Perbedaan Genset kadang harus dicari sebelum Anda membelinya. Langkah pertama sebelum Anda membeli genset ini tentu harus mengetahui genset diesel dan juga genset bensin. 

Hal tersebut dapat Anda ketahui mulai dari arus listrik atau daya hingga perbedaan mendasar mengenai keduanya. Bila dilihat dengan detail, perbedaan antara genset bensin dengan genset bensin ini memang sangat mudah dikenali dari jenis bahan bakar yang digunakan. 

Perlu untuk Anda perhatikan adalah keputusan pembelian Anda ini bisa dilihat dari perbedaan di antara keduanya. 

Namun, jika Anda masih bingung untuk menentukan keduanya, Anda bisa mengikuti penjelasan lengkap kami di bawah ini mengenai perbedaan genset. Simak ulasan lengkap kami di bawah ini. 

Hal yang Diketahui Mengenai Perbedaan Genset 

Jika membicarakan mengenai perbedaan genset, hal yang mesti Anda perhatikan adalah penggunaan genset ini harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Masing – masing orang pasti membeli genset akan menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Apabila hanya untuk kebutuhan pribadi, seperti misalnya untuk menghidupkan listrik saat pemadaman. Biasanya, kebanyakan orang akan membutuhkan untuk alat elektronik satu ini supaya rumah tidak gelap ketika pemadaman listrik. 

Penggunaan mesin genset dengan tenaga diesel ini, tentu saja membutuhkan bahan bakar solar supaya mesin tersebut bisa bekerja secara optimal. Perlu Anda ketahui, untuk penggunaan genset diesel ini memanglah tidak cocok digunakan guna memenuhi kebutuhan pribadi. 

Hal tersebut dikarenakan kepulan asap dari mesin genset diesel ini sangat mengganggu Anda bila digunakan di rumah. Tentu dengan hal ini Anda bisa langsung paham untuk memilih jenis genset yang mana sesuai dengan kebutuhan. 

Sementara itu, untuk penggunaan genset diesel ini tentu memerlukan lokasi terbuka karena asap yang ditimbulkan akan langsung keluar begitu saja. 

Selain itu juga, genset diesel ini bisa mempengaruhi kondisi dari arus daya yang dikeluarkan oleh mesin dinamo. Yang mana hal ini sangat cocok untuk kebutuhan dalam skala besar. 

Perbedaan Genset dari Aliran Alur Daya Listrik

Saat Anda lihat dari arus atau aliran daya listrik menjadi salah satu hal yang mesti diperhatikan sebelum membeli salah satu dari kedua jenis genset tersebut. 

Untuk genset atau generator set yang memakai bahan bakar solar memang lebih kuat karena memiliki cc mesin yang relatif besar dibandingkan dengan mesin genset bensin. 

Secara umum, penggunaan genset diesel yang menggunakan bahan bakar solar ini memang cukup populer. Terlebih lagi, genset jenis ini digunakan di beberapa perkantoran besar, lokasi industri hingga perumahan yang lokasinya jauh dari jangkauan listrik PLN. 

Penggunaan dari mesin diesel untuk genset ini ternyata lebih mampu untuk memberikan suplai daya listrik yang jauh lebih besar, namun dampaknya adalah asap yang cenderung mengepul alias banyak mengeluarkan asap saat beroperasi. 

Pada saat Anda membutuhkan arus listrik yang begitu besar, namun hanya untuk industri rumahan berskala kecil, sebenarnya memakai genset bensin sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan. 

Akan tetapi, apabila untuk area perkantoran maupun industri yang lebih besar, maka penggunaan dari genset diesel ini memang layak digunakan supaya mampu memenuhi kebutuhan listrik saat dibutuhkan. 

Pilih Genset Bensin ataukah Genset Diesel?

Perbedaan genset ini memang harus diketahui sebelum membeli dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Perlu untuk diketahui adalah dari kedua jenis genset ini tetap menggunakan proses pembakaran secara tertutup. 

Ada beberapa perbedaan yang sangat jelas terlihat dari kedua jenis genset ini. Yang pertama adalah dari bahan bakar yang digunakan. Sesuai dengan namanya, untuk genset bensin serta genset diesel ini sudah pasti menggunakan bahan bakar dari solar maupun bensin. 

Sementara itu, persamaan dari kedua jenis mesin genset ini adalah mudah terbakar. Akan tetapi, genset yang menggunakan bahan bakar bensin rupanya memiliki tekanan untuk arus listrik menyesuaikan dengan jenis bahan bakar yang sudah digunakan. 

Pemakaian bensin ini pun termasuk dalam bahan bakar yang lebih mudah menguap, sehingga bisa begitu cepat menyatu dengan udara serta tahan dalam tekanan kompresi. 

Yang kedua adalah dari sistem pengapian mesin genset tersebut. Penggunaan busi sebagai pemantik api digunakan untuk genset dengan bahan bakar bensin. Sementara itu, untuk genset diesel ini ternyata memakai pembakaran secara mandiri. Yang mana tekanan dari kompresi diesel ini akan memberikan efek yang mampu membakar bahan bakar solar. 

Terakhir adalah dilihat dari performa mesin genset. Untuk genset berbahan bakar bensin memiliki horse power yang mana memang lebih besar bila dibandingkan dengan genset diesel. Akan tetapi, genset dari bensin ini rupanya lebih mudah panas serta umur mesin relatif pendek jika dibandingkan dengan genset diesel. Penggunaan genset memang tidak bisa lepas dari kebutuhan sehari – hari yang memerlukan suplai listrik. Perbedaan genset sesuai dengan bahan bakarnya pun bisa menjadi alternatif pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Performa Genset Bensin

Sudah jelas dari namanya, genset ini mengandalkan bensin sebagai bahan bakarnya. Pembakarannya mula-mula harus mendapat suplai dari listrik dengan tegangan yang tinggi. Ini akan memicu proses bekerjanya genset. Sebab listrik akan mengaktifkan mesin melalui pembakaran gas pada busi.

Antara genset bensin atau genset diesel, ia menghasilkan suara lebih ramah untuk telinga. Suara yang ditimbulkan secara halus tidak mengganggu lingkungan dengan kebisingan. Apabila Anda kurang menyukai suasana bising, maka ia sangat disarankan untuk menghindari kecemasan. Suara halus ini merupakan hasil kerja kompresinya yang rendah.

Bisa dengan mudah dijumpai di pasaran, genset ini menawarkan harga jual mengikuti kualitas penawarannya. Perannya sebagai pengganti arus listrik memiliki performa ketegangan dengan berbeda. Banyaknya besaran watt yang digunakan selain memengaruhi ketahanannya juga berdampak untuk harga jual dibanderol di pasar.

Didukung horse power sebagai performa utamanya akan menampilkan kualitas apiknya sebagai pengganti arus listrik. Terutama ketika terjadi pemadaman. Sebab genset bensin memiliki keunggulan dengan aktifnya secara otomatis ketika aliran listrik terpantau hilang. Pastinya ini akan memudahkan Anda agar tidak repot mengurusi genset ketika gelap.

Dari perbandingan antara genset bensin atau genset diesel, harga jualnya memang lebih murah. Dari nilai jualnya secara miring, tingkat beban produk juga berada di bawah genset diesel. Pemindahannya juga pasti tidak perlu serepot genset diesel.

Namun, terhitung bahan bakar dikeluarkan menjadi kurang hemat. Juga daya tahan mesin bensin tidak sekuat diesel, ia cenderung cepat panas. Selain perawatan terpantau rumit dan susah juga kurang memadainya mendukung kapasitas melebihi 10.000 watt arus listrik.

Kualitas Genset Diesel

Untuk memulai bekerja sebagai proses pembakaran, ia menggunakan energi mekanik dari hasil konversi solar. Bahan bakar solar ini memanfaatkan kompresi udara guna melakukan kompresi. Campuran udara dan bahan bakar hanya terjadi dalam tabung silinder. Dari berbagai jenis tersedia 2 sampai 16 buah silinder dalam mesin genset.

Membedakan antara genset bensin atau genset diesel terdapat kelebihan yang ditemui untuknya. Selain bahan bakar dengan nilai lebih murah, mesin diesel juga lebih tahan banting dan perawatannya cenderung mudah. Ini karena ia tidak menyertakan busi dalam pekerjaannya.

Dengan bahan bakar lebih efisien sekaligus dapat digunakan dalam kapasitas lebih tinggi menjadikannya sangat memadai. Ditambah torsinya lebih luas ketimbang genset bensin. Namun ini juga ditunjang dengan harganya sedikit lebih mahal. Dapat ditemui di pasaran harga genset diesel selalu ada di atas genset bensin.

Dengan luas lebih besar juga menjadikannya lebih berat dibanding jenis lainnya. Untuk melakukan pemindahan dapat dibantu dengan penyertaan tuas agar lebih ringan. Kekurangan lainnya diseratai dengan pengeluaran gas secara berlebih. Apabila Anda kurang menyukai polusi penggunaan jenis lainnya akan menjadi lebih disarankan.

Selain itu, ia juga kurang ramah untuk Anda yang terganggu dengan kebisingan. Pasalnya dengan suara hasil kerjanya dapat menimbulkan kebisingan. Tingkat kebisingannya juga bisa terlampau tinggi dilihat dari kualitas produknya. Ia juga akan mengganggu apabila bertempat di daerah yang hening.

Dilihat dari kapasitas yang ditawarkan, penggunaan genset diesel lebih disarankan untuk Anda. Karena kinerjanya tanpa busi dan kabel lebih ramah untuk keamaan penggunanya. Ia akan menyingkirkan risiko percikan listrik saat dihidupkan. Didukung perawatannya cenderung mudah akan menjawab lebih irit mana genset bensin atau genset diesel.

Jangan lupa untuk menghubungi kami dan konsultasi secara langsung perihal kebutuhan genset Anda. PT Interjaya Surya Megah merupakan distributor resmi Genset di Indonesia menjual berbagai macam genset dan transmisi yang berkualitas. Diantaranya adalah Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini.