Genset sudah menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat. Khususnya untuk mereka yang tinggal di perkotaan sampai perusahaan yang banyak menggantungkan kebutuhan pada listrik. Jika Anda berencana memiliki genset, atau telah memiliki genset, sangat penting untuk mengetahui informasi dasar dari genset, salah satunya kapasitas genset berapa kva.

Dengan bantuan genset, aktivitas akan jauh lebih aman dan terjaga jika tiba-tiba terjadi pemadaman listrik. Hal ini bisa membantu anda untuk memastikan hitungan sumber daya listrik yang dialirkan sudah tepat. Tidak kurang maupun berlebihan. Hal dasar dalam mempelajari daya ini adalah  memahami KW dan kVA.

Apa itu KW dan kVA?

daya genset
Source: unsplash.com

kVA atau kilo volt ampere adalah satuan tegangan yang dipergunakan untuk mengukur tegangan kapasitas dari sebuah genset.  Sedangkan kW adalah satuan tegangan yang biasanya digunakan pihak PLN.

Baca juga: Pengertian kVA untuk Generator, Perbedaan kVA dan kW

Perbedaan kW dan kVA

Beberapa hal yang perlu dicatat, kW merupakan satuan daya yang nyata. Sedangkan vA adalah daya semu. Atau dengan kata lain, vA merupakan satuan daya nyata yang ditambah dengan power aktif. Perbandingan nilai dari kedua tersebut adalah 0.8 di mana kVA selalu lebih tinggi.

Jika Anda ingin mengubah kVA ke KW, anda hanya perlu mengalikannya dengan angka 0.8. Mari coba hitung dengan simulasi angka.

Jika diketahui daya pada genset adalah 5 kVA, maka berapa besaran jika diubah menjadi KW?

5kVA x 0,8 = 4 KW

Baca juga: Cara Meningkatkan RPM Agar Tegangan Genset Tidak Naik Turun

Cara Menghitung Kapasitas Genset Berapa kVA

kapasitas genset
Source: unsplash.com

Untuk mengetahui nilai watt pada genset, Anda bisa menggunakan acuan satuan kW. Di mana 1 kW sama dengan 1000 watt.

Pada mesin genset, biasanya akan tertulis ukuran kVA-nya. Dengan demikian Anda bisa menggunakan rumus nilai baku 1 kVA yang

merupakan 0,8kw atau 800 watt.

Mari coba simulasi menghitung dengan menggunakan rumus

Jika di genset tertulis 3 kVA, maka:

3 kVA x 0,8 = 2,4 kw

2,4 kw = 2,400 watt.

Itulah penjelasan sederhana terkait perbedaan kVA dan KW. Tertulis juga cara menghitungnya dan mengetahui daya watt pada genset. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Sehingga Anda bisa mengoperasikan dan memahami genset dengan lebih baik.

Sebagai distributor genset Intergen, kami menjual berbagai macam genset seperti genset MWM, MAN, dan sebagainya.