Perawatan genset memang harus selalu dilakukan secara rutin. Hal tersebut agar genset tetap aman dan bisa tetap bekerja ketika dibutuhkan kapan saja. Tentu anda tidak mengetahui kapan akan terjadi pemadaman listrik. Oleh karena itu, perlu untuk merawat genset secara rutin agar dapat digunakan ketika pemadaman listrik terjadi.

Memang sangat merepotkan jika sedang bekerja atau sedang santai menonton acara televisi favorit lalu tiba-tiba listriknya mati. Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan. Lalu di saat seperti itu juga anda menginginkan listrik tersebut nyala kembali agar pekerjaan atau aktivitas yang lainnya juga dapat berjalan seperti semula kembali.

Genset ini memang sangat direkomendasikan bagi masyarakat sehingga PLN bisa bekerja dengan lebih tenang ketika terjadi suatu kerusakan atau kesalahan pada listrik. Karena masyarakat memiliki listrik cadangan. Genset sendiri merupakan alat yang dapat menghasilkan listrik atau dengan kata lain merupakan alat pembangkit listrik. Banyak orang menggunakannya saat ini.

Oleh karena itu perawatan genset juga perlu dilakukan agar anda dapat tetap beraktivitas meski listrik dari PLN mati atau padam karena terjadi suatu masalah. Banyak sekali perawatan yang harus dilakukan agar cadangan listrik tersebut tetap terjaga aman dan dapat digunakan kapan saja ketika dibutuhkan. Lalu apa saja perawatannya? Berikut ulasannya.

Mengetahui Genset Lebih dalam Terlebih Dahulu

Lebih baik jika anda mengetahui lebih dalam mengenai alat pembangkit listrik ini terlebih dahulu sebelum lanjut ke cara perawatannya. Genset ini sebenarnya merupakan kependekan dari Generator Set. Generator set tersebut merupakan mesin yang dibuat sebagai alat pembangkit listrik dan dilengkapi oleh mesin penggerak.

Mesin penggerak itu telah disusun bersama alat pembangkit listrik sehingga menjadi alat satu kesatuan utuh yang dapat menghasilkan energi listrik dengan daya tertentu. Lebih sederhananya generator set ini adalah alat penghasil listrik cadangan yang akan digunakan ketika listrik dibutuhkan karena terjadi pemadaman dari PLN.

Sehingga alat ini sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat khususnya para pengusaha, pemilik bisnis besar, dan bahkan rumah mewah. Jika anda mempunyai satu alat tersebut, maka anda juga harus merawatnya dengan baik.

Cara Perawatan Genset yang Aman

Seperti apa yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat banyak perawatan yang harus dilakukan agar alat pembangkit listrik tersebut dapat berfungsi dengan baik dan juga dapat digunakan kapan saja ketika dibutuhkan. Jika anda melakukan perawatan genset ini maka genset tersebut akan selalu siap kapan saja ketika listrik cadangan dibutuhkan.

Cara perawatan yang akan dibahas kali ini merupakan perawatan umum dan juga sederhana namun, memiliki efek atau pengaruh cukup besar terhadap alat pembangkit listrik. Oleh karena itu, anda harus melakukan perawatannya ini dengan benar sesuai dengan panduan yang telah kami jelaskan agar pengaruh atau efeknya tersebut baik.

Berikut 10 cara perawatan genset antara lain:

  1. Menyimpannya di tempat kering
  2. Menjaga kebersihannya
  3. Memanaskannya secara rutin
  4. Mengganti spare part lama
  5. Merawat sistem pelumasan dengan oli
  6. Merawat sistem pendingin
  7. Memperhatikan bahan bakar secara berkala
  8. Memeriksa sistem pembuangan
  9. Memeriksa sistem control
  10. Selalu memeriksa aki

Memang pada dasarnya semua barang atau mesin yang dibuat oleh manusia itu pasti membutuhkan maintenance atau perawatan secara berkala. Jadi apabila anda melakukan cara perawatan di atas secara rutin, maka selain generator set anda selalu siap digunakan kapan saja alat tersebut juga tidak akan mudah rusak.

Hal Penting Ketika Merawat Genset

Untuk melakukan perawatannya juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Terdapat banyak hal penting yang perlu anda tahu ketika akan melakukan perawatan pada alat pembangkit listrik tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar perawatannya dapat memberikan hasil yang sesuai dengan harapan. Lalu apa saja hal pentingnya?

  1. Memahami Manual Textbooks

Ketika akan melakukan perawatan pada generator, pastikan anda benar-benar memahami buku panduannya. Hal tersebut penting untuk diperhatikan karena dapat meminimalisir atau mengurangi kemungkinan resiko terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan ketika menggunakan alat pembangkit listriknya tersebut.

  1. Bisa Bongkar Pasang Dengan Benar

Dalam perawatan bagian tertentu pasti akan membutuhkan pembongkaran pada mesin. Oleh karena itu pastikan anda bisa membongkar pasangnya dengan baik dan benar seperti pemasangan kabel misalnya. Jika salah memasangkan kabel atau kabel tersebut terpasang dengan kurang kuat, maka kemungkinan terjadi konslet atau error lebih besar.

  1. Memiliki Pengetahuan Cukup Luas

Anda harus memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai alat pembangkit listrik ketika melakukan perawatan. Anda juga harus mengetahui apakah alatnya tersebut memang benar-benar perlu dirawat sekarang juga atau dalam kondisi baik-baik saja. Jika kondisi generatornya baik-baik saja lalu anda tidak mengetahuinya dan melakukan perawatan, maka bisa jadi anda malah merusaknya.

Jika anda merasa tidak memiliki kemampuan atau keahlian seperti hal penting di atas, sebaiknya Anda tidak melakukan perawatan sendiri. Lebih baik jika melakukan perawatan genset tersebut kepada orang yang lebih ahli serta memiliki pengetahuan mendalam tentang alat pembangkit listrik tersebut.