Jika Anda berencana membeli genset maka ketahui dulu jenis dan macam genset yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya seperti daya kekuatan yang Anda butuhkan karena generator jual dengan output daya yang diukur dalam watt. Jadi sebelumnya Anda perlu menghitung watt total yang Anda butuhkan.

Anda perlu melebihkan sedikit daya genset dari total yang Anda butuhkan pada peralatan Anda untuk berjaga-jaga jika membutuhkan pemasangan alat elektronik lainnya sewaktu-waktu. Jangan lupa pula untuk memilih jenis generator yang sesuai misalnya seperti tipe portable, home stand by generator hingga generator inverter.

Memang generator portable lebih disukai karena memiliki harga yang cenderung lebih murah atau lebih terjangkau. Namun generator portable biasanya juga menghasilkan gas karbon monoksida yang jauh lebih banyak sehingga Anda pun harus lebih berhati-hati dan menghindari ruangan tertutup saat memakainya.

Selain mengetahui jenis generator yang sesuai maka Anda perlu mengetahui pula jenis atau macam-macam genset. Karena jenis dan macam genset cukup variatif serta memiliki fitur-fitur yang berbeda. Sehingga bisa Anda sesuaikan dengan kepentingan Anda saat menggunakan genset itu sendiri.

  1. Genset Turbin

Genset turbin sendiri adalah salah satu genset yang menggunakan penggerak turbin yang mana akan digerakkan dengan berbagai sumber daya yang ada. Misalnya seperti type genset turbin air yang menggunakan sumber daya penggerak yaitu air. Ada pula genset turbin angin dengan sumber penggerak yaitu angin.

Hingga genset turbin uap yang menggunakan sumber daya penggerak uap dan beragam genset jenis turbin lainnya. Sehingga lebih baik Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah untuk keperluan perusahaan atau kebutuhan pribadi. Lalu apakah genset turbin lebih menguntungkan untuk Anda atau sebaliknya.

  • Genset Tenaga Surya

Ada pula genset tenaga surya yang merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan energi dari sinar matahari. Sejenis ini adalah jenis genset terbaru Karena sangat ramah lingkungan dan tidak merugikan. Bahkan genset tenaga surya juga sudah ada dalam bentuk portable namun ada pula yang masih berukuran besar.

Genset tenaga surya ini akan tersambung secara otomatis dengan panel surya untuk menangkap energi dari panas matahari. Sehingga ketika cuaca panas maka energi akan tersimpan pada genset dan siap digunakan. Yang sejenis ini bisa digunakan untuk kebutuhan perusahaan ataupun pribadi karena sangat simple.

  • Genset dengan Bahan Bakar Gas

Selain jenis dan macam genset yang menggunakan sumber daya alam secara langsung ada pula genset dengan bahan bakar gas. Genset dengan bahan bakar gas yang satu ini bisa menggunakan LPG yaitu singkatan dari liquified petroleum gas. Bisa juga menggunakan compressed natural gas atau disingkat CNG.

CNG adalah pengganti alternatif terbaru dari bahan bakar gas LPG sehingga bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau. Seperti yang Anda tahu cng adalah gas yang terbuat dari kotoran hewan sehingga membuat Anda hanya membutuhkan anggaran lebih sedikit dibanding bahan bakar gas LPG.

  • Genset dengan Bahan Bakar Bensin

Ada pula genset dengan bahan bakar bensin. Genset jenis ini bisa menghasilkan daya yang kecil tidak seperti genset diesel. Bahkan genset dengan bahan bakar bensin juga berbentuk portable dan mudah untuk dibawa kemanapun sehingga sangat disarankan untuk penggunaan pribadi.

Jadi jika ditinjau dari segi kegunaannya maka genset dengan bahan bakar bensin ini biasanya memang digunakan untuk lingkup yang lebih kecil. Terutama untuk keperluan rumah tangga ataupun kantor yang memiliki ruang kerja kecil. Tak heran jika genset dengan bahan bakar bensin sangat sering Anda temui.

  • Genset dengan Bahan Bakar Diesel

Jenis dan macam genset lainnya adalah yang bersumber dari bahan bakar diesel. Genset dengan jenis ini biasanya adalah genset yang bisa dikatakan favorit banyak orang karena memiliki kelas dengan daya watt yang kecil hingga besar. Selain itu genset dengan bahan bakar diesel juga memiliki banyak sekali tipe.

Hal tersebut karena banyak orang yang beranggapan bahwa mesin diesel merupakan salah satu mesin yang mudah dalam perawatannya bahkan juga lebih hemat. bahan bakar diesel pun hingga saat ini tetap menjadi energi alternatif yang menggunakan energi biodiesel dengan banyak varian.

Ciri sebelum melakukan pembelian genset memang banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Apalagi masing-masing genset juga memakai bahan bakar yang berbeda jadi lebih baik beli lagian saya dengan bahan bakar yang mudah didapatkan. Dari uraian jenis dan macam genset di atas bisa membuat Anda mendapatkan genset yang tepat.

Sebagai distributor genset, kami menjual genset yang sudah dipercayai kualitas dan mutunya.