Masalah overspeed pada generator diesel merupakan salah satu dari masalah genset atau generator diesel yang kerap kali terjadi saat digunakan. Masalah tersebut terjadi karena adanya penyebab atau faktor yang harus dipahami oleh para pengguna jenis genset ini. 

Saat terjadi putaran mesin genset secara berlebihan maka inilah yang disebut sebagai masalah overspeed tersebut. Dalam hal ini, tentu genset melakukan putaran untuk bisa bekerja mengubah energi mekanik menjadi energi listrik.

Genset berperan penting bagi masyarakat saat terjadi pemadaman listrik dalam jangka panjang atau penggunaan lain yang membutuhkan tenaga listrik di suatu tempat. Oleh karena itu pemakaian genset saat ini sudah banyak dipakai di kalangan umum.

Maka jika terjadi masalah, pengguna harus mencari penyebabnya untuk bisa mengambil langkah penanganan yang tepat. Masalah overspeed pada generator diesel akan terjadi ketika melebihi batas toleransinya yaitu sekitar + 5%. 

Ketika genset melebih batas tersebut maka AVR yang ada dalam genset tersebut tidak lagi bisa menstabilkannya. Jika dibiarkan maka akan terjadi kerusakan fatal yang membuat genset tidak lagi bisa digunakan. 

Faktor Overspeed Pada Generator Diesel 

Kemunculan masalah seperti overspeed disebabkan oleh beberapa faktor yang memiliki cara penanganan berbeda-beda seperti di bawah ini. 

  1. Masalah pada Komponen Mesin Genset

Genset memiliki berbagai komponen penting yang kemudian menjadi satu kesatuan dan setiap komponen memiliki peranannya masing-masing. Seringkali jika masalah seperti overspeed pada generator diesel terjadi disebabkan oleh kerusakan pada salah satu komponen tersebut. 

Adapun komponen yang bermasalah yaitu MPU (Magnetic Pick Up) dengan fungsinya adalah sebagai sensor pengukur dari kecepatan putaran mesin. Dimana ketika MPU dalam keadaan kotor atau jarak dari pemasangan yang tidak sesuai menjadi penyebab overspeed. 

Dalam menangani masalah ini bisa dilakukan cara seperti melakukan pembersihan di bagian ujung sensor dengan membuka bagian MPU. Setelah selesai pasang dengan posisi yang tepat sesuai aturannya seperti memasang sampai mentok. 

Setelah itu kendurkan bagian sensor tersebut sebanyak ¼ putaran untuk memastikan adanya jarak antara sensor dengan fly wheel. Adapun rentang ukuran keluaran dari MPU sebesar 1,5 VAC – 30 VAC, jika tidak maka MPU rusak dan harus ganti yang baru.

  1. Fuel Control Actuator yang Berlebihan 

Ada faktor atau penyebab utama dari kejadian overspeed pada generator diesel yaitu pengisian bahan bakar yang berlebihan. Genset atau mesin generator diesel membutuhkan bahan bakar untuk bisa bekerja menghantarkan listrik. 

Kebanyakan masyarakat berpikir bahwa memastikan bahan bakar penuh adalah langkah yang benar. Akan tetapi jika bahan bakar berlebihan maka kran minyak otomatis dapat bocor dan menyebabkan terjadinya overspeed. 

Kran minyak otomatis atau dikenal dengan fuel control actuator berfungsi untuk mengatur pengisian atau suplai bahan bakar yang masuk sesuai dengan perintah dari Governor. 

Jika masalah seperti ini terjadi, hal yang harus dilakukan adalah memeriksa fuel actuatornya apakah harus dilakukan penggantian baru karena kondisinya. Biasanya kondisi ketika mesin tertutup saat bahan bakar masih mengalir inilah yang harus diganti. 

  1. Pengaturan Run Speed pada Governor

Overspeed pada generator diesel juga terjadi karena pengaturan pada genset yang tidak tepat. Pengguna benar-benar harus memperhatikan hal-hal penting dalam penggunaan tepat dari genset sehari-hari. 

Adanya pengaturan jumlah kecepatan atau putaran yang digunakan dapat dilakukan dengan istilah run speed pada Governornya. Perlu diperhatikan yaitu ketika terjadi masalah seperti overspeed maka turunkan run speednya. 

Jika sudah sesuai dengan kecepatan yang tepat maka pasang dan nyalakan kembali mesin generator diesel atau genset tersebut. Ini bisa dilakukan berulang-ulang sampai mendapatkan RPM yang sesuai dengan keadaan normal dari mesin tersebut. 

  1. Kerusakan dari Governor 

Masalah terakhir yang menjadi penyebab dari munculnya masalah seperti overspeed adalah kerusakan pada mesin governor. Governor sendiri memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengatur banyak komponen penting. 

Dimana bahan bakar dari generator diesel ini akan diatur oleh Governor agar bisa bekerja disebut sebagai electronic fuel control. Jika di atas MPU dan actuator harus dipastikan dalam keadaan bagus, maka memeriksa bagian ini juga tidak kalah penting ketika terjadi overspeed pada generator diesel

Untuk bisa melakukan pemeriksaan maka bisa melakukan pengecekan tegangan keluaran dari governor menuju actuator. Sebelumnya perlu menyalakan mesin genset, dan jika tegangan keluaran yang dihasilkan berada di sekitar 19 Vdc – 20 Vdc maka dalam keadaan bagus. 

Akan tetapi jika nilai keluaran tegangan lebih besar dari itu maka dapat dipastikan harus diganti karena sudah tidak sesuai dengan keadaan normal yang seharusnya terjadi. 

Kerap kali ketika menggunakan genset, banyak komponen yang tidak diperhatikan selain memastikan mesin tidak kekurangan bahan bakar agar tidak terjadi masalah seperti overspeed ini. Padahal ada penyebab lain yang kemudian menjadi masalah baru. 

Masalah ini kemudian yang menjadi masalah besar bahkan kerusakan pada mesin seperti masalah overspeed pada generator diesel jika terus dibiarkan. 

PT Interjaya Surya Megah sebagai distributor resmi Genset di Indonesia menjual berbagai macam genset dan transmisi yang berkualitas. Diantaranya adalah Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Jangan ragu untuk menghubungi kami, untuk konsultasi langsung perihal kebutuhan genset Anda.