Perbedaan Genset kadang harus dicari sebelum Anda membelinya. Langkah pertama sebelum Anda membeli genset ini tentu harus mengetahui genset diesel dan juga genset bensin. 

Hal tersebut dapat Anda ketahui mulai dari arus listrik atau daya hingga perbedaan mendasar mengenai keduanya. Bila dilihat dengan detail, perbedaan antara genset bensin dengan genset bensin ini memang sangat mudah dikenali dari jenis bahan bakar yang digunakan. 

Perlu untuk Anda perhatikan adalah keputusan pembelian Anda ini bisa dilihat dari perbedaan di antara keduanya. 

Namun, jika Anda masih bingung untuk menentukan keduanya, Anda bisa mengikuti penjelasan lengkap kami di bawah ini mengenai perbedaan genset. Simak ulasan lengkap kami di bawah ini. 

Hal yang Diketahui Mengenai Perbedaan Genset 

Jika membicarakan mengenai perbedaan genset, hal yang mesti Anda perhatikan adalah penggunaan genset ini harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Masing – masing orang pasti membeli genset akan menyesuaikan dengan kebutuhan. 

Apabila hanya untuk kebutuhan pribadi, seperti misalnya untuk menghidupkan listrik saat pemadaman. Biasanya, kebanyakan orang akan membutuhkan untuk alat elektronik satu ini supaya rumah tidak gelap ketika pemadaman listrik. 

Penggunaan mesin genset dengan tenaga diesel ini, tentu saja membutuhkan bahan bakar solar supaya mesin tersebut bisa bekerja secara optimal. Perlu Anda ketahui, untuk penggunaan genset diesel ini memanglah tidak cocok digunakan guna memenuhi kebutuhan pribadi. 

Hal tersebut dikarenakan kepulan asap dari mesin genset diesel ini sangat mengganggu Anda bila digunakan di rumah. Tentu dengan hal ini Anda bisa langsung paham untuk memilih jenis genset yang mana sesuai dengan kebutuhan. 

Sementara itu, untuk penggunaan genset diesel ini tentu memerlukan lokasi terbuka karena asap yang ditimbulkan akan langsung keluar begitu saja. 

Selain itu juga, genset diesel ini bisa mempengaruhi kondisi dari arus daya yang dikeluarkan oleh mesin dinamo. Yang mana hal ini sangat cocok untuk kebutuhan dalam skala besar. 

Perbedaan Genset dari Aliran Alur Daya Listrik

Saat Anda lihat dari arus atau aliran daya listrik menjadi salah satu hal yang mesti diperhatikan sebelum membeli salah satu dari kedua jenis genset tersebut. 

Untuk genset atau generator set yang memakai bahan bakar solar memang lebih kuat karena memiliki cc mesin yang relatif besar dibandingkan dengan mesin genset bensin. 

Secara umum, penggunaan genset diesel yang menggunakan bahan bakar solar ini memang cukup populer. Terlebih lagi, genset jenis ini digunakan di beberapa perkantoran besar, lokasi industri hingga perumahan yang lokasinya jauh dari jangkauan listrik PLN. 

Penggunaan dari mesin diesel untuk genset ini ternyata lebih mampu untuk memberikan suplai daya listrik yang jauh lebih besar, namun dampaknya adalah asap yang cenderung mengepul alias banyak mengeluarkan asap saat beroperasi. 

Pada saat Anda membutuhkan arus listrik yang begitu besar, namun hanya untuk industri rumahan berskala kecil, sebenarnya memakai genset bensin sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan. 

Akan tetapi, apabila untuk area perkantoran maupun industri yang lebih besar, maka penggunaan dari genset diesel ini memang layak digunakan supaya mampu memenuhi kebutuhan listrik saat dibutuhkan. 

Pilih Genset Bensin ataukah Genset Diesel?

Perbedaan genset ini memang harus diketahui sebelum membeli dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Perlu untuk diketahui adalah dari kedua jenis genset ini tetap menggunakan proses pembakaran secara tertutup. 

Ada beberapa perbedaan yang sangat jelas terlihat dari kedua jenis genset ini. Yang pertama adalah dari bahan bakar yang digunakan. Sesuai dengan namanya, untuk genset bensin serta genset diesel ini sudah pasti menggunakan bahan bakar dari solar maupun bensin. 

Sementara itu, persamaan dari kedua jenis mesin genset ini adalah mudah terbakar. Akan tetapi, genset yang menggunakan bahan bakar bensin rupanya memiliki tekanan untuk arus listrik menyesuaikan dengan jenis bahan bakar yang sudah digunakan. 

Pemakaian bensin ini pun termasuk dalam bahan bakar yang lebih mudah menguap, sehingga bisa begitu cepat menyatu dengan udara serta tahan dalam tekanan kompresi. 

Yang kedua adalah dari sistem pengapian mesin genset tersebut. Penggunaan busi sebagai pemantik api digunakan untuk genset dengan bahan bakar bensin. Sementara itu, untuk genset diesel ini ternyata memakai pembakaran secara mandiri. Yang mana tekanan dari kompresi diesel ini akan memberikan efek yang mampu membakar bahan bakar solar. 

Terakhir adalah dilihat dari performa mesin genset. Untuk genset berbahan bakar bensin memiliki horse power yang mana memang lebih besar bila dibandingkan dengan genset diesel. Akan tetapi, genset dari bensin ini rupanya lebih mudah panas serta umur mesin relatif pendek jika dibandingkan dengan genset diesel. Penggunaan genset memang tidak bisa lepas dari kebutuhan sehari – hari yang memerlukan suplai listrik. Perbedaan genset sesuai dengan bahan bakarnya pun bisa menjadi alternatif pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk menghubungi kami dan konsultasi secara langsung perihal kebutuhan genset Anda. PT Interjaya Surya Megah merupakan distributor resmi Genset di Indonesia menjual berbagai macam genset dan transmisi yang berkualitas. Diantaranya adalah Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini.