Kebingungan seputar stabilizer bekerja dengan generator akan menjadi pertanyaan besar melihat keduanya memiliki peran masing-masing yang dianggap kurang bersinergi. Anggapan bahwa keduanya akan memiliki hubungan yang saling melengkapi. 

Generator listrik merupakan alat pengubah tenaga mekanik menjadi tenaga listrik yang membutuhkan bahan bakar untuk menggerakkannya. Dimana sebelumnya penggunaan generator ini cukup jarang digunakan, namun seiring berkembangnya zaman mulai ramai peminatnya. 

Karena menghasilkan tenaga listrik maka mesin ini mempunyai prinsip kerja yang berat dan luar biasa agar listrik yang dihasilkan bisa menyalakan berbagai peralatan rumah tangga. Dalam keadaan normal listrik bisa mengalami keadaan tegangan yang tidak stabil. 

Maka seringkali dibutuhkan stabilizer untuk meminimalisir tegangan tidak normal pada listrik tersebut. Ini juga digunakan oleh masyarakat agar menghindari kemungkinan kerusakan pada berbagai peralatan rumah tangga tersebut. 

Namun, yang menjadi pertanyaan bagaimanakah jika stabilizer bekerja dengan generator? Apakah dibutuhkan, bisakah keduanya saling bersinergi, sampai pada bagaimana menggabungkan kedua prinsip kerja yang berkaitan dengan listrik tersebut. 

Mengenal Stabilizer dan Generator 

Dalam keadaan sehari-hari seperti zaman sekarang ini, manusia sangat membutuhkan listrik untuk melakukan segala kegiatan atau aktivitasnya. Bahkan jika dalam satu hari terjadi pemadaman listrik maka banyak pekerjaan akan tertunda. 

Seringkali juga dikaitkan pada pertumbuhan ekonomi dalam sebuah tempat, daerah, bahkan negara yang menggunakan listrik cukup besar. Pada dunia kelistrikan, dikenal istilah generator dan stabilizer dengan pengertian berbeda keduanya. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas apakah bisa stabilizer bekerja dengan generator? Jika jawabannya bisa, lalu bagaimana prinsip kerja dari keduanya untuk bisa menghasilkan tegangan listrik yang normal dan juga stabil. 

Sebelum itu, mari kenali dari kedua istilah kelistrikan tersebut yaitu generator dan stabilizer untuk lebih jelasnya. Beberapa peralatan rumah seperti kulkas, televisi, dan komputer membutuhkan tegangan yang lebih besar. 

Maka jika tidak menggunakan stabilizer sebagai pengimbang daya listrik, barang tidak akan awet dan mudah rusak. Stabilizer juga digunakan untuk menghindari kerusakan akibat adanya kesalahan seperti pemasangan kabel. 

Sedangkan generator yang memiliki banyak jenis serta fungsi berbeda-beda ini berguna untuk menghasilkan suatu tenaga. Seperti generator listrik yang akan menghasilkan tenaga listrik bagi suatu tempat dengan menggunakan bahan bakar seperti solar. 

Salah satu jenis generator listrik adalah mesin genset yang digunakan ketika terjadi pemadaman listrik di tempat tersebut. Maka untuk mengganti sumber listrik digunakan mesin tersebut dengan bahan bakar seperti jenis minyak. 

Genset atau generator mesin ini juga sering disebut sebagai cadangan listrik bagi pertokoan atau acara-acara yang jauh dari keberadaan sumber listrik. Stabilizer membutuhkan listrik dengan tegangan sesuai dengan spesifikasi tertentu.

Meski keduanya sama-sama berkaitan erat dengan listrik, dimana yang satu merupakan penghasil listrik sedangkan satunya penyeimbang listrik namun tidak membuat keduanya digunakan secara bersamaan. 

Penggunaan Stabilizer Bekerja dengan Generator

Kesadaran akan keseimbangan listrik pada masyarakat masih sangat minim bahkan sebagian merasa tidak membutuhkan hal tersebut. Sebagian masyarakat merasa bahwa menggunakan tegangan listrik secara sembarangan tidak akan menyebabkan masalah apapun. 

Maka pengetahuan seputar stabilizer bekerja dengan generator menjadi ilmu baru yang saat ini mulai harus dimiliki oleh banyak masyarakat saat menggunakan listrik. Jadi ketika terjadi pemadaman listrik di sekitar tempat tinggal Anda maka tidak bingung lagi akan hal ini. 

Genset memiliki jenis yang berbeda-beda, karena itu tidak semua genset membutuhkan stabilizer contohnya genset AVR. Pada jenis genset tersebut sudah ada komponen otomatis yang akan menyeimbangkan keluaran daya listriknya ke gedung atau bangunan. 

Dengan begitu, listrik akan menyala dalam keadaan normal tidak seperti pada biasanya. Jenis generator atau genset lainnya ada juga yang tidak masalah dengan penggunaan stabilizer karena memang membutuhkannya. 

Jadi untuk menjawab pertanyaan bisakah stabilizer bekerja dengan generator adalah bisa, karena sekarang juga sudah banyak e-commerce yang menjual stabilizer untuk genset. Dimana genset merupakan salah satu contoh dari generator mesin listrik. 

Salah satu contoh dari stabilizer genset adalah stavolt dengan kepopularitasannya cukup luas di Indonesia. Prinsip kerja dari stabilizer ini yaitu akan menyala ketika generator atau genset sudah menyala dan dalam keadaan yang tepat untuk digunakan. 

Kemudian nantinya, stabilizer akan mulai menyala setelah mendapatkan arus listrik dari generator tersebut. Selanjutnya, stabilizer mulai menghitung tegangan listrik yang masuk ke dalamnya untuk dibagikan pada berbagai peralatan rumah tangga seperti komputer. 

Selanjutnya pada bagian stavol bisa dilihat berapa besar tegangan yang masuk dan dikeluarkan untuk membuat peralatan rumah tangga lebih awet dan tidak mudah rusak. Keduanya akan bekerja dengan baik sesuai dari prinsip kerja masing-masing. Saat listrik yang bersumber dari PLN sudah menyala, maka kemudian listrik dari genset bisa dipadamkan dan stavol juga akan mati sesaat sebelum dinyalakan kembali. Disinilah Anda bisa melihat apakah stabilizer bekerja dengan generator dapat dibuktikan berjalan dengan baik atau tidak.

Silahkan menghubungi kami, untuk konsultasi langsung perihal kebutuhan genset Anda. Anda tidak perlu khawatir karena PT Interjaya Surya Megah merupakan distributor resmi Genset di Indonesia menjual berbagai macam genset dan transmisi yang berkualitas. Diantaranya adalah Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini.