Saat listrik padam, genset menjadi solusi namun problem penggunaan genset perlu diketahui dan dipahami. Karena kebanyakan hanya sering memakainya saja tanpa peduli problem atau masalah apa yang dialami.

Sebagai pelaku bisnis, pelaku kesehatan, sekolah, kantor, mall, dan lainnya pastinya sedia genset untuk berjaga – jaga ketika keadaan darurat. Sebagai pengganti daya pastinya hal tersebut sangat penting.

Pada kenyataannya masih banyak pemilik mesin genset kurang paham mengatasi konslet. Hal tersebut tidak dipungkiri, karena pada kenyataannya genset sering mati, atau bahkan konslet hingga rusak.

Problem penggunaan genset inilah menjadi penghambat pelaku industri dan sektor – sektor penting lainnya dalam melakukan tugasnya. Jadi kami akan menjabarkan apa saja masalah yang sering terjadi pada generator set.

Agar semua bisa dan paham solusi dari masalah tersebut. Perlu diingat bahwa ada beberapa jenis genset, ada yang manual dan ada juga yang langsung tersambung. Jadi ketika listrik mati maka genset otomatis menyala.

Genset akan beroperasi kira – kira 8 jam untuk daya tertentu. Dan itu tergantung pada daya masing – masing. Mari simak beberapa masalah yang dialami ketika penggunaan genset di bawah ini.

Perhatikan daya maksimum dan pengisian bahan bakar. Agar tidak konslet ketika sedang dibutuhkan. Dan ada beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui, generator set diperuntukkan keadaan emergency.

Penyebab Problem Penggunaan Genset

Sebagai pemilik genset atau berencana memiliki genset, Anda perlu mengetahui penyebab masalah sering timbul. Jadi hindari kegiatan yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin generator set.

  1. Mesin terlalu panas

Dalam kinerja generator set, ada batas maksimal yang dapat dilakukan mesin tersebut. maka jangan terlalu lama digunakan akan terjadi kebakaran dan berpengaruh pada mesin pendinginnya.

  1. Genset masuk angin

Arus yang berlebihan membuat emergency genset mendadak mati, kembali lagi hal tersebut disebabkan akibat terlalu lama digunakan sehingga injeksi kemasukan udara. Menghambat kinerja genset.

  1. Kurang perawatan

Pentingnya perawatan mengurangi problem penggunaan genset. Kurangnya pengecekan tangki menghambat pasokan bahan bakar sehingga mesin tidak maksimal dalam bekerja. Komponen lainnya seperti filter, injector dan lainnya.

  1. Lupa tidak memanaskan mesin

Walaupun jarang digunakan namun hal ini bisa Anda lakukan, karena akan memicu air accu terisi. Dan pelumas yang melumasi mesin akan kembali ke tangki. Mesin akan terawat jika hal tersebut rutin dilakukan.

  1. Total checking

Anda dapat lakukan kegiatan tersebut paling tidak 1 minggu 3 kali. Yang harus diperiksa adalah tangki, injekstornya, kemudian komponen seperti kebel sambungan, bahan bakar, accu.

Solusi Problem Penggunaan Genset Berikut

Mesin seperti manusia, jika tidak sering digunakan maka akan tidak baik. Hal tersebut juga sama terjadi pada generator set. Yang mana digunakan saat pemadaman listrik atau keadaan darurat lainnya.

Solusi problem penggunaan genset sebenarnya mudah, yaitu dengan cara memerhatikannya. Kegiatan perawatan serta check up mesin berguna bagi kesehatan mesin dan dapat mencegah kerusakan.

Ketika dibutuhkan mesin genset diharapkan dapat maksimal dalam kinerjanya, namun ada yang lalai, seperti terus menerus menggunakannya selama lebih dari 8 jam. Mesin perlu istirahat beberapa saat agar kembali maksimal.

Banyak problem penggunaan genset yang biasanya disebabkan akibat kurangnya pengecekan tangki bahan bakar sebagai pemasok dan pelumas mesin, atau bakan ada sambungan yang terputus sehingga tidak bisa digunakan.

Bagi sebagian orang hal ini diabaikan, dalam memanaskan mesin cukup dilakukan 5 menit per 2 hari sekali. Jadi mesin mengalami siklus yang baik sehingga tidak ada penyumbatan. Untuk itu lakukan pengecekan rutin serta perawatan maksimal.

Perlu diingat juga pahami setiap mesin genset yang Anda miliki, berapa besar watt nya serta berapa lama maksimal yang harus diperlukan ketika keadaan darurat. Jadi berbagai problem penggunaan genset juga ada solusinya. 

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah jual berbagai macam genset murah berkualitas dan bergaransi seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami