Generator listrik atau yang disebut juga sebagai genset, pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831. Genset pertama kali saat itu dibuat dalam bentuk kawat besi yang berbentuk huruf ā€œUā€ yang dililitkan dengan gulungan kawat. Generator tersebut dikenal dengan nama Generator Cakram Faraday. Genset tersebut menggunakan induksi elektromagnetik yang bekerja dengan cara memutar kumparan dalam medan magnet sehingga memunculkan energi induksi.

Untuk lebih memahami lebih lanjut mengenai pengetahuan dasar genset, Anda perlu memahaminya melalui beberapa penjelasan berikut ini:

Beragam Komponen Pada Genset Beserta dengan Fungsinya

Ada beragam komponen pada genset, setiap komponen tentu memiliki fungsi yang berbeda. Genset sendiri merupakan alat yang sering digunakan untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik.

Genset sangat berguna ketika rumah atau tempat usaha Anda mengalami pemadaman listrik. Usaha bisa tetap berjalan dengan baik jika Anda memiliki genset untuk mengatasi permasalahan pemadaman listrik. Memiliki genset juga dapat menghemat biaya operasional, karena banyak orang menganggap menggunakan genset membutuhkan biaya yang lebih sedikit dibandingkan menggunakan listrik.

Sebelum Anda membeli sebuah genset untuk rumah atau tempat usaha Anda, alangkah lebih baiknya jika Anda mempelajari dan memahami berbagai macam komponen yang terdapat dalam sebuah genset beserta dengan fungsinya.

Mesin

Mesin adalah salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah genset. Pada umumnya, sebuah mesin disesuaikan dengan bahan bakar yang digunakan, fungsinya adalah untuk menggerakkan generator.

Alternator

Alternator adalah alat yang menghasilkan energi listrik saat mesin digerakkan. Alternator berfungsi untuk mengubah energi mekanik menjadi aliran listrik. Dalam sebuah alternator, terdapat sebuah struktur dan rotor yang akan menghasilkan medan magnet yang akan menghasilkan output berupa listrik.

Tangki dan Bahan Bakar

Untuk menggerakkan sebuah genset tentu saja dibutuhkan bahan bakar. Oleh karena itu, ada komponen berupa tangki bahan bakar yang berfungsi untuk menampung bahan bakar yang kemudian difungsikan untuk menyalakan genset. Tangki bahan bakar dalam genset biasanya tidak terlalu besar

Valve

Valve berfungsi untuk mengatur distribusi bahan bakar ke dalam mesin. Alat ini sangat bermanfaat supaya bahan bakar dapat terdistribusikan dengan baik dan efisien. Sehingga saat penggunaan genset akan lebih irit bahan bakar.

Sistem Pendingin

Sebuah mesin tentu memiliki komponen yang berupa mesin pendingin, yang berfungsi menjaga mesin supaya tidak overheat. Anda perlu mengecek sistem pendingin pada genset ini secara berkala supaya genset tetap dapat bekerja dengan optimal.

Informasi lainnya mengenai komponen pada genset dapat Anda baca dalam artikel yang berjudul Komponen Pada Genset dan Fungsinya 

Fungsi Genset untuk Kehidupan Anda Sehari-Hari

Genset Hijau
Sumber: https://www.freepik.com

Keberadaan genset sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan listrik rumah tangga selalu meningkat setiap tahunnya. Tanpa adanya aliran listrik, banyak orang tidak dapat beraktivitas, terutama aktivitas yang melibatkan kebutuhan perangkat elektronik.

Oleh karena itu, keberadaan genset mengambil peran penting, terutama saat terjadi pemadaman listrik, terutama pada beberapa daerah yang sering mengalami pemadaman. Berikut ini adalah penjelasan mengenai pentingnya genset dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui Sudut Pandang Kelistrikan

Genset mengubah energi mekanis menjadi listrik, selain itu juga mengubah arus listrik dari DC menjadi AC. Arus listrik DC atau singkatan dari Direct Current, hanya mengalir searah dari kutub positif menuju ke kutub negatif. Namun beberapa ilmuwan ada yang membantah teori itu, bahwa sebenarnya ada muatan positif dalam aliran tersebut. Sehingga arus tersebut harus mengalir.

Dalam kebutuhan hidup sehari-hari, terdapat banyak peralatan rumah tangga yang menggunakan arus DC seperti remote TV dan jam dinding. Kelebihan arus DC ini adalah mampu menyimpan listrik dan mudah untuk diisi ulang, sayangnya hanya dapat digunakan dalam daya yang rendah dan tidak bisa tinggi.

Sedangkan untuk arus AC harus ada aliran bolak-balik dan berubah-ubah. Arus seperti ini dikelola oleh PLN dan digunakan untuk memenuhi semua kebutuhan Anda. Keunggulannya, aliran dapat disalurkan ke tempat yang jauh.

Menyangkut Faktor Kebutuhan

Setiap orang pastinya membutuhkan listrik, baik di rumah, kantor, tempat usaha, rumah makan, dan tempat lainnya. Seperti contoh saat menyelenggarakan hajatan pernikahan di rumah, tentu energi listrik yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Sementara pasokan listrik dari PLN ke rumah Anda tidak mencukupi seluruh kebutuhan listrik tersebut.

Oleh karena itu, Anda akan membutuhkan genset sebagai solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan kebutuhan pasokan listrik yang jumlahnya tentu saja tidak sedikit itu.

Ditinjau Dari Sisi Fisika

Jika ditinjau dari sudut pandang ilmu fisika, genset memiliki beberapa pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada genset 1 fasa yang mengandalkan tegangan tinggi, ada pula genset 3 fasa yang mengandalkan kebutuhan daya besar.

Ditinjau Dari Sisi Ekonomi

Anda dapat melihat fungsi genset dari sudut pandang ekonomi. Kebutuhan perekonomian yang mendorong masyarakat membeli sebuah genset. PLN tidak dapat sepenuhnya memasok listrik, sehingga ada kalanya terjadi pemadaman karena adanya kerusakan atau perbaikan sementara saluran listrik. Bahkan pemadaman dapat terjadi karena adanya faktor bencana seperti pohon tumbang, banjir, atau bahkan tsunami.

Jika PLN sedang melakukan perbaikan pada jaringan arus listrik, tentu waktu perbaikannya tidak dapat dipastikan cepat atau lambat, karena teknisi harus melakukannya dengan sangat cermat. Bagi Anda yang memiliki usaha, tentu pemadaman listrik akan sangat berpengaruh dalam kelangsungan usaha Anda, terutama bagi Anda yang melakukan proses produksi yang menggunakan mesin dan membutuhkan pasokan listrik.

Supaya proses produksi untuk usaha Anda dapat tetap berlanjut tanpa terkendala permasalahan listrik, Anda tentu membutuhkan sebuah genset.

Beginilah Cara Kerja Genset

Genset merupakan salah satu alat yang sangat penting, terutama bagi sebuah tempat usaha atau tempat umum yang kelangsungannya sangat bergantung pada listrik. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui informasi lebih lengkap mengenai bagaimana cara kerja genset berikut ini:

Bagian-Bagian atau Komponen dari Genset

Genset memiliki beberapa bagian-bagian penting seperti mesin, alternator, tangki bahan bakar, voltage regulator, cooling and exhaust system, lubrication system, battery charger, control panel, dan main assembly. Seluruh komponen tersebut sangat dibutuhkan untuk mendukung proses pembuatan energi listrik.

Beginilah Cara Kerja Genset

Genset bekerja dengan cara mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik melalui proses induksi elektromagnetik. Energi yang terdapat pada bahan bakar diubah menjadi energi gerak oleh genset dan kemudian dijadikan energi listrik oleh alternator.

Genset terbagi menjadi dua, yaitu genset AC dan genset DC, walau begitu sistem kerjanya hampir sama. Perbedaannya ada pada arus medan magnetnya. Genset dapat bekerja kurang lebih sepuluh detik dari pemadaman listrik yang tiba-tiba. Dalam sepuluh detik berikutnya, tenaga listrik akan langsung diganti ke pengaturan genset, sehingga seluruh aliran listrik di rumah dapat bekerja kembali. Anda dapat membaca artikel yang berjudul Cara Kerja Genset untuk mendapatkan informasi lebih lengkap lainnya.

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menjual berbagai macam genset seperti Genset MWMMANPerkinsCumminsMitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.