Cara mematikan genset dan menghidupkannya merupakan sesuatu hal yang penting untuk dipelajari. Hal ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika Anda melakukannya tanpa pengetahuan, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Akhirnya, ini bisa merugikan semua pihak.

Memang tidak ada hal yang spesial untuk mematikan genset. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui terkait dengan penggunaan genset. Jika hal ini dipahami dengan baik, maka genset yang Anda miliki bisa bekerja dengan lebih optimal dan awet / tidak cepat rusak.

Cara untuk Mematikan Genset Dengan Baik dan Benar

Setelah selesai menggunakan genset, Anda harus mematikannya dengan baik. Bagaimana cara mematikannya? Simak beberapa langkah mudah berikut ini.

  1. Jangan langsung mematikan usai menggunakannya

    Cara mematikan genset yang baik adalah tidak langsung mematikan setelah Anda menggunakannya. Ini merupakan teknik penggunaan genset yang baik dan dianjurkan. Jika langsung mematikannya, kemungkinan ada komponen-komponen di dalam genset yang akan rusak.
  2. Pastikan komponen listrik sudah tidak tersambung

    Langkah selanjutnya, Anda harus memastikan bahwa semua komponen listrik dengan genset sudah tidak tersambung lagi. Ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian.

    Jangan sampai lengah ketika memeriksa hal ini. Jika beberapa komponen masih tersambung, maka komponen di dalam genset pun bisa mengalami kerusakan. Jadi, selalu pastikan semua komponen listrik yang tersambung dengan genset benar-benar telah dicopot.
  3. Matikan dengan prosedur yang tepat

    Kedua langkah di atas merupakan prosedur yang paling tepat dalam mematikan genset. Jika Anda menjalankannya dengan baik, maka genset akan bisa digunakan dengan lebih optimal. Genset pun bisa digunakan dengan lebih awet.
  4. Simpanlah di tempat yang aman

    Langkah terakhir yang paling penting untuk diperhatikan adalah meletakkan genset yang telah dimatikan di tempat yang aman. Jangan meletakkan genset di tempat yang begitu terbuka dan mudah dijangkau anak-anak. Dengan meletakkannya di tempat aman, komponen di dalam genset pun akan lebih terjaga keamanannya.

Pastikan semua prosedur dalam mematikan genset telah dilakukan dengan optimal. Jangan ragu untuk meminta pengawasan jika Anda masih ragu-ragu karena masih terbilang baru dalam mengoperasikan genset.

Hal-hal Penting Sebelum Mematikan Genset

Cara mematikan genset di atas memang sangat penting dipelajari. Selain itu, Anda juga harus paham beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum mematikan genset. Dengan memperhatikan beberapa hal berikut, Anda akan terhindar dari bahaya-bahaya yang mungkin bisa terjadi.

  • Bahaya karbon monoksida

Merupakan pembuangan sisa bahan bakar dari genset. Seperti yang Anda ketahui, kandungan gas ini memang beracun. Gas ini tidak bisa Anda lihat dan tidak bisa Anda cium. Namun demikian, menghirup gas ini memang sangat berbahaya. Maka, sebisa mungkin operasikanlah genset dengan baik.

Operasikan genset di luar ruangan. Jangan menggunakan benda ini dalam rumah, garasi, atau bahkan ruang bawah tanah. Pastikan Anda tidak mengoperasikannya di dekat jendela. Jika tidak sengaja menghirup gas monoksida, segeralah keluar untuk menghirup udara segar.

  • Sengatan listrik

Cara mematikan genset agar terhindar dari sengatan listrik bisa dilakukan melalui beberapa cara. Jangan menggunakan genset dalam keadaan tangan yang basah. Periksa semua komponen listrik  dan pastikanlah semua komponen bisa bekerja dengan baik.

  • Bahaya kebakaran dan terbakar

Penggunaan genset yang tidak pas juga bisa menyebabkan bahaya kebakaran. Maka, jangan pernah meletakkan generator di dekat benda yang mudah terbakar. Jauhkan benda yang mudah terbakar seperti kayu, kain, atau pun kertas dari tempat penyimpanan atau pengoperasian generator.

  • Pengisian bahan bakar dengan hati-hati

Ini merupakan hal yang kadang disepelekan. Pengisian bahan bakar untuk mengisi genset harus dilakukan dengan penuh hati-hati. Jangan pernah mengisi bahan bakar ketika genset sedang beroperasi. Ini memungkinkan terjadinya kebakaran.

Ketika Anda melakukan pengisian bahan bakar, lakukanlah di luar ruangan. Jangan pernah merokok ketika sedang melakukan pengisian bahan bakar genset. Terakhir, isilah bahan bakar secukupnya dan tidak sampai berlebihan.

Sudah jelas bukan? Cara mematikan maupun menghidupkan harus diperhatikan dengan baik. Begitu pula dengan beberapa hal penting di atas harus diperhatikan agar setiap orang tidak ceroboh dalam menggunakan genset. Pastikan cara mematikan genset dan beberapa hal penting di atas telah dipahami dengan baik dan hati-hati.

Jika anda membutuhkan genset, kami menjual genset Intergen yang sudah dipercayai kualitas dan mutunya.