Ada berbagai jenis gangguan listrik yang membuat genset penting dimiliki. Fungsinya bukan hanya sebagai penambah energi listrik saja, tapi juga dibutuhkan saat mengalami emergency seperti gangguan secara tiba-tiba.

Terganggunya daya akan menghambat berbagai aktivitas. Bukan hanya itu, gangguan arus listrik ini bila dibiarkan juga akan mengakibatkan perangkat elektronik yang dipakai rentan mengalami kerusakan.

Untuk itulah, penggunaan genset sangat penting pada situasi tertentu. Selain melancarkan aktivitas, juga mencegah timbulnya kerusakan pada perangkat elektronik. Gangguan listrik memiliki beragam jenis yang akan dijelaskan pada uraian berikut.

Inilah Beragam Jenis Gangguan Listrik yang Membuat Genset Sangat Diperlukan

Genset atau generator set diperlukan untuk mengatasi berbagai gangguan listrik yang timbul. Mengingat kendala yang terjadi tidak selalu dapat diprediksi atau diperkirakan. Berikut ini berbagai jenis gangguan yang perlu dipahami, meliputi:

  1. Noise

Jenis gangguan noise berupa naik turunnya voltase berjumlah sedikit atau tidak terlalu besar. Sebagai contoh Anda memiliki jumlah voltase sebesar 220 Volt, sesuai dengan standar PLN.

Akan dikatakan mengalami noise ketika tegangan yang dihasilkan memiliki kisaran angka antara 200 hingga 240 Volt. Selisihnya memang tidak terlalu besar, namun berkemungkinan juga meningkat.

Peningkatan ini berpengaruh terhadap terganggunya kinerja perangkat elektronik, walaupun memang tidak secara langsung alias bertahap. Untuk mengatasi jenis gangguan listrik ini, Anda bisa memakai genset agar tegangan yang dihasilkan stabil.

  1. Black Out

Black out biasa disebut dengan padam total. Pasalnya, pada kondisi black out, sumber tenaga listriknya hilang, sehingga lebih mengganggu dibandingkan noise. Bisa disimpulkan bahwa saat terjadi black out, tidak ada sama sekali aliran listrik.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan jenis gangguan listrik black out terjadi. Beberapa di antaranya kegagalan sistem distribusi, gardu induk sedang mengalami kendala serta permasalahan pada sistem pembangkitan.

Diperlukan perbaikan hingga daya kembali normal, namun tidak selalu bisa diperkirakan berapa lama prosesnya. Apalagi ketika penyebab permasalahan ini berasal dari kecelakaan, seperti bencana alam.

  1. Brown Out

Jenis gangguan listrik berikutnya adalah brown out, termasuk dalam kategori menengah, yaitu antara noise dengan black out. Akan terjadi brown out saat voltase mengalami penurunan drastis hingga mencapai 50 persen, lalu naik lagi secara cepat ke posisi normal.

Untuk peralatan elektronik berdaya tinggi berkemungkinan mati. Sedangkan untuk perangkat berdaya rendah biasanya tetap menyala walaupun redup. Kejadian seperti ini bisa dilihat saat komputer tiba-tiba mengalami restart sendiri atau lampu redup.

Penyebab jenis gangguan listrik satu ini karena adanya beban tambahan pada sistem aliran listrik. Misalnya, orang di sekitar rumah Anda sedang menyalakan peralatan yang memerlukan daya besar, seperti sound system atau mesin las.

  1. Surge and Spike

Jenis surge and spike merupakan kebalikan dari gangguan brown out. Berkali-kali lipat voltase mengalami kenaikan dari seharusnya, lalu turun kembali dengan cepat. Situasi seperti ini biasanya terjadi saat beban berat pada jaringan listrik berhenti.

Misalnya seperti ketika listrik kembali menyala setelah black out atau padam total. Bisa juga terjadi ketika mematikan peralatan elektronik berdaya besar, seperti mesin las atau sound system.

Apapun jenisnya, gangguan daya tidak akan menghambat aktivitas bila Anda sudah menggunakan genset. Tidak mengherankan bila pemakaian genset sekarang ini bukan hanya di lingkungan tempat kerja saja, tapi juga rumah.

Apalagi bila kegiatan yang dilakukan sehari-hari berkaitan erat dengan pemakaian perangkat listrik. Ada banyak jenis genset yang dapat dipakai untuk mengatasi permasalahan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan agar jenis gangguan listrik apapun itu bisa dicegah.

Kami merupakan distributor genset Intergen. Kami menjual berbagai macam genset sesuai dengan kebutuhan anda. Kami juga menjual berbagai macam merek seperti genset MWM, genset Perkins, genset MAN, genset Cummins, genset Mitsubishi, dan genset Lombardini.