapa alat yang diperlukan untuk menjadi cadangan pasokan listrik atau pun menjaga kestabilan listrik saat digunakan di rumah atau kantor. Alat yang dimaksud ialah genset, UPS dan stabilizer.

Kenali Apa Saja Perbedaan Genset dan Ups, Stabilizer

Untuk Anda yang sedang mencari alat bantu penunjang listrik di rumah atau perkantoran, alangkah baiknya mengenai terlebih dahulu apa saja perbedaan genset serta UPS, stabilizer agar tidak salah pilih saat membelinya.

  1. Mengenal UPS Beserta Fungsi Utamanya

Pertama yang akan kami bahas ialah UPS merupakan singkatan dari Uninterruptible Power Supply. Maksudnya adalah suatu peralatan listrik yang dipergunakan untuk sumber energi listrik. Jadinya, UPS tersebut akan dipakai sebagai penyedia cadangan listrik yang umumnya digunakan pada perangkat PC komputer.

Jadi kegunaan dari UPS ini bisa dilihat ketika sedang terjadi pemadaman listrik secara mendadak, supaya PC komputer Anda tidak langsung mati dikarenakan masih adanya cadangan daya yang tersimpan pada UPS dan dimanfaatkan untuk mematikan komputer seperti biasanya.

UPS sudah banyak sekali digunakan, seperti di perusahaan, industri maupun perkantoran, terlebih lagi bagi merak yang bekerja di bidang teknologi dan komunikasi. Maka dari itulah, Anda bisa memakai UPS supaya bisa mempersiapkan perangkat PC ketika sedang mati listrik.

Perbedaan genset dan UPS juga bisa Anda lihat dari fungsi utama mesin tersebut, antara lain adalah :

  • UPS dapat dipakai untuk memberikan waktu menyimpan data penting dari PC komputer sebelum dimatikan.
  • Perbedaan genset dan UPS, UPS dipakai untuk bisa memberikan daya listrik cadangan saat terjadi pemadaman listrik.
  • Penggunaan UPS pun bisa menghindarkan PC komputer dari kerusakan pada software maupun hardware. Pemadaman listrik secara tiba – tiba rupanya bisa menimbulkan kerusakan pada perangkat atau pun aplikasi dalam PC komputer.
  • UPS bisa memberikan waktu kepada Anda untuk bisa menyalakan sumber energi listrik, seperti mesin genset.
  1. Mengenal Mesin Generator Set, Cadangan Daya saat Listrik Padam

Jadi , perbedaan genset dan UPS sebagai alat penunjang daya listrik saat padam penting untuk diketahui. Jadi, genset ini merupakan suatu perangkat untuk pengganti listrik sebagai penerus UPS.

Namun, jika tidak adanya UPS tidak ada masalah, namun konsekuensinya juga segala macam kegiatan memakai listrik bakalan terputus secara otomatis. Sehingga penggunaan genset ini sangat penting untuk mencadangkan listrik dan Anda pergunakan sebaiknya.

Jadi, genset dan UPS ini bisa dinyalakan sekaligus, seperti halnya ketika terjadi pemadaman listrik, maka perangkat elektronik PC komputer tidak akan mati bisa memakai UPS.

  1. Mengenal Stabilizer, Alat Menjaga Tegangan Listrik

Selanjutnya setelah mengetahui perbedaan genset dan UPS, kita akan beralih ke stabilizer atau yang lebih dikenal dengan sebutan stavolt. Adapun kegunaan dari mesin satu ini ialah sebagai penjaga tegangan listrik supaya tetap dalam keadaan stabil.

Stabilizer ini juga bisa menjaga perangkat elektronik dengan tegangan AC yang dimanfaatkan selama suplai daya listrik, semisalnya televisi, kulkas, kipas PC komputer dan lainnya.

Perangkat elektronik yang dijaga ini bertujuan untuk tetap dalam keadaan jumlah tegangannya sekitar 220 volt. Secara sederhana, saat tegangan listrik di rumah Anda terhitung total melebihi 220 volt.

Maka stabilizer juga secara otomatis akan langsung menurunkan tegangannya sampai 220 volt saja dan begitu pula sebaliknya. Perbedaan genset dan UPS, stabilizer terlihat dari kegunaan di antara ketiga mesin ini sangat berhubungan dengan kelistrikan sehingga memudahkan para pengguna.

PT Interjaya Surya Megah  adalah distributor resmi Genset di Indonesia yang menjual berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Jangan ragu untuk menghubungi kami, dan dapatkan genset terbaik Anda.