Ada berbagai macam komponen pada genset. Setiap komponen tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Genset merupakan alat yang sering digunakan oleh para pelaku usaha untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik.

Ada berbagai macam merk genset di pasaran. Harganya juga tentunya bervariasi tergantung dari merek dan daya yang Anda ingin gunakan. Jika Anda memiliki sebuah usaha yang mengharuskan menggunakan listrik Maka sangat disarankan untuk membeli genset .

Ini akan sangat berguna ketika sedang terjadi pemadaman listrik agar usaha yang Anda jalankan tetap bisa berjalan. Selain karena alasan pemadaman biasanya seseorang membeli genset yaitu karena ingin menghemat biaya pengeluaran.

Banyak orang menganggap jika menggunakan genset biaya yang dibutuhkan lebih hemat dibandingkan menggunakan listrik. Oleh karena itu banyak pelaku usaha menggunakannya sebagai salah satu cara untuk menghemat biaya operasional.

Cara Kerja dari Mesin Genset

Secara sederhana genset dapat diartikan sebagai sebuah perangkat yang mengubah energi mekanik dari luar menjadi sebuah energi listrik. Akan tetapi sebenarnya genset tidak benar-benar menciptakan energi listrik.

Lebih tepatnya yaitu adalah genset memaksa terjadinya aliran listrik pada kawat lilitan. Sehingga alat satu ini lebih tepat disebut sebagai aliran muatan listrik.

Generator bekerja dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Pergerakan yang terjadi pada kawat ketika induksi elektromagnetik membuat adanya perbedaan tegangan pada ujung-ujung kawat. Hal ini menyebabkan terjadinya aliran listrik dan arus listrik mengalir.

Beberapa Komponen Pada Genset dan Fungsinya

Jika Anda Berniat untuk membeli genset Tidak ada salahnya untuk mempelajari berbagai macam komponen yang ada pada genset dan juga fungsinya. Berikut beberapa komponen sebagai unsur utama penyusun genset.

  1. Mesin

Mesin merupakan salah satu komponen paling penting dalam sebuah genset. Biasanya sebuah mesin disesuaikan dengan bahan bakar yang digunakan, kegunaan mesin disini yaitu adalah untuk menggerakkan generator.

Biasanya genset menggunakan kapasitas mesin yang kecil. Akan tetapi jika ingin menghasilkan daya yang besar sangat disarankan untuk membeli genset yang memiliki kapasitas mesin besar.

  1. Alternator

Secara sederhana alat ini berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi aliran listrik. Jadi ini merupakan alat yang akan menghasilkan energi listrik ketika mesin digerakkan.

Di dalam sebuah alternator terdapat sebuah struktur dan rotor. Kedua benda tersebut yang akan menghasilkan medan magnet yang nantinya akan menghasilkan output berupa listrik. Ini merupakan komponen pada genset yang sangat penting dan jika rusak Maka genset tidak bisa digunakan.

  1. Tangki dan bahan bakar

Seperti mesin pada umumnya, untuk menggerakan alat ini juga dibutuhkan bahan bakar. Oleh karena itu terdapat komponen berupa tangki dan bahan bakar.

Biasanya genset tidak memiliki tangki bahan bakar yang terlalu besar. Kecuali jika memang Anda membeli genset dengan kapasitas besar. Sebenarnya lebih menguntungkan menggunakan tangki dengan ukuran besar agar genset bisa bertahan lama.

  1. Valve

Komponen pada genset selanjutnya yaitu adalah Valve. Komponen satu ini berguna untuk mengatur distribusi bahan bakar ke dalam mesin. Alat ini sangat berguna agar bahan bakar bisa terdistribusi dengan baik.

Ini akan sangat berguna agar bahan bakar yang digunakan menjadi lebih efisien. Ketika penggunaannya efisien tentunya akan lebih irit bahan bakar.

  1. Sistem pendingin

Seperti mesin pada umumnya dibutuhkan suatu mesin pendingin yang baik untuk menjaga agar tidak terjadi overheat. Ketika Anda memiliki sebuah genset sangat disarankan untuk mengecek sistem pendinginan secara berkala.

Masih ada beberapa komponen lain dari sebuah genset selain beberapa unsur utama di atas. Tapi setidaknya ketika akan membeli genset Anda harus memperhatikan beberapa komponen pada genset yang telah disebutkan di atas.

Apabila Anda sedang mencari genset dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau PT Interjaya Surya Megah adalah jawaban untuk Anda. Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, kami menjual berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.