Dalam dunia yang semakin membutuhkan listrik yang stabil, penting untuk mengetahui tentang beragam jenis jenis genset. Genset adalah solusi penting untuk situasi darurat, operasional yang lancar, atau pasokan listrik di tempat sulit. Ada banyak pilihan, seperti genset diesel, bensin, gas alam, yang cocok untuk berbagai keperluan. Artikel ini akan membantu Anda memahami jenis genset yang berbeda, apa keunikan masing-masing, dan cara memilih yang sesuai dengan Anda.

1. Genset Bensin

genset merah bahan bakar bensin
Sumber: istockphoto.com

Jenis genset yang pertama adalah genset bensin, yang mana genset ini biasanya ukuran fisiknya kecil. Genset bahan bakar bensin sendiri menjadi salah satu genset yang umum digunakan untuk keperluan rumah tangga dan pelaku bisnis. Kapasitas yang dimiliki oleh genset bensin ini rata-rata sebesar 1000 watt. 

2. Genset Diesel

Genset Merah
Source : https://www.freepik.com/

Berikutnya adalah genset diesel. Genset ini memiliki ukuran yang besar dan termasuk genset yang paling umum digunakan. Bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin genset ini tentunya adalah solar. Karena memakai solar, genset diesel ini bisa menghasilkan energi listrik sebesar 5000 watt atau 5 kw hingga 2.000.000 watt.

Baca juga: Cara Mengurangi Konsumsi Generator Diesel dengan Tepat

3. Genset Gas

genset bahan bakar lpg
Sumber: istockphoto.com

Genset gas memanfaatkan media gas sebagai bahan bakarnya. Biasanya yang digunakan LPG atau Liquid Petroleum Gas. Namun, ada pula yang menggunakan gas jenis CNG (Compressed Natural Gas). Harga genset jenis ini sebenarnya cenderung mahal dan tidak terlalu banyak di pasaran. Akan tetapi, genset gas memiliki kualitas yang baik dibanding dengan genset bensin.

4. Genset Propana

genset propana
Sumber: istockphoto.com

Jenis genset berikutnya adalah genset berbahan bakar propana. Propana adalah gas, dan termasuk bagian dari LPG. Genset dengan jenis ini memakai mesin Cummins, Weifang Ricardo. Genset dengan bakar propana memiliki kualitas yang tinggi dibandingkan dengan genset LPG. Sistem kontrol yang diterapkan dengan mengadopsi pengontrol otomatis PLC membuat genset ini umum dijumpai di sekolah, rumah sakit, ladang minyak dan lain sebagainya, dengan daya 24 jam tanpa memiliki gangguan daya.

5. Genset Tenaga Surya

genset bahan bakar solar
Sumber: depositphotos.com

Genset tenaga surya atau solar generator set ini mengandalkan energi yang berasal dari sinar matahari untuk pengoperasiannya. Genset tenaga surya ini memiliki suara yang yang tidak berisik dan mudah untuk instalasi. Dengan mengoperasikan genset tenaga surya Anda dapat meminimalisir tagihan listrik.

6. Genset Hibrida

genset hybrid
Sumber: cummins.com

Genset yang selanjutnya adalah genset hibrida. Seperti namanya, genset hibrida beroperasi menggunakan lebih dari satu sumber bahan bakar. Diantaranya, manfaat penggunaan genset hibrida ini adalah sebagai siasat menghemat bbm solar dan mengurangi beban kerja genset. Pengaplikasian genset hibrida ini cukup umum dijumpai dengan menggunakan bahan bakar bensin dan tenaga surya. Gambar di atas merupakan genset hibrida yang memakai mesin dari pabrikan Cummins.

7. Genset Portable

genset portable
Source: https://www.nytimes.com/

Genset portable merupakan genset yang dapat dibawa dan dipindahkan dengan mudah karena ukurannya yang kecil. Karena genset portable dapat dengan mudah dipindahkan dan dibawa, genset ini sering dipakai untuk keperluan outdoor seperti piknik dan lain sebagainya.

8. Genset Turbin

genset turbin
Sumber: pixabay.com

Genset turbin memiliki kapasitas yang paling besar dibanding dengan jenis genset lainnya. Genset jenis turbin ini memiliki kapasitas terbesar yakni dua juta watt. Dengan adanya kapasitas sebesar ini genset turbin mampu menerangi kota kecil dan bisa beroperasi untuk beberapa tempat sekaligus seperti rumah sakit dan gedung.

9. Genset Standby

genset silent di dalam ruangan
Sumber: istockphoto.com

Berbeda dari genset konvensional yang memerlukan waktu 5-10 detik untuk beroperasi saat listrik padam, genset model standby mampu menyala seketika saat terjadi pemadaman listrik. Genset standby ini umumnya memiliki desain lebih ringkas sehingga tidak memerlukan ruang penyimpanan yang luas. Namun, perlu diperhatikan bahwa jenis genset standby cenderung memiliki harga yang lebih tinggi.

10. Genset Silent

box rangka peredam suara genset
Source: free3d.com

Genset silent atau yang disebut juga sebagai genset “hening” didesain dengan meminimalisir suara yang ditimbulkan dari mesin. Genset model ini terletak dalam kotak tertutup yang dilengkapi dengan peredam suara dan bahan penyerap suara untuk mereduksi kebisingan saat genset menyala.

Bagaimana Genset Bekerja

Genset bekerja berdasarkan prinsip dasar konversi energi mekanik menjadi energi listrik. Sistem genset terdiri dari mesin pembakar internal yang dapat berjalan dengan bahan bakar seperti bensin, diesel, atau gas alam. Mesin ini menggerakkan sebuah generator, yang merupakan perangkat elektromagnetik, untuk menghasilkan arus listrik melalui prinsip induksi elektromagnetik. Proses ini melibatkan perputaran rotor di dalam medan magnet stator, yang menghasilkan perbedaan potensial dan akhirnya menghasilkan aliran listrik.

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Genset Sesuai Kebutuhan

Adanya informasi mengenai jenis-jenis genset ini sangat diharapkan dapat bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang berminat menggunakan genset. Adapun, plus minus penggunaan jenis masing-masing genset sebaiknya perlu dipertimbangkan dengan matang terlebih dahulu.

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menjual berbagai macam merek genset seperti MWMMANPerkinsCumminsMitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.