Bagaimana menghitung penggunaan genset diperlukan. Ini bukan hanya tentang mengetahui berapa banyak konsumsi yang Anda butuhkan. Tapi sebagai bagian dari pengobatan. Banyak faktor yang menyebabkan genset ini boros bahan bakar. 

Hal ini menunjukkan bahwa ada komponen masalah yang perlu ditangani. Jika tidak, itu akan menyebabkan kerusakan serius. Setidaknya, begitulah cara kerja generator. Kerusakannya sulit diprediksi. 

Suatu kasus dapat terdiri dari beberapa komponen yang perlu diselidiki. Kemungkinan besar filter udara genset kotor dan perlu dibersihkan. Apabila terus menerus dibiarkan, kotoran akan menumpuk dan mengakibatkan kerusakan serta kinerja genset yang menurun.

Komponen berikutnya yang menyebabkan konsumsi bahan bakar berlebih adalah sistem injeksi yang bermasalah. Hal ini menyebabkan kecepatan yang berlebihan. Efeknya komponen yang berputar melebihi batas kecepatan aman. Di beberapa kasus, beberapa komponen internal akan saling menghancurkan dan generator akan meledak.

Kerusakan pada sistem injeksi dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mekanisme sistem sudah aus atau kualitas bahan bakar buruk, kotor dan bercampur air. Itulah sebabnya salah satu teknik perawatan genset adalah dengan melakukan pengecekan tangki. Jika sudah seperti ini, segera untuk melakukan perbaikan genset.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Bahan Bakar pada Genset

Sebagai pengguna, Anda harus mengetahui cara menghemat konsumsi bahan bakar genset agar tidak boros. Zaman sekarang tidak sedikit orang-orang telah menyadari bahwa di kehidupan sehari-hari genset begitu penting. Selain itu, listrik sekarang sangat terbatas sehingga untuk tujuan komersial, misalnya, pasokannya jauh lebih sedikit.

Genset ini sebenarnya adalah seperangkat instrumen yang mampu menghasilkan listrik dalam jumlah besar. Ketersediaan suplai ini sebagai alternatif saat listrik di PLN terbatas. Biasanya, alat ini banyak dijumpai pada bisnis, event besar, industri kecil maupun besar yang membutuhkan listrik sebagai sumber tenaga utamanya. 

Mengandalkan PLN untuk energi, terutama bagi operator komersial, tidaklah efektif. Hal ini karena sering hilang yang menyebabkan padam. Jika sering terjadi pemadaman listrik, proses produksi akan terhambat. Akibatnya, konsumen pasti kecewa karena tuntutannya tidak terpenuhi. Oleh karena itu, peran genset sangat signifikan di sini.

Hanya saja saat menggunakan genset perlu memperhatikan konsumsi bahan bakarnya. Alat ini terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki bahan bakar yang berbeda. Ketika terlalu banyak bahan bakar yang digunakan, biayanya bahkan lebih tinggi. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara untuk menghemat konsumsi bahan bakar genset untuk menekan jumlah pengeluaran.

Genset Merah
Source : https://www.freepik.com/

1. Jenis generator

Setidaknya ada empat jenis genset tergantung pada bahan bakar yang digunakan. Diantaranya adalah generator diesel. Seperti namanya, perangkat ini menggunakan oli atau solar. Keuntungannya adalah benar-benar bebas perawatan dan dapat bertahan dalam waktu yang relatif lama. Sehingga awet bertahun-tahun.

2. Isi ulang dengan benar agar fungsi genset maksimal

Pengisian ulang yang tepat adalah faktor penghematan dalam konsumsi bahan bakar genset. Ketika Anda tidak mengisinya dengan benar, Anda dapat membuang banyak bahan bakar. Belum lagi jika tidak benar hanya akan menghasilkan listrik yang sedikit. Sehingga hal tersebut akan terbuang sia-sia. 

Oleh karena itu, cara menghemat konsumsi bahan bakar genset yang efisien adalah dengan mengisi ulang dengan benar. Setidaknya ada beberapa cara untuk mengisi ulangnya, termasuk tidak mengisi ulang saat kehabisan bahan bakar. Ini penting karena dapat dengan mudah merusak perangkat Anda. 

Belum lagi listrik sementara akan padam karena kehabisan bahan bakar. Juga, jangan mengisi ulang saat generator menyala. Karena itu akan menjadi bahaya besar. Pada intinya, penghematan bahan bakar tidak hanya terpaku pada kapasitasnya saja, tetapi juga pada cara pengisiannya. 

Dengan cara ini, Anda dapat secara efektif menerapkan cara-cara menghemat konsumsi bahan bakar genset untuk menghasilkan daya yang maksimal.

Metode Pengukuran Konsumsi Bahan Bakar pada Genset

Bagaimana cara menghitung konsumsi bahan bakar pada Genset? Nah cara menghitung konsumsi bahan bakar pada mesin Genset, jadi Anda perlu menghitungnya. Mudah saja, misalnya beban listrik 10.000 watt atau 10 kW, terus digunakan terus menerus selama 24 jam atau satu hari. Jadi, untuk generator yang digerakkan oleh mesin bensin: 250 x 10 x 24 = 60.000 g/hari = 60 kg/hari. Apabila 0,745 kg/l adalah berat jenis bensin, sehingga jika dijadikan liter 60/0,745 = 80,54 liter/hari

Jadi untuk genset yang digerakkan oleh mesin diesel: 194 x 10 x 24 = 46.560 g/hari = 46,56 kg/hari. Jadi, jika berat jenis solar adalah 0,832 kg/l, maka dalam satuan konsumsi bahan bakar dalam liter adalah: 46,56 / 0,832 = 55,96 liter/hari. Selain itu, dan pastikan Anda memperhatikan satuan daya dengan baik, jika Anda menggunakan satuan KVA, Anda perlu mengalikan faktor daya untuk mendapatkan daya dalam WATTS.

Kami telah menemukan cara cepat untuk mengetahui berapa banyak bahan bakar solar yang dikonsumsi untuk genset, yang akan kami bagikan kepada Anda di bawah ini: 

k = 0.21 (faktor keteguhan konsumsi solar per kilowatt jam)

P = Daya set pembangkit (KVA=KiloVoltAmpere)

t = waktu (jam)

Rumus: 0.21 x P x t

Misalkan: generator Y mempunyai kekuatan 100KVA, dinyalakan selama 1 jam, sehingga berapa banyak solar yang akan dibutuhkan?. Jadi jawabannya adalah: 0,21 x 100 x 1 = 21. Artinya Grup mengonsumsi 21 liter solar per jam. Nah dari perhitungan yang kami jelaskan di atas, semua orang tahu bahwa jika solar yang digunakan pada genset berkapasitas 100 kVA adalah 21 liter solar per jam.

Genset Kuning
Source : https://www.freepik.com/

Strategi Penghematan Bahan Bakar pada Genset

Sebelum Anda mengetahui cara menghitung penggunaan solar generator. Kami akan memberikan beberapa tips tentang cara menghemat bahan bakar di genset. Yang utama adalah perawatan yang Anda lakukan pada genset itu sendiri. Hal ini sangat penting untuk diingat, karena kerusakan dapat terjadi jika tidak dirawat dengan baik. Misalnya, saat Anda menggunakan alat ini dan mengabaikan pengisian daya yang disarankan. Generator akan beroperasi melebihi kapasitasnya. 

Keadaan ini juga menyebabkan konsumsi bahan bakar yang tinggi sesuai dengan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin. Itu juga bisa dimatikan saat tidak digunakan. Saat genset menyala, posisinya pada beban rendah atau diam. Dalam keadaan ini bahan bakar akan dikurangi menjadi 20% dari kebutuhan. 

Selain itu, pada posisi ini kinerja AVR dalam stabilisasi tegangan juga sangat berat. Tidak apa-apa untuk memanaskannya kembali setiap hari. Namun, kami menyarankan untuk tidak berlebihan. Minimal 5 menit maksimal 10 menit setiap 3 hari sudah cukup. 

Cara menghitung konsumsi solar selanjutnya adalah dengan mengecek kualitas bahan bakarnya. Harga yang Anda keluarkan harus sebanding dengan kualitasnya, karena akan memberikan efek yang berbeda di kemudian hari.

Kualitas BBM yang Disarankan

Menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi adalah penting. Hindari penggunaan campuran solar dan minyak tanah. Perlu dicatat bahwa campuran apapun dapat menyebabkan kerusakan pada generator. Bukan hanya satu atau dua, bahkan hampir semua orang bisa menjadi jahat karena kebingungan ini. 

Hal yang bisa dilakukan adalah mengeringkannya terlebih dahulu. Jangan langsung masuk BBM baru. Ini sangat berguna, karena Anda tidak pernah tahu berapa banyak udara dan kelembaban yang masuk ke dalam tangki. Saat membersihkan, minimalkan pencampuran berbagai bahan.

Jadi, setelah membeli bahan bakar, tidak ada salahnya menggunakan alat khusus untuk menguji kemurniannya. Anda dapat menggunakan nomor cetane atau apa pun. Memang dibutuhkan dana yang cukup besar untuk membelinya. Namun, efek kedepannya cukup baik untuk genset dan seluruh komponen internal.

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menjual berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.