Apakah Anda pernah mendengar tentang panel ATS dan rangkaian panel ATS untuk melengkapi instalasi genset? ATS adalah singkatan dari Automatic Transfer Switch, dan sederhananya, panel ATS merupakan alat yang dapat memindahkan atau mengalihkan arus listrik dari PLN ke genset secara otomatis ketika terjadi pemadaman oleh PLN sebagai main electric source.

Apa itu Panel ATS?

Rangkaian kontrol panel ATS adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memindahkan sumber listrik satu dengan sumber listrik lainnya secara otomatis. Secara sederhana Panel ATS merupakan sebuah sistem yang dirangkai agar sebuah mesin bekerja secara otomatis tanpa bantuan manusia.

Mengenal Panel ATS Definisi Fungsi dan Cara Kerjanya
Sumber : https://www.freepik.com/

Umumnya, panel ATS terdapat di gedung-gedung besar, perkantoran, kawasan industri hingga rumah sakit. Biasanya, orang awam tidak memahami apa itu panel ATS, fungsi dan cara kerjanya. Jadi perlu teknisi ahli yang siaga jika terjadi pemadaman listrik dari PLN ke suatu tempat seperti rumah sakit, yang mana membutuhkan suplai listrik yang stabil untuk menjalankan aktivitas terlebih lagi menyangkut nyawa seseorang.

Jika hal itu tidak berjalan semestinya, maka bisa terlihat apa saja kerugian yang dihasilkan akibat matinya daya listrik dan menghentikan aktivitas rumah sakit yang memang tidak boleh adanya pemadaman.

Memahami Rangkaian Kontrol Panel ATS

Diketahui sebelumnya bahwa panel ATS digunakan untuk mengalihkan arus listrik secara cepat agar tidak terjadi pemadaman sewaktu beraktivitas. Arus listrik dari PLN akan dialirkan ke genset di mana satu wadah jadi penghubungnya. Dan berikut adalah sejumlah komponen penting yang terdapat pada panel ATS.

1. Panel Indikator

Selalu ada indikator pada bagian komponen panel ATS yang berfungsi untuk mengetahui besarnya kekuatan arus listrik dari PLN dan tempat kerja. Jika arus lemah atau terlalu kuat, ATS dapat memberhentikan arus listrik secara otomatis dan mengalirkannya ke genset.

Indikator pada panel ATS juga diperlukan untuk memantau apakah sambungan arus listrik dari PLN atau genset sudah terhubung, yang jika mengalami kendala, maka indikatornya tidak bergerak.

2. Kunci Switch

Tombol kunci switch ini berfungsi untuk mengalihkan kinerja panel ATS pada genset, yang mana bisa diatur menjadi otomatis atau manual tergantung kebutuhan.

3. Komponen di dalam ATS

Komponen di dalam panel ATS bisa meliputi kabel, alat untuk mengukur jarak waktu pengaktifan genset ketika listrik padam dan lainnya yang perlu dirawat secara rutin.

Akan tetapi untuk memahami tentang panel ATS, Anda tidak perlu mempelajari semua komponennya. Anda hanya perlu mengetahui komponen penting seperti pengaman jalur genset, pengaman jalur kabel power, serta kabel output dan input.

4. Baterai Cadangan

Sesuai namanya, komponen ini menjadi daya cadangan pada baterai genset. Misalnya saat genset sudah cukup lama tidak aktif, maka baterainya akan terisi secara otomatis dari panel ATS dan siaga untuk kondisi tertentu agar tidak mengakibatkan kerugian.

5. Tombol Darurat

Selalu ada tombol darurat yang terletak pada bagian depan panel ATS, yang mana berfungsi untuk mematikan seluruh komponen ATS jika terjadi masalah. Singkatnya, tombol ini membuat Anda lebih mudah mematikan arus listrik tanpa harus membuka panel dan mematikan pengaman.

Manfaat-Kontrol-Panel-ATS
Sumber : https://www.freepik.com/

Manfaat Kontrol Panel ATS

Setelah membahas definisi hingga rangkaiannya, pasti Anda bertanya-tanya tentang apa sebenarnya manfaat dari kontrol panel ATS. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kontrol panel ATS dapat difungsikan sebagai pengganti listrik utama jika terjadi pemadaman.

Manfaat utamanya adalah dengan kontrol panel ATS genset, maka Anda dapat membuat genset nyala secara otomatis ketika listrik padam. Hal itu membuat aktivitas Anda tidak terganggu dan menghindari kerugian lebih besar saat terjadi pemadaman listrik kapanpun.

Selain itu, keuntungan memiliki kontrol panel ATS adalah bisa diatur secara otomatis dan manual sesuai kebutuhan.

Baca juga: 4 Sparepart Genset yang Harus Diperhatikan untuk Segala Kondisi

Cara Kerja Rangkaian Kontrol Panel ATS

Salah satu pembahasan yang menarik dari panel ATS adalah cara kerja rangkaiannya. Dan bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah gambaran tentang bagaimana genset dapat bekerja otomatis ketika terjadi pemadaman.

  1. Anda perlu memastikan pengaturan pada panel ATS dalam kondisi otomatis agar sistem dapat langsung bekerja ketika dibutuhkan.
  2. Setelah panel ATS aktif, komponen akan memerintahkan genset untuk menyala otomatis namun bukan ATS, melainkan modul AMF yang memang menyatu dengan bagian genset.
  3. Setelahnya, ATS mengirimkan sinyal ke AMF untuk aktif sehingga ketika terjadi pemadaman listrik, genset akan menyala secara otomatis.

Apa Bedanya ATS dan ATS-AMF?

Agar genset beroperasi dengan baik, dibutuhkan panel yang menjadi kontrol penting. Desain dari panel-panel tersebut dapat difungsikan berjalan secara otomatis dan manual.

Umumnya, ada 2 (dua) jenis panel pada genset, yaitu ATS (Automatic Transfer Switch) dan AMF (Automatic Main Failure) yang memiliki fungsi masing-masing. Lalu apa perbedaan antara ATS dan ATS-AMF?

1. ATS

Panel ATS adalah rangkaian listrik yang berfungsi sebagai saklar yang beroperasi secara otomatis, yang dapat mengendalikan dua sumber aliran listrik saat terjadi pemadaman secara mendadak dan mengalirkannya ke genset. Panel ini biasanya digunakan untuk kantor dan pabrik.

2. ATS-AMF

ATS-AMF adalah rangkaian panel elektrik yang dapat bekerja secara otomatis untuk menyalakan dan mematikan listrik. Konsepnya sendiri adalah saat aliran listrik PLN terputus, maka panel AMF dapat menghidupkan genset secara otomatis. Sedangkan jika listrik dari PLN kembali menyala, maka genset akan otomatis mati.

Baca selengkapnya: Mengenal Panel AMF: Definisi, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Siapa Saja yang Membutuhkan Genset Otomatis?

genset intergen

Listrik adalah salah satu sumber daya yang sangat penting untuk aktivitas sehari-hari, misalnya untuk operasional pekerjaan di kantor, rumah sakit dan masih banyak lagi. Dan mengingat pentingnya listrik, maka sangat disarankan memiliki genset yang dapat menyala otomatis.

Terlebih lagi genset otomatis akan sangat berguna untuk sejumlah sektor maupun usaha hingga aktivitas produksi. Jadi bisa dipastikan bahwa genset otomatis sebaiknya memang dimiliki oleh setiap aktivitas yang sifatnya pekerjaan, fasilitas dan layanan publik. 

Baca juga: Pengetahuan Dasar Genset yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menjual berbagai macam genset seperti Genset MWMMANPerkinsCumminsMitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.