Manfaat genset menjadi alasan bagi Anda untuk menjaga umur genset agar tidak mudah rusak. Meski bentuk genset terlihat sangat kokoh karena terbuat dari bahan-bahan kuat seperti besi, namun tetap saja dibutuhkan perawatan untuk memperpanjang umur genset.

Genset alias generator set memiliki manfaat yang cukup penting bagi manusia saat listrik tiba-tiba padam padahal sedang melakukan pekerjaan. Genset terdiri dari berbagai komponen penting yang akan menghasilkan energi listrik.

Setiap komponen tersebut memiliki fungsinya masing-masing sehingga harus dirawat agar tidak ada komponen yang akhirnya menganggu kinerja dari genset. Genset memiliki harga yang tidak terlalu murah, oleh karena itu Anda perlu menjaga milik Anda.

Hal yang Perlu di Hindari dalam Menjaga Umur Ganset

Dalam merawat sebuah alat teknologi yang sering digunakan memang terlihat mudah, namun tetap harus memperhatikan beberapa hal agar umurnya lebih awet. Begitu juga dengan penjagaan genset agar lebih tahan lama dengan menghindari beberapa hal di bawah ini.

  • Menggunakan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Genset hidup membutuhkan bahan bakar untuk menghasilkan daya atau arus listrik ke bangunan. Bahan bakar dari genset disesuaikan dengan tipenya adanya yang menggunakan solar dan juga bensin.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan bahan bakar yang dibutuhkan harus sesuai dengan tipe dari genset Anda. Hal ini bisa membantu Anda menjaga umur genset lebih awet.

  • Tidak Melakukan Perawatan Terlalu Lama

Setiap alat membutuhkan perhatian yang berbeda-beda seperti perawatannya tergantung dengan pemakaian. Saat genset dibiarkan tidak dirawat terlalu lama maka akan menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen penting penunjang genset.

Anda bisa melakukan perawatan dengan mengganti bahan-bahan suku cadang atau sparepart agar genset tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan benar.

  • Membiarkan Genset Hidup Tidak Sesuai Kapasitas

Ketika sebuah alat diberikan beban kerja yang lebih dari kapasitas seharusnya, maka dapat memperpendek umur dari alat canggih tersebut. Hal ini juga berlaku pada genset yang bisa menimbulkan kebakaran.

Dikarenakan akibat kepanasan karena tidak disesuaikan dengan kemampuannya. Gunakan genset dengan beban kerja yang tepat sebagai salah satu upaya dari menjaga umur genset.

  • Mengisi Bahan Bakar Genset dengan Sembarangan

Genset yang sering digunakan akan membutuhkan pengisian ulang bahan bakar, oleh karena itu Anda tidak boleh membiarkan genset sampai dalam keadaan kosong. Ketika melakukan pengisian bahan bakar ada hal yang harus Anda hindari.

Meski genset tidak seperti kompor yang dapat menghasilkan api, namun karena genset terus bekerja dan akan menghasilkan panas. Kemudian panas ini yang bisa berubah menjadi api dan bisa membakar bahan-bahan mudah terbakar.

Tidak Melakukan Pemeriksaan Pada Beberapa Bagian Genset

Karena komponen-komponen di dalam genset cukup detail maka dibutuhkan pemeriksaan pada beberapa bagiannya. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada bagian utama yang menggerakkan genset.

Hal pertama yang perlu dilakukan saat pemeriksaan komponen genset adalah memeriksa aki genset. Caranya adalah dengan memeriksa alur koneksi terminal aki agar tidak terjadi kelonggaran yang dapat membahayakan.

Pastikan agar bagian tersebut tidak dalam keadaan berkarat karena bisa menganggu starting pada genset. Menjaga umur genset tidak cukup sulit namun juga tidak terlalu mudah karena masih bisa dilakukan oleh orang biasa dengan mengikuti instruksinya.

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa bahan bakar, sistem kontrol, indikator mesin, serta memeriksa pada sistem pembuangan. Anda bisa melihat bagian knalpot dan asap yang dikeluarkannya agar tidak keluar secara berlebihan.

Agar tidak mudah merusak lingkungan sekitar, maka sebaiknya oli dan filter bekas harus dibuang. Bagian terpentingnya juga adalah menjaga kebersihan dari genset baik setelah dan sebelum dipakai untuk menjaga umur genset lebih awet dan tahan lama.

Sebagai distributor resmi Genset di Indonesia, PT Interjaya Surya Megah menjual berbagai macam genset seperti Genset MWM, MAN, Perkins, Cummins, Mitsubishi, dan Lombardini. Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan genset Anda bersama kami.