Jika Anda punya uang lebih, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk berpindah ke sistem genset sebagai cadangan di rumah, ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk bagi Anda, tidak terkecuali apabila kamu tinggal di sebuah apartemen.

Tinggal di Jakarta, telah banyak melihat kejadian tak terduga seperti banjir serta banyak kejadian pemadaman listrik, bisa karena hujan yang berlangsung dalam beberapa hari.

Kegiatan pemadaman listrik memang sebuah kejadian buruk karena banyak barang elektronik yang membutuhkan daya listrik jika kehabisan daya saat Anda membutuhkannya. Jadi mulailah untuk memikirkan bagaimana jika suatu saat tiba-tiba terjadi pemadaman listrik di tempat Anda tinggali. Dibanding Anda mengalami kepanikan dan kecemasan apabila terjadi pemadaman listrik, lebih baik Anda membeli atau menyewa genset untuk tempat tinggal Anda.

Manfaat Penggunaan Genset Terpercaya Untuk Apartemen

Genset handal yang digunakan untuk kebutuhan apartemen tentunya akan memberikan keuntungan lebih. Apalagi masyarakat modern saat ini lebih memilih tinggal di perumahan yang berkualitas, khususnya apartemen. 

Hunian seperti ini menjadi favorit karena menawarkan pelayanan terbaik dan tidak rentan terhadap kebisingan. Beberapa pengelola apartemen juga memberikan layanan berupa genset yang handal bagi penghuninya. Apa manfaatnya? Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menunjang kenyamanan penghuni apartemen

Di dalam apartemen sendiri tentunya tersedia banyak sistem kelistrikan, mulai dari AC, kulkas, televisi, dll. Ketersediaan peralatan ini harus dapat didukung oleh genset yang baik. Mengapa? Karena jika listrik terlalu sering padam, tanpa genset cadangan, kualitas sistem kelistrikan di apartemen juga akan menurun.

Listrik Padam
Source : https://www.freepik.com/

2. Terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh aliran listrik yang padam

Tidak dapat dipungkiri bahwa pemadaman listrik, bahkan ketidakstabilan arus listrik, berpotensi memicu masalah yang signifikan dalam skala yang lebih besar. Apalagi jika penghuni di apartemen itu banyak. 

Operator tentunya harus lebih berupaya jika terjadi banyak kerusakan listrik akibat pemadaman listrik. Namun, dengan generator yang andal, hal ini dapat diminimalisir dengan baik.

3. Tersedia dengan beragam pilihan

Tidak sedikit dari pengelola apartemen akan berpikir berkali-kali sebelum mereka melakukan penyediaan genset andal yang digunakan untuk apartemennya. Namun jika melihat risiko yang bisa terjadi, jelas hal itu membuat mereka berpikir dua kali. Untuk satu hal, sekarang ada beberapa opsi generator untuk dipilih juga. 

Setidaknya hal ini akan memberikan keuntungan yang signifikan yang pada akhirnya akan memudahkan pengelola untuk menentukan genset mana yang memiliki harga bersaing, performa optimal, dan kualitas yang baik.

4. Garansi untuk spare parts

Anda juga bisa melihat hal lain dalam menyediakan genset yang handal dalam hal jaminan suku cadang yang tersedia di dalamnya. Keberadaan suku cadang ini tentunya akan memberikan sejumlah fungsi dan kemudahan penting bagi pengelola apartemen. 

Di sinilah setiap orang dapat benar-benar merasakan manfaat dan kegunaannya bagi dirinya sendiri. Bahwa jaminan ini akan berguna ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada produk genset pilihan Anda.

5. Meningkatkan pamor apartemen

Lagi pula, siapa yang tidak suka tinggal di apartemen dengan banyak fasilitas. Dari sini, calon pembeli akan lebih tertarik untuk membeli apartemen tersebut. Di sinilah keuntungan terbesar akan dibuat oleh manajer atau pengembangan departemen terkait.

Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pemilihan Genset

Banyaknya pekerjaan dengan listrik sebagai suplai utamanya sudah mulai memilih genset untuk memangkas anggaran mereka. Dengan berbagai kapasitas yang tersedia, menawarkan produk dengan kualitas yang berbeda. Jenis variasi inilah yang membedakan penggunaan genset untuk berbagai keperluan. Pilihan yang tepat akan menyelaraskan tuntutan pekerjaan dengan kemampuan yang ditawarkan. 

Tidak hanya di sektor korporasi seperti UMKM, penggunaan genset sudah merambah ke berbagai lingkungan kerja. Rumah makan, pom bensin, dan minimarket selalu membutuhkan pasokan listrik untuk mendukung pergantian pekerjaan dan pendapatan. Oleh karena itu, diperlukan genset jika terjadi pemadaman terencana.

Dengan variasi yang ditawarkan, akan membuat Anda mempertimbangkan dengan cermat jenis produk mana yang akan dipilih. Pasar dan tempat persewaan akan menawarkan berbagai produk dengan jenis, merek dan tipe yang berbeda dengan kapasitasnya masing-masing. Anda dapat berkonsultasi untuk memilih jenis genset mana yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Menyeimbangkan tenaga kuda dan bahan bakar dengan benar  

Sebelum Anda membeli/menyewa genset, hal yang tidak kalah penting yang harus Anda perhatikan yaitu keselarasan antara kebutuhan genset Anda dengan daya listrik yang digunakan. Sangat disarankan untuk menyeimbangkan pemilihan genset dalam arti 30% lebih dari daya yang dibutuhkan. Memilih di bawah watt yang diperlukan tidak akan membantu secara efektif.

Namun jika dievaluasi, fitur yang bekerja paling baik lebih baik daripada patching. Bahan bakar yang digunakan akan atau tidak akan meningkatkan operasi. Untuk ini, pemilihan yang cermat diperlukan. Pemilihan bahan bakar juga harus dilihat dari kapasitasnya yang mudah ditemukan. Tidak mengganggu ketika sudah selesai dan itu sangat diperlukan.

Genset Kuning
Source : https://unsplash.com/

1. Pilih sesuai dengan jenis yang dibutuhkan

Jenis dapat dipilih dari pilihan genset yang tersedia dengan silent dan open. Ini berpengaruh pada suara genset yang akan terdengar oleh Anda. Silent ramah lingkungan karena tidak menimbulkan suara bising, berbeda dengan tipe open dengan suara yang dihasilkannya.

Tipe terbuka memang menjadi primadona karena efektivitasnya lebih baik daripada tipe silent. Ia mampu menyediakan catu daya yang optimal, baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial. Harga yang ditawarkan juga lebih murah. Namun, banyak juga pengguna yang diam untuk menghindari polusi suara.

Ukuran genset memberikan kinerja untuk menghasilkan daya listrik yang baik. Selain itu, pertanyaan dari masyarakat tentang dimensi tersebut akan mempersulit proses pemasangan. Ini dapat memberikan jalur terbuka untuk penempatan genset dengan jarak pengisian yang stabil. Ketidakstabilan jarak dapat menyebabkan pemadaman listrik.

2. Perhatikan fungsi dan perhatikan tempat beli/sewa terpercaya

Dilihat dari fungsinya, bisa dipajang untuk keperluan pribadi atau bisnis. Generator berdaya rendah mampu menghasilkan energi yang optimal untuk penggunaan pribadi. Namun, jika dalam skala besar, seperti bisnis atau perusahaan, memilih tenaga kerja yang lebih besar akan menjadi suatu keharusan.

Selain memilih genset dengan kapasitas yang baik, pemasok juga harus dipercaya. Selain transaksi, Anda bisa berkonsultasi dengan supplier terkait kebutuhan Anda. Sebagai mitra yang baik, tentunya Anda juga akan mendapat bantuan. Kurang lebih, penyedia sama sekali tidak paham dengan masalah ini.

Jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan apa yang Anda butuhkan dengan harga lebih murah. Tempat bereputasi cenderung sering berdagang, jadi jangan kaget jika mereka memberikan layanan konsultasi yang baik dan menawarkan diskon. Selain memberi Anda keuntungan, mereka juga menguntungkan konsumen sebagai penjual.

3. Sediakan spare parts dan targetkan harga

Setiap jenis genset selalu membutuhkan perawatan. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk menjadikannya sebagai pemicu listrik, Anda harus siap dengan segala kebutuhan dan perawatannya. Salah satunya adalah penyediaan suku cadang. Hal ini sangat penting untuk memastikan genset Anda tetap bekerja secara optimal. 

Dengan berbagai label harga, Anda dapat menetapkan tujuan Anda. Tentunya setiap jenis memiliki harganya masing-masing. Pilihan ini tentu mempengaruhi sedikit banyak skill yang mengikutinya. Setiap harga harus memiliki aspek. Termasuk pasokan dan kualitas apa yang tersedia di pasar.

Termasuk pengiriman baterai starter. Baterai mesin dalam mode siaga harus diganti 2-3 kali setahun. Baterai ini membantu menjalankan genset agar tidak mudah rusak. Kegagalan yang terjadi jika terlalu sering harus ditangani oleh tukang reparasi yang ahli. 

Faktor penting ini harus diperhatikan dengan seksama sebelum menggunakannya sebagai pengganti listrik. Untuk menghasilkan kinerja yang optimal, ada banyak elemen yang harus diperhatikan. Selain kapasitas, pertimbangkan juga berapa dana yang Anda keluarkan sebelum memilih genset.

Jenis-jenis Genset yang Cocok untuk Apartemen

Saat ini banyak inovasi baru terkait teknologi genset yang bisa Anda pilih dan gunakan. Terdapat beberapa jenis generator yang biasa digunakan:

1. Mesin genset gas

Dari namanya saja kita sudah tahu bahwa genset ini menggunakan bahan bakar berupa gas untuk digunakan. Genset dengan mesin gas memproduksi lebih rendah emisi dibandingkan dengan genset berbahan diesel atau bensin. Karena harganya yang relatif lebih mahal membuat genset gas kurang diminati.

2. Mesin genset diesel

Genset diesel atau biasa dikenal dengan genset diesel menggunakan bahan bakar solar untuk menjalankannya. Keunggulan genset diesel adalah daya yang dihasilkan biasanya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis genset lainnya. Genset diesel mempunyai kekurangan yaitu suara yang terdengar dari genset ini lebih keras dibandingkan dengan genset yang lain.

3. Mesin genset bensin

Genset bensin merupakan jenis genset yang umum digunakan. Umumnya genset berbahan bensin akan menghasilkan listrik yang cukup serta biaya perawatan yang lebih rendah. Genset bensin populer di kalangan masyarakat karena harganya yang relatif lebih murah dan suara yang dihasilkan tidak terlalu keras.

4. Genset model standby

Genset ini dapat langsung hidup apabila aliran listrik padam. Generator cadangan umumnya berukuran lebih ringkas dan tidak memerlukan banyak ruang untuk menyimpan. Kelemahan dari pembuat template fallback adalah harganya mahal.

5. Genset teknologi inverter

Meski harganya mahal, genset dengan teknologi inverter mampu menghasilkan listrik tiga fasa dan mendistribusikan listrik secara stabil. Generator ini akan menghasilkan arus bolak-balik frekuensi tinggi, mengubahnya menjadi arus searah dan akhirnya mengubahnya kembali menjadi arus bolak-balik frekuensi rendah. 

Genset jenis ini sangat cocok digunakan pada peralatan elektronik yang sensitif seperti kulkas, pendingin, komputer agar tetap bisa mendapatkan pasokan listrik yang stabil.

6. Genset portable

Jenis genset selanjutnya adalah genset portable. Genset ini berukuran kompak, ringan, dan biasanya dilengkapi dengan roda agar mudah dipindahkan dan diangkut saat bepergian. Biasanya genset portabel ini hanya digunakan untuk elektronik yang berdaya rendah seperti ponsel, serta lampu darurat karena hanya menghasilkan listrik yang terbatas.

7. Genset tenaga surya

Seperti namanya genset surya seluruh tenaganya berasal dari sinar matahari yang ditangkap oleh panel surya. Meski jumlah listrik yang dihasilkan sangat terbatas, Anda tetap bisa menggunakan genset surya untuk mengisi ulang baterai ponsel dan lampu darurat.

genset di kantor
Source : https://unsplash.com/

Faktor Keamanan dan Pengendalian Genset

Sebelum memutuskan untuk menjalankan genset selama 24 jam, ada beberapa faktor keamanan yang harus diperhatikan. Pertama, pastikan genset berada di tempat aman yang terlindung dari kondisi cuaca ekstrem. Suhu dan ventilasi ruang genset harus dikontrol agar tidak terjadi panas berlebih atau kebakaran.

Perhatikan juga risiko penggunaan genset. Gas buang genset mengandung zat berbahaya seperti karbon monoksida (CO). Pastikan ruang genset memiliki ventilasi yang memadai untuk mencegah penumpukan gas beracun. 

Penyalahgunaan generator atau kurangnya perawatan juga dapat menyebabkan kerusakan pada generator, yang dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan rutin dan pengecekan kondisi genset secara berkala.

Cara Memilih Genset Untuk Apartemen yang Tepat

Mengandalkan listrik di PLN bukan solusi utama. Terkadang listrik PLN padam karena masalah teknis. Pemadaman listrik yang tidak terduga dapat mempersulit pekerjaan.

Pemadaman listrik dapat mengganggu aktivitas operasional di rumah Anda. Genset listrik bisa menjadi pilihan saat terjadi pemadaman listrik di kota-kota besar. 

Namun membeli genset juga membutuhkan kehati-hatian ekstra agar tidak salah beli. Jadi bagaimana Anda memilih generator untuk rumah Anda?

1. Tentukan kebutuhan listrik

Memahami kebutuhan listrik rumah Anda adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Ingat, genset memiliki kapasitas daya yang harus sesuai dengan kebutuhan listrik rumah. Jika tidak, akan menyebabkan kerusakan atau korsleting.

Anda bisa mulai dengan mencantumkan daya (watt) perangkat elektronik di rumah Anda, seperti lampu, pompa air, AC, televisi, dll.

2. Kenali kebutuhan genset

Seperti produk elektronik lainnya, genset juga memiliki berbagai jenis. Anda harus mengenalinya satu per satu, agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas listrik rumah Anda.

Ada dua jenis genset yang biasa digunakan di rumah, yaitu genset cadangan (dipasang permanen dan menyala otomatis saat listrik padam) dan genset portable (dapat digunakan dimana saja tetapi menimbulkan banyak kebisingan).

3. Kenali merk dan tipe genset

Sama halnya ketika ingin membeli handphone, mengetahui merek dan tipenya jelas mutlak harus sejak awal.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan pembelian, misalnya tidak sesuai dengan budget dan kebutuhan. Ada banyak merek dan tipe genset yang sudah membuktikan sendiri, anda bisa mencari reviewnya di internet, membandingkannya dari segi keamanan, garansi, bahan bakar dan polusi yang dihasilkannya.

4. Sesuaikan dengan daya listrik

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, Anda harus membuat daftar kebutuhan listrik berdasarkan daya (watt) yang dibutuhkan.

Jika iya, hitung semua kebutuhan dan sesuaikan dengan daya yang ada di rumah Anda. Oleh karena itu, belilah genset dengan daya yang cukup dan tidak melebihi daya listrik rumah Anda. 

5. Bandingkan harga dan kualitas genset

Seperti halnya pembelian perangkat elektronik lainnya, Anda harus memperhatikan harga dan kualitas genset. Penting bagi Anda untuk melakukan penyesuaian kapasitas daya genset Anda dengan kebutuhan listrik yang ada di rumah Anda.

Anda perlu melakukan survei di berbagai toko elektronik, membandingkan pendapat pelanggan dengan rating yang diberikan.

Aspek Perawatan dan Pemilihan Genset

Seperti halnya kendaraan bermotor, genset juga membutuhkan perawatan untuk memastikan umurnya yang panjang. Di bawah ini adalah cara dan tips merawat genset agar awet. 

  • Genset harus dinyalakan secara berkala agar semua komponen bergerak dan tidak rusak. Coba jalankan generator selama 15-20 menit setiap minggu. 
  • Terdapat berbagai jenis genset yang menggunakan minyak bumi seperti mobil pada umumnya. Selalu periksa kondisi oli pada genset dan ganti secara berkala. 
  • Periksa kondisi busi genset. Busi dalam kondisi baik akan memudahkan menghidupkan genset.

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menjual berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.