Tahukah Anda soal apa saja yang menjadi penyebab genset overheat? Sebaiknya Anda tahu dan selalu cari solusi agar hal ini tidak terulang kembali. Overheat adalah masalah umum di setiap genset, tetapi jika pemiliknya tahu cara operasi yang benar, tidak akan terjadi lagi.

Istilah overheat sering kali digambarkan pada suatu alat atau benda yang mengalami situasi suhu yang terlalu panas. Selalu ada bahaya juga ketika overheat terjadi, terutama di alat yang rentan terhadap perubahan suhu. Sebisa mungkin overheat ini tidak terjadi di genset.

Genset memiliki kandungan minyak yang bisa saja memancing bencana lain jika terlalu panas. Namun sayangnya, masih ada saja pemilik genset yang mengabaikan hal ini dan membuat hal yang dihindari itu malah kejadian. Tetapi Anda bisa mengatasinya dengan perawatan.

Tetapi lebih baik jika mencegah daripada memperbaiki ketika sudah kejadian, bukan? Dengan demikian, kami sudah menyiapkan informasi terkait apa penyebabnya. Dari penyebab ini, Anda sebagai pemilik genset tahu kalau ini harus dihindari dan bagaimana solusinya.

Apa Saja yang Bisa Menjadi Penyebab Genset Overheat?

Penggunaan genset bisa menyasar banyak sektor dan berulang kali menyelamatkan aktivitas banyak orang. Bahkan ketika genset tidak bisa digunakan dan situasinya sedang mati listrik, maka akan ada banyak hambatan. Maka dari itu, pastikan Anda bisa hindari hal itu.

Kerusakan yang paling umum adalah karena masalah overheat. Jika hal seperti ini terjadi terlalu sering, maka berulang kali butuh perawatan yang sifatnya mahal. Adapun jika Anda ingin menghindari kerusakan ini, kenali dulu apa saja penyebab genset overheat, yaitu:

  1. Air Radiator Habis

Salah satu alasan paling umum adalah karena air radiator pada genset sudah habis. Padahal, saat membeli genset sudah diingatkan untuk selalu mengecek kondisi air radiatornya. Jika sudah menunjukkan level rendah, langsung diisi cairan radiator.

Jangan terlalu lama untuk melakukan pengecekan. Karena dalam tabung cairan ini bisa saja terjadi kebocoran hingga membuat air radiator habis dengan cepat. Penyebab genset overheat ini sudah sering terjadi karena mesin bekerja tanpa radiator.

  1. Cairan Pelumas Mesin yang Kurang

Kurangnya cairan pelumas atau yang membuat mesin bebas dari keausan juga telah umum diketahui sebagai penyebab genset yang sedang digunakan terlalu panas. Cairan pelumas berfungsi untuk mengurangi gesekan antar logam mesin.

Maka dari itu, cairan pelumas juga sebaiknya diganti dalam waktu yang rutin agar tidak membuat cepat aus. Jika aus, ini menjadi penyebab genset overheat lebih cepat lagi. Tanpa pelumas juga, genset yang dihidupkan akan membuat bunyi yang bising.

  1. Putusnya Tali Kipas Genset

Fan Belt atau tali kipas, tali yang menjadi penghubung putaran mesin dengan kipas di dalam radiator. Tali kipas ini berfungsi untuk membuat udara dalam radiator stabil dan terjaga. Tetapi jika putus, kipas tidak akan beroperasi dan suhu lebih tinggi.

  1. Sistem Pendingin Bocor

Jangan remehkan peran dari sistem pendingin, karena jika ada kerusakan sedikit saja pada bagian ini, dapat langsung menjadi penyebab genset overheat. Sistem pendingin ini berperan untuk membantu sirkulasi angin dan kinerja mesin agar sempurna.

  1. Tutup Radiator Genset Sudah Rusak

Bahkan detail kecil seperti tutup radiator juga perlu Anda perhatikan. Jika ada cacat atau kerusakan sedikit saja, itu dapat mengganggu suplai tekanan udara. Pada radiator juga ada titik didih yang sebaiknya tidak dimasuki angin agar suhunya terjaga.

Sudah banyak kegiatan yang sudah diselamatkan oleh keberadaan genset. Maka dari itu, agar bisa digunakan untuk waktu yang lama, kita harus mengetahui penyebab kerusakan. Sejauh ini, penyebab genset overheat menjadi yang paling sering membuat genset rusak.

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menyediaka n transmisi yang berkualitas seperti MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Agar tidak salah dalam memilih silahkan hubungi kami dan konsultasikan secara langsung mengenai kebutuhan genset Anda.