Adanya ketergantungan manusia terhadap energi listrik, membuat genset atau generator set diciptakan sebagai inovasi yang mampu beroperasi dengan baik pada kondisi tak terduga. Dalam penggunaannya,  genset hendaknya dioperasikan dengan penuh kehati-hatian untuk menghindari berbagai risiko. Lantas apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakannya, khususnya dalam mengisi ulang bahan bakar genset? Berikut ini adalah sejumlah penjelasannya.

Proses Pengisian Bahan Bakar Genset

Cara mengisi bahan bakar genset

Setiap jenis genset tentunya memiliki bahan bakar yang berbeda, mulai dari bensin, diesel, propana, gas, hingga tenaga surya. Dalam mengisi bahan bakar pada genset, terdapat beberapa langkah yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar. 

Akan tetapi, terlepas dari jenis bahan bakar apa yang digunakan oleh genset Anda. Pembahasan ini akan menghadirkan cara umum yang dapat dilakukan untuk mengisi bahan bakar genset secara baik dan benar.

Berikut adalah cara mengisi genset yang Anda perlu tahu: 

1. Matikan generator

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengisi bahan bakar genset adalah memastikan bahwa generator dalam kondisi mati. Kemudian tunggulah selama 15 menit setelah generator dalam kondisi dingin.

2. Temukanlah tangki bahan bakar

Beberapa jenis genset kemungkinan mempunyai letak tangki bahan bakar yang berbeda. Sehingga, Anda perlu mengetahui di mana letak tangki genset sebelum mulai mengisi bahan bakarnya. 

3. Buka tutup bahan bakar

Buka penutup tangki genset dan siapkan bahan bakarnya. 

4. Isi tangki dengan bahan bakar

Mulailah untuk mengisi tangki bahan bakar setelah membuka tutup bahan bakar, dan memastikan bahan bakar telah terisi.

5. Tutuplah tutup bahan bakar

Pastikan tangki bahan bakar telah Anda tutup dengan benar setelah proses pengisian selesai. 

6. Bersihkan bahan bakar yang tumpah

Jika ada bahan bakar yang tercecer saat pengisian atau tumpah di sekitar genset, pastikan Anda membersihkannya dengan baik sebelum menyalakan mesin genset. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan mesin hingga resiko terbakarnya mesin. 

7. Hidupkan generator

Setelah memastikan penutup tangki tertutup dengan baik dan tidak ada tumpahan bahan bakar pada genset dan di sekitarnya, Anda bisa menghidupkan kembali mesin genset. 

Tips pengisian bahan bakar yang tepat

Proses Isi Ulang Bahan Bakar Genset yang Tepat

Setelah memahami cara mengisi bahan bakar genset dengan baik dan benar, ada baiknya anda memperhatikan sejumlah tips mengenai pengisian bahan bakar. Hal ini dilakukan sebagai optimalisasi dan langkah antisipasi dalam mengatasi berbagai bentuk bahaya.

1. Bahaya melakukan pengisian bahan bakar dengan cara salah

Lantas, bahaya apa yang sebenarnya bisa muncul jika genset tidak diisi dengan benar?  Gearbox sendiri memiliki peran berupa dapat mengubah energi bahan bakar menjadi energi listrik. Prosedur pada generator set ini akan menghasilan energi panas yang harus disalurkan ke udara.

Energi panas yang dihasilkan genset inilah juga dapat menyebabkan bahaya seperti rusaknya perangkat genset, hingga terbakarnya genset. Maka dari itu, memperhatikan langkah pengisian bahan bakar dengan baik dan benar menjadi hal penting yang harus diterapkan.

2. Bahan bakar jangan sampai benar-benar habis

Tips selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengenali level bahan bakar yang dimiliki oleh genset. Hal ini perlu menjadi perhatian, dan jangan sampai Anda  mengisi bahan bakar dalam kondisi  benar-benar habis. Lakukanlah peninjauan terhadap level bahan bakar Anda, guna memastikan bahwa genset masih dapat bekerja dengan baik.

Ketika genset dalam kondisi bahan bakar habis, maka asupan listrik akan padam dan genset dapat mengalami kerusakan. Jadi, sebisa mungkin lakukanlah peninjauan terhadap level bahan bakar.

3. Jangan langsung mengisi genset yang hidup

Mengenali waktu yang tepat untuk mengisi generator set adalah tips yang perlu Anda ketahui berikutnya. Mengisi bahan bakar pada genset dalam kondisi hidup membuat  risiko genset mengalami kerusakan menjadi tinggi.

Maka dari itu, telah meninjau level bahan bakar generator set. Lakukanlah pengisian saat genset dalam keadaan mati. Berikan waktu selama 15 menit sebelum melakukan pengisian bahan bakar, dan genset pun bisa kembali dinyalakan. Ketahui tips pengisian bahan bakar lainnya dalam artikel Berikut Cara Mengetahui Jumlah Konsumsi Bahan Bakar pada Genset.

Jenis genset berdasarkan bahan bakar yang perlu Anda ketahui

Berikut adalah jenis genset berdasarkan bahan bakar yang umum digunakan:

1. Gas alam

Genset ini menggunakan gas alam sebagai bahan bakar utamanya. Mereka umumnya lebih ramah lingkungan dan lebih murah untuk dioperasikan daripada genset diesel. Genset bahan bakar gas alam sering digunakan di lokasi-lokasi yang memiliki akses mudah ke pasokan gas alam.

2. Biofuel

Genset ini menggunakan biofuel, seperti biodiesel atau bioetanol, sebagai bahan bakar utamanya. Mereka merupakan alternatif yang ramah lingkungan karena bahan bakarnya diproduksi dari sumber-sumber terbarukan.

3. Hidrogen

Genset ini menggunakan hidrogen sebagai bahan bakar utamanya. Mereka merupakan teknologi yang sedang berkembang dan dianggap sebagai solusi masa depan karena tidak menghasilkan emisi karbon saat digunakan. Namun, masih terdapat tantangan dalam produksi, penyimpanan, dan distribusi hidrogen yang efisien.

4. Diesel

Genset ini menggunakan diesel sebagai bahan bakar utamanya. Diesel genset biasanya digunakan di tempat-tempat yang memerlukan daya yang besar dan efisiensi tinggi, seperti industri, perumahan, dan bangunan komersial. Mereka sering dipilih karena memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi dan daya tahan yang baik.

5. Bensin

Genset ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar utamanya. Mereka umumnya digunakan di tempat-tempat yang memerlukan daya yang lebih kecil atau sebagai sumber daya cadangan untuk keperluan darurat di rumah atau bangunan komersial kecil.

6. Solar

Genset ini menggunakan solar sebagai bahan bakar utamanya. Mereka sering digunakan di tempat-tempat yang tidak memiliki akses mudah ke pasokan listrik dari jaringan utama dan memerlukan sumber daya cadangan yang handal.

Itulah dia berbagai serba-serbi mengenai pengisian bahan bakar generator set yang perlu diperhatikan dengan baik dan benar. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk melakukan pengisian bahan bakar genset dengan baik.

Apakah Anda Sedang Mencari Genset?

Setelah memahami informasi seputar bahan bakar genset, inilah saatnya untuk mempertimbangkan penggunaan genset demi menjaga stabilitas listrik. PT Interjaya Suryamegah menawarkan berbagai pilihan genset berkualitas dari merek-merek terkemuka yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

HEAD OFFICE
Jl. Rungkut Industri III no. 45 Surabaya 60293 – Indonesia

Phone: +623199850000+6281280000195
Fax: +62 31 9985 1477
Email: support@interjaya.com
Facebook: Interjaya Suryamegah
Instagram: Interjaya Suryamegah
Instagram: Intergen Genset