Selain mengandalkan PLN, fungsi genset untuk rumah juga tidak kalah penting. Terutama ketika banyak barang elektronik yang tidak boleh mati di rumah Anda. Genset bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut. Di Indonesia, tersedia berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini.

Bahkan di era seperti sekarang, yang mana Anda bisa bekerja dari rumah. Listrik padam karena PLN bermasalah tentu akan menjadi gangguan yang besar. Itulah alasan menggunakan generator set perlu Anda pertimbangkan.

Genset sendiri merupakan kependekan dari generator set. Ini merupakan alat yang berfungsi untuk membangkitkan listrik dengan menggunakan mesin penggerak. Nantinya, fungsi utama dari alat ini adalah sebagai sumber daya listrik.

Apa Saja Fungsi Genset untuk Rumah

Jika Anda sering mengeluhkan masalah listrik yang sering mengalami gangguan. Menggunakan generator bisa menjadi salah satu solusi. Setidaknya, dengan penggunaan generator maka Anda akan memiliki sumber daya listrik cadangan. Beberapa fungsi dari genset tersebut antara lain adalah:

  1. Andalan dalam Kondisi Darurat

Daya listrik memang memiliki peranan yang cukup penting. Contohnya, jika Anda adalah orang yang menggunakan rumah sebagai kantor, tentu tidak mungkin produktivitas Anda terkendala karena listrik PLN mengalami gangguan. 

Dengan menggunakan genset,maka sebenarnya hal itu bisa teratasi. Genset akan menjadi jawaban ketika aliran listrik dari PLN terputus. Ini merupakan salah satu fungsi genset untuk rumah yang utama.

Dalam kondisi darurat seperti banjir misalnya. Biasanya PLN akan memutus aliran listrik untuk keamanan. Dalam kondisi ini, penggunaan genset akan lebih optimal. Setidaknya, beberapa perangkat elektronik masih tetap menyala.

  1. Ketangguhan Mesin

Saat ini, fungsi genset untuk rumah juga lebih optimal. Dahulu genset selalu bermasalah karena mengeluarkan suara berisik dan asap pekat. Maka hal tersebut sudah tidak akan Anda temukan lagi sekarang. 

Perkembangan teknologi genset sudah banyak menghasilkan mesin yang kedap suara. Selain teknologi pembuangan genset juga sudah lebih baik. Anda juga akan terhindar dari asap pekat hasil pembakaran dari mesin genset.

  1. Support System saat di Rumah ada Acara

Jika Anda sering mengadakan acara di rumah, maka menggunakan genset bisa menjadi pertimbangan. Terutama ketika acara tersebut membutuhkan listrik dengan daya besar. Penggunaan generator set bisa menyediakan daya listrik yang cukup.

Selain itu, fungsi genset untuk rumah juga akan sangat berguna untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar. Tentu tidak mungkin acara yang sudah Anda rencanakan menjadi batal karena listrik terganggu atau mengalami masalah.

  1. Hemat Biaya

Saat ini sendiri teknologi generator sudah semakin maju. Jika dahulu genset menggunakan bahan bakar minyak, maka saat ini sudah banyak generator yang menggunakan bahan bakar gas. 

Selain lebih ramah terhadap lingkungan, penggunaan bahan bakar gas ini juga dinilai lebih hemat dari segi biaya. Fungsi genset untuk rumah juga akan lebih optimal dengan pengaturan bahan bakar yang baik.

Manfaat Penting Genset untuk Aliran Listrik

Satu masalah dari listrik PLN adalah alirannya yang tidak stabil. Beberapa perangkat elektronik bisa rusak ketika terus mendapatkan aliran seperti itu. Dalam beberapa kasus, masalah ini bisa ditangani dengan penggunaan stabilizer. 

Hanya saja, dalam kondisi yang parah maka stabilizer juga mungkin sudah tidak bisa Anda andalkan. Dalam kondisi ini, maka penggunaan generator set akan lebih bisa Anda andalkan. 

Aliran listrik akan jauh lebih stabil dari pada PLN. Output dari generator akan menghasilkan nilai daya yang tetap. Hal ini menjadi cara untuk membuat perangkat elektronik menjadi tahan lama.

Aliran listrik PLN memang mudah didapatkan. Namun dengan melihat beberapa contoh di atas sepertinya penggunaan generator juga diperlukan. Fungsi genset untuk rumah menjadi penting, terutama untuk menjaga kualitas dari banyak perangkat elektronik.

Agar terhindar dari gelap karena listrik padam, Anda bisa mendapatkan genset terbaik di PT. Interjaya Suryamegah. Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menjual berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.